Agar suasana tampak berbeda dibanding biasanya, pemilik rumah bisa menambahkan hiasan untuk dekorasi hari raya idul fitri.

6 Ide Hiasan Idul Fitri untuk Sambut Lebaran

Lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu dengan penuh suka cita oleh kaum muslim di Indonesia. Menyambut hari istimewa ini, tidak ada salahnya mendekor rumah atau kantor dengan beberapa hiasan agar suasana tampak ceria. Berikut beberapa ide hiasan Idul Fitri yang murah dan bisa menjadi referensi.

6 Rekomendasi Hiasan Idul Fitri Sederhana

Saat Idul Fitri, para kerabat saling berkunjung untuk menjalin silaturahmi. Agar suasana tampak berbeda dibanding biasanya, pemilik rumah bisa menambahkan hiasan untuk dekorasi hari raya idul fitri. Berikut beberapa rekomendasi hiasan yang sederhana namun menarik untuk menghias rumah untuk hari Lebaran.

  • Gantungan Bulan dan Bintang untuk Hiasan Idul Fitri

Tambahkan gantungan bulan sabit dan bintang di bagian ruangan tertentu di rumah, misalnya di tangga atau di depan pintu. Pemilik rumah dapat membuat sendiri hiasan idul fitri dari barang bekas, misalnya dari kertas, karton, atau styrofoam. 

  • Banner

Ide menarik lainnya adalah memasang banner di dinding rumah. Agar irit, pemilik rumah bisa membuat banner sendiri menggunakan beberapa kertas kado yang telah dipotong berbentuk segitiga. Potongan-potongan kertas ini kemudian disambung menggunakan tali dan ditempelkan ke dinding ruang tamu, atau di tempat manapun yang disukai. 

Baca Juga: Cara Membuat Twibbon Idul Fitri Melalui Aplikasi

  • Balon Foil

Ingin dekorasi Idul Fitri di rumah tampak meriah dan ceria?  Coba pasang balon foil di dinding rumah. Balon foil memiliki banyak bentuk, seperti angka, huruf, dan geometris. Khusus menyambut hari istimewa ini, balon foil yang digunakan tentu yang mengandung tulisan bernuansa Lebaran, contohnya “Selamat Lebaran” dan “Selamat Hari Raya Idul Fitri.”

  • Hiasan Berbentuk Ketupat

Pemilik rumah bisa menggantung hiasan berbentuk ketupat di area manapun di dalam rumah yang diinginkan. Hiasan ketupat bisa dibeli dengan harga murah di toko yang menjual aksesoris. Namun, jika bisa membuat hiasan sendiri, tentu lebih baik. Gunakan pita nilon berwarna hijau atau aneka warna untuk menambah keceriaan di hari istimewa ini. 

  • Lampion

Memasang lampion di halaman rumah adalah salah satu ide menarik untuk menyambut hari Lebaran. Di malam hari, cahaya yang dipancarkan oleh lampu yang berada di dalam lampion akan memberikan suasana yang hangat dan meriah. Jika ingin berhemat, coba saja membuat lampion sendiri dengan bantuan tutorial di internet. 

  • Rangkaian Bunga

Sebuah ruangan pasti akan kelihatan makin indah jika ada karangan bunga di dalamnya. Pemilik rumah dapat menempatkan rangkaian bunga kecil di ruang tamu maupun di ruang makan tempat hidangan lebaran disediakan. Jika menempatkannya di ruang tamu, gunakan bunga yang wangi agar harumnya yang elegan akan menyebar di seluruh ruangan.

Baca Juga :  6 Ciri Seseorang Dikatakan Dewasa Secara Emosi

Namun, hindari menggunakan bunga yang berbau harum jika hendak meletakkannya di ruang makan. Harum bunga akan bercampur dengan wangi masakan, dan hal ini dapat mengacaukan selera makan para tamu.

Keenam ide hiasan Idul Fitri yang disebutkan di atas bisa menjadi pilihan yang murah untuk merayakan hari Lebaran bersama keluarga dan teman. Saat menjamu para tamu, gunakan alat makan terbaik yang dimiliki sebagai salah satu bentuk penghormatan dari tuan rumah.