Hal menolong atau membantu sudah seperti tradisi dalam menyambut hari raya Idul Fitri yang dilakukan oleh semua orang

4 Kegiatan Bermanfaat Menyambut Hari Raya Idul Fitri 

Sebagai umat muslim yang telah melakukan ibadah sebulan penuh dapat menyambut hari raya Idul Fitri dengan melakukan beberapa kegiatan positif. 

Meskipun dalam berpuasa tubuh sering merasa lelah dan kurang fit namun tidak mematahkan semangat untuk melakukan berbagai kegiatan baik. Misalnya adalah contoh kegiatan berikut ini.

Menyambut Hari Raya Idul Fitri 200 dengan Menolong Sesama

Menolong atau membantu sudah menjadi kewajiban seperti yang tertulis dalam ayat Al-Quran tentang tolong menolong surat Al Maidah ayat 2 “saling menolonglah kamu dalam melakukan kebajikan dan taqwa. Dan janganlah saling menolong pada perbuatan yang dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah SWT. Sebenarnya siksaan Allah SWT sangatlah pedih ” 

Hal menolong atau membantu sudah seperti tradisi dalam menyambut hari raya Idul Fitri yang dilakukan oleh semua orang.  Baik itu berupa berbagi makanan, mengirim hantaran dan lain sebagainya. 

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan sebagai sambutan hari raya Idul Fitri. Karena hari tersebut adalah hari baik, maka patut dirayakan dengan kebaikan pula. 

Baca Juga: 6 Ide Hiasan Idul Fitri untuk Sambut Lebaran

Contoh Kegiatan Lain Untuk Menyambut Idul Fitri

Ada banyak kegiatan-kegiatan baik dan positif tersendiri ketika menyambut hari raya Idul Fitri. Anda juga dapat melakukan beberapa kegiatan tersebut seperti pada contoh berikut ini :

1. Intropeksi

Siapkan hati dan diri, membenahi diri dalam menyongsong ramadhan  merupakan hal penting utama yang dapat di lakukan sebelum hari raya Idul Fitri. 

Baca Juga :  10 Kata kata Ucapan Hari Raya 

ebagai umat Muslim berbenah diri atau berintropeksi diri sangatlah penting di lakukan di bulan yang penuh berkah ini sehingga anda dapat di baharui menjadi lebih baik dari sebelumnya.

2. Kerja Bakti di Masjid

Masjid adalah tempat yang biasanya digunakan untuk beribadah selama bulan Ramadhan. Berbagai jenis kegiatan dilakukan di Masjid mulai dari sholat berjamaah, buka puasa ataupun sholat tarawih. 

Oleh karena itu, perlu dijaga kebersihannya. Anda dan keluarga bisa bergabung atau terlibat dengan remaja masjid untuk melakukan kerja bakti di sekitar lingkungan masjid. Dengan begitu selama bulan Ramadan hari-hari Anda lebih bermakna.

3. Membagikan Takjil

Membagikan takjil di jalan bagi para pengendara yang belum sempat berbuka. Kegiatan ini bisa dikategorikan dengan bersedekah. Apalagi bersedekah di bulan Ramadan tentunya memiliki keistimewaan tersendiri. 

Sehingga tidak jarang umat muslim membuka donasi dan menyalurkan pada orang yang membutuhkan.

4. Tadarus Al-Quran

Salah satu kegiatan yang dapat menambah keimananmu. Anda bisa mengikuti kegiatan tersebut di masjid, pondok pesantren atau bisa juga di rumah bersama dengan keluarga.

Kegiatan ini bisa anda lakukan bersama keluarga dalam menyambut hari raya Idul Fitri 2022.  Ini juga sebagai media pembelajaran untuk anak-anak tentang pentingnya berbagi dan hidup berdampak di lingkungan dimana kita berada. 

Harapannya ketika anak anda bertumbuh menjadi dewasa hal ini akan menjadi kebiasaan dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Demikianlah kegiatan yang bisa dilakukan pada bulan ramadhan agar semakin berkah baik itu untuk diri sendiri dan  untuk orang lain.