6 agama di Indonesia
Sumber: nu.or.id

6 Agama Di Indonesia, Lengkap dengan Kitab Cuci Hingga Hari Besar

masbejo.com – Ada berbagai macam keyakinan yang dianut oleh seluruh masyarakat di dunia, namun mayoritas setiap negara berbeda. Seperti ada 6 agama di Indonesia yang hidup saling berdampingan dan saling menghormati.

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam suku, budaya, serta agama yang saling melengkapi dan menghargai. Tidak heran jika banyak wisatawan yang tertarik dengan Negara Indonesia yang memiliki keberagaman kultur termasuk agama.

Agama Di Indonesia Yang Beragam

Negara Indonesia sangat luas terdiri dari beberapa pulau besar dan daerah-daerah yang padat penduduk. Uniknya ada 6 agama yang diakui secara sah oleh negara, antara lain Islam, Kristen, Khatolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu.

1. Islam

Agama terbesar di Indonesia yang pertama adalah Agama Islam yang memiliki kitab suci bernama Al-Quran. Tempat ibadah umat Islam di masjid serta memiliki 2 hari besar yaitu Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha.

2. Kristen

Setelah Islam ada agama Kristen yang termasuk dari 6 agama di Indonesia yang menggunakan Injil atau Al-Kitab sebagai kitab suci. Pemeluk agama Kristen biasanya merayakan hari besar Natal dan Jumat Agung di gereja.

3. Khatolik

Agama Khatolik hampir sama dengan agama Kristen karena sama-sama memiliki tempat ibadah gereja. Bahkan pemeluk agama Khatolik juga merayakan hari besar seperti Natal, Jumat Agung, dan kelahiran Isa Al Masih.

6 agama di Indonesia
Sumber: gurupendidikan.co.id

4. Hindu

Tidak hanya agama Islam yang memiliki sejarah, ada pula agama Hindu yang sudah dianut sejak zaman kerajaan. Pemeluk agama ini memiliki kitab suci bernama Weda atau Veda dan tempat beribadah di Pura. Untuk hari besar agama Hindu adalah Hari Raya Nyepi, Pagerwesi, dan juga Sarawati.

Baca Juga :  Biodata Rizky Billar

5. Buddha

Agama bersejarah panjang di Indonesia berikutnya ada agama Buddha yang hampir sama dengan Hindu. Buddha memiliki kita suci bernama Tri Pitaka dan tempat ibadah bernama vihara. Hari raya agama Buddha ada Waisak, Kathina, serta Asadha.

6. Kong Hu Cu

Dan agama di Indonesia yang terakhir adalah Kong Hu Ch, agama ini memiliki dua kitab suci yang bernama kita Si Shu dan kitab Wu Jing. Pemeluk agama Kong Hu Cu biasanya merayakan Imlek dan Cap Go Meh.

Demikian penjelasan singkat tentang 6 agama di Indonesia yang hidup saling berdampingan dan saling menghargai. Semoga uraian diatas bisa menambah ilmu pengetahuan serta bermanfaat bagi pembaca.