5 Aplikasi Manajemen Proyek terbaik agar Pekerjaan Lebih Lancar

Aplikasi Manajemen Proyek terbaik – Pelaksanaan manajemen proyek seringkali membuat kita kewalahan, terlebih lagi jika sewaktu-waktu ada perubahan di tengah-tengah proyek. Jika tidak dikelola dengan baik, maka tugas dan agenda yang tadinya sudah terencana akan menjadi berantakan.

Walaupun secara pengerjaannya dilakukan bersama dengan tim, tetapi Anda harus tetap membutuhkan kemampuan koordinasi antar anggota tim, baik itu dari segi komunikasi maupun kemudahan mengakses data yang diperlukan.

Apa saja aplikasi untuk manajemen proyek yang bisa digunakan? Berikut adalah rekomendasinya sebagai referensi untuk Anda.

Pengertian Aplikasi Manajemen Proyek

Manajemen proyek biasa diartikan sebagai penerapan sebuah metode agar aktivitas proyek bisa terpenuhi secara optimal.

Sementara itu, aplikasi manajemen proyek merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk menunjang keperluan pengerjaan proyek agar bisa berjalan dengan lebih efisien dan efektif. Aplikasi tersebut bisa diatur sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis.

Software manajemen proyek sangat fleksibel dan serbaguna. Fitur unggulan akan membantu Anda mengelola tim dengan lebih efisien, sehingga Anda akan selalu mengetahui kemajuan proyek yang sedang berlangsung.

Tujuan dari penggunaan project management software Indonesia adalah untuk membantu meningkatkan produktivitas tim. Akan tetapi, perusahaan juga harus memilih software yang berkualitas untuk mendapatkan hasil positif bagi kinerja tim.

Daftar Aplikasi Manajemen Proyek yang Bisa Dicoba

1.   Monday

Rekomendasi pertama adalah aplikasi bernama Monday, yang memungkinkan Anda merencanakan proyek hanya dengan menggunakan satu platform.

Aplikasi ini menawarkan tampilan yang cukup menarik dan memiliki banyak template yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga :  Perbedaan MBR dan GPT Partition

Hal menarik lain dari aplikasi ini adalah Monday memiliki tida jenis board, yaitu:

  • Team task
  • Shareable boards
  • Private Boards

2.   Trello

Aplikasi Trello termasuk dalam software manajemen proyek yang memiliki tampilan sederhana. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam memantau tugas yang berbeda.

Dalam aplikasi Trello, Anda bisa membuat berbagai jenis board untuk bisa menyesuaikan setiap jenis pekerjaan, proyek yang berbeda dan tim yang berbeda. Sehingga dapat mencapai puncak produktivitas yang baru.

3.   Todoist

Selain itu, ada aplikasi Todoist yang dapat membantu manajer menyelesaikan banyak tugas. Aplikasi ini hadir dengan gamifikasi yang mendorong penggunanya untuk tetap produktif dengan memberikan berbagai reward seperti poin.

Secara tampilan, aplikasi ini terlihat ringkas dan mudah dipahami. Anda dapat mengkategorikan jenis tugas sesuai kebutuhan berdasarkan jenis proyek.

4.   Teamwork

Jika Anda memerlukan aplikasi untuk mengelola tugas proyek dalam tim Anda, teamwork bisa menjadi solusi yang tepat. Aplikasi ini tidak hanya menawarkan antarmuka yang mudah digunakan, tetapi juga fleksibel, memungkinkan Anda menyesuaikan alur kerja tim Anda.

5.   RedERP

Terakhir yaitu aplikasi manajemen proyek dari RedERP. Aplikasi ini akan memudahkan segala proses yang ada pada proyek, mulai dari perencanaan, penganggaran, penjadwalan kerja, serta proses lainnya.

RedERP akan membantu perusahaan dalam manajemen waktu dan budgeting agar tidak ada biaya yang keluar secara sia-sia.

Proyek-proyek penting perusahaan bisa secara cepat, tepat, dan efisien terselesaikan karena didukung fitur-fitur, seperti:

  • Project cost and revenue. Menganalisa perkiraan biaya proyek, pengontrolan biaya, dan manajemen anggaran proyek.
  • Project change management. Berguna untuk merencanakan strategi yang tepat guna apabila ada perubahan rencana di tengah proyek.
  • Project operations. Mengelola waktu proyek lebih mudah berkat tampilannya yang sederhana.
  • Project issue. Keperluan dokumentasi segala permasalahan yang ada pada proyek perusahaan agar dapat ditangani secara maksimal.
Baca Juga :  Apa Keunggulan WhatsApp Bisnis?

Demikianlah artikel ini dibuat, semoga artikel dari RedERP ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda. Terimakasih telah membaca sampai akhir.

Sumber: https://rederp.co.id/blog/aplikasi-manajemen-proyek/