7 Cara Memulai Usaha Sablon Agar Sukses.

Masbejo.com – 7 Cara Memulai Usaha Sablon Agar Sukses. Setiap orang pasti memiliki keinginan agar dirinya sukses, hal tersebut
merupakan sesuatu yang wajar dan alami yang dimiliki oleh setiap orang. Dan setiap orang menginginkan kesuksesanya masing – masing, maksudnya antara orang yang satu dan lainya berbeda. Dulu banyak orang tua kita menginginkan anaknya
sukses hanya dari anggapan sukses turun temurun saja, mereka mengukur kesuksesan di zamanya hanya melihat penampilan saja, missal mereka bangga tatkala anaknya menjadi seorang PNS, kerja kantoran dan lainya, tapi di era milenial seperti sekarang ini, cara pandang tersebut sudah mulai bergeser, sekarang banyak orang tua yang membebaskan anaknya memilih sesuatu bidang pekerjaan atau usaha yang disukainya, karena apa mereka sadar, jika mereka bekerja maupun  membangun bisnis dari  apa yang mereka sukai , pasti akan melaksanakan bisnis atau pekerjaan tersebut secara maksimal.

Generasi milenial sekarang banyak yang tertarik di usaha clothing company. Salah satu dari usaha tersebut adalah sablon kaos baik manual maupun digital. Berbekal dari pengalaman pribadi masbejo akan berbagi untuk para pemula yang akan serius menggeluti dunia sablon yang mereka cita – citakan. Masbejo akan uraikan tips bagaimana “ Cara Memulai Usaha Sablon “ agar sukses.

Tips 7 cara memulai usaha sablon agar sukses.

#1- Kuatkan Niat

Memulai usaha perlu adanya niat yang kuat, sebab apa ?setelah kita terjun nantinya pasti akan mengalam yang namanya pasang surut dalam usaha. Kebanyak bagi seseorang yang memulai usaha mereka hanya akan memikirkan manisnya saja, tetapi lupa mempersiapkan kondisi yang diluar dugaan.

Supaya kedepanya dalam menjalankan bisnis  dengan berbagai hal terkait didalamnya lebih mapan, maka harus diawali dari kuatnya niat.

Maksudnya kita harus memiliki niat yang mantap dan siap menerima manis dan getirnya usaha sablon yang akan kita jalani, jika niat kita sudah kuat maka kita akan terbebas dari banyak mengeluh, dan akan terus semangat dan terus memperbaiki usaha kita dikala usaha kita sedang mengalami drop, baik dari segi manajemen maupun keuangan.

#2- Buatlah Brand Yang Mantap dan Konsisten

Dengan merencanakan brand yang mantap dari awal dan berusaha secara konsisten dengan brand yang kita miliki akan berdampak pada kepercayaan konsumen, brand ini akan semakin terus berkembang  seiring dengan tingginya kepercayaan konsumen terhadap brand yang kita miliki.

Baca Juga :  4 Layanan di SEVA.ID

Brand (merek) sendiri yaitu  nama, tanda, istilah, simbol, desain, kata, atau kombinasi dari hal-hal tersebut yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan membedakan antara produk dan jasa yang satu dengan yang lain.

Di awal usaha berusahalan menciptakan brand yang benar – benar matang, dan jangan asal memberi nama atau symbol, buatlah brand yang kira – kira mudah diingat oleh banyak orang, mudah di kenali dan mudah di ucapkan.

Produsen sablon banyak, berarti usaha yang serupa dari jenis usaha yang akan sobat mulai memiliki banyak persaingan didalamnya, maka brand sobat harus memiliki daya beda, dan memiliki ciri khas yang kuat.

Buatlah komunikasi brand yang efektif, nantinya jika usaha sobat sudah mulai berkembang dan memiliki keunggulan kualitas dari usaha serupa maka orang lain akan mudah dalam mempromosikan brand yang sobat milikitersebut.

Pesan, jangan sembarangan mengganti brand di tengah jalan, konsistenlah dengan brand milik sobat, orang akan bingung dikala ditengah perjalanan brand sobat berubah baik dari segi nama, symbol, dan lainya. Hal ini akan berefek besar terhadap jumlah pelanggan tetap, mereka akan bingung nantinya jika seketika brand sobat berubah seenaknya, dan kepercayaan konsumenpun akan turun karena tidak konsistenya brand yang sobat miliki.

#3- Pentingnya Pemasaran Online

Pemasaran adalah kunci utama sebuah usaha, begitu pula dalam dunia sablon, banyak pemain lama memakai jasa sales yang bergerak “ dor  to dor “. Cara manual seperti ini di era sekarang masing efektif, akan tetapi akan kalah efektif dengan sistem pemasaran online yang lebih canggih, cepat dan menjangkau lebih banyak dan lebih luas para konsumen kita.

Maka membangun sistem pemasaran secara online adalah sesuatu yang pokok dalam memulai usaha.

Pengalaman 11 Tahun yang lalu, awal mula memiliki usaha sablon masbejo mengandalkan sistem online pemasaran melalaui facebook, kala itu memakai BBM, dan blog.

Ternyata sistem tersebut malah semakin kemar semakin berkembang pesat, didalam facebook saja ada facebook ads yang bisa kita gunakan untuk menjangkau lebih luas pemasaran jasa kita.

Apalagi website atau blog, jika kita mau mengoptimasi blog untuk menawarkan jasa sablon kita, maka kosumen akan berdatangan dari berbagai arah.

#4- Bangun satu brand turunan

Maksudnya usaha sablon akan erat kaitanya dengan produk jadi berupa kaos. Alat promosi yang plaing bagus adalah menciptakan brand turuan dari brand utama kita.

Baca Juga :  Bisnis Tahu Kriyuk Yes Tawarkan Paket Franchise Sebesar 15 Juta Rupiah

Misal masbejo memiliki usaha sablon bernama “ Rakel One “ brand turunan “ raxcloth “, brand turunan ini merupakan nama  brand untuk kaos produksi “ Rakel One “.

Jika kita terus meng update keberadaan raxcloth maka orang akan cepat mengetahui kualitas produk  Rakel one “.

Semisal orang akan memberikan order ke rakel one, pasti mereka menanyakan sampel, dan seabreg pertanyaan tentang kualitas produk kita, tapi jika kita sudah memiliki brand turunan berupa produk kaos, maka akan dengan mudah menampilkan brand turunan kita sebagai produk asli brand kita, orang akan menilai dari sana.

#5- Cipakan Produk Berkualitas

Semakin banyak produksi maka akan semakin kewalahan sebuah usaha dalam mengatasi deadline, sebab apa jika jumlah karyawan terbatas, disisilain permintaan naik, maka imbasnya adalah kecepatan produksi turun dan  kualitas produk kita otomatis juga akan berkurang.

Maka menciptakan produk berkualitas yang kontinyu, tidak hanya diawal produksi saja, sebab membangun kualitas produk sangatlah penting, demi kepercayaan konsumen yang akan kontinyu dalam memesan poduk mereka.

#6- Cintai Usahamu

Siapa yang menganggap pekerjaan adalah hobinya pasti mereka akan sukses. Mengapa mereka akan sukses ? Suatu pekerjaan jika dikerjakan dengan rasa senang dan membanggakan, seakan dia sedang bermain – main dengan apa yang disukainya. Maka dia akan menjalankan usaha atau pekerjaan tersebut secara maksimal, dan bisa dibuktikan bahkan mereka kadang samapi over dalam bekerja karena saking cintanya.

Begitu pula dengan usaha sablon, jika sobat benar – benar sangat tertarik dan menyukai semua terkait tentang usaha ini dan akan memulai usaha sablon maka cintailah dulu tentang dunia sablon maka  lambat laun usaha tersebut akan maju, dan
terus bisa bertahan.

11 Tahun lalu masbejo terjun kedunia sablon, berawal dari kencintaan pada bidang desain kaos. Akhirnya ingin sekali apa yang masbejo desain bisa menjadi sesuatu yang nyata dan bisa dipakai, waktu itu belum memikirkan usaha.

Saking penasaran akan hal tersebut akhirnya masbejo ikut mempelajari dunia sablon, tak tanggung – tanggung masbejo sampai jauh – jauh belajar ke kota mode bandung untuk belajar sablon.

Dari situlah masbejo benar – benar sangat tertarik dan ingin terus belajar. Semua berawal dari hobi, tapi karena hobi ini memiliki peluang besar jika dibuat suatu usaha, di akhir tahun 2009 masbjo beranikan membuka usaha sablon kecil – kecilan.

Wah tak disangka, awal – awal mengenal facebook kala itu, desain – desain yang pernah masbejo buat, masbejo mockup ke T-Shirt Mockup,  semua masbejo unggah ke akun jejaring social facebook pribadi, dengan keterangan siap menerima pembuatan
kaos seperti yang ada dimockup kala itu.

Baca Juga :  Bisnis Kreatif Tahun 2020 : Bisnis Undangan Pernikahan Yang Terus Berkembang

Antusias teman – teman facebook kala itu luar biasa tinggi, hari pertama langsung menerima orderan lebih dari 1 lusin, sangat membanggakan buat usaha pemula yang baru satu hari berjalan.

Lambat laun usaha ini terus berkembang, masbejo sangat mencintai usaha ini, banyak tantangan dan hal baru yang terus dan terus bermunculan di usaha ini. Persainganpun semakin ketat, tapi banyak juga pendatang baru yang kalah sebelum lama bertanding, sebab mereka hanya focus pada hasil yang instan, maka saat menjalankan usaha terkesan asal dan tak control, ditambah banyak mereka yang terjun didunia ini hanya dari latah usaha saja, jadi tidak datang dari apa yang mereka sukai.

Maka sangat bagus memulai usaha sablon dari rasa suka akan dunia tersebut.

Baca Juga : 10 Bisnis Sampingan Bermodal Keahlian Pendapatan Mulai Rp. 50.000 Per Hari

#7- Terus Belajar

Tips berikutnya memulai usaha agar sukses yaitu memiliki jiwa yang ingin terus belajar. Teknologi sablon terus di upgrade, bahan, teknik dan banyak terkait di dunia sablon terus berkembang cepat, jika tidak mau belajar maka akan tertinggal dari yang lain.

Agas sobat nantinya sukses dalam memulai usaha, maka milikilah rasa ingin terus belajar, sebab jika sobat sudah mulai terjun didunia ini, akan menemukan sesuatu yang baru.

Contoh di tahun 2012-2014 sablon rubber jadi unggulan kala itu, tapi trend tersebut tergantikan dengan jenis sablon baru seperti sablon plastisol, karena sudah nyaman di sablon rubber banyak diantara mereka tidak mau beralih ke sablon plastisol, alhasil banyak konsumen lama yang lepas dan berpindah ke vendor lain yang bersedia menerima pesanan sablon plastisol.

Pelajari juga tentang Trend, sebab Dunia sablon sangat berkaitan erat dengan trend berpakaian terkini, perkembangan trend mode selalu berubah, maka sangat penting sekali para pemula mengetahui trend terkini. Sebab jika kita tidak terus mengamati dan melihat trend terbaru nantinya kita akan tergilas oleh pendatang baru yang terus dan terus bermunculan.

Jika kita dalam memulai usaha sablon sudah terbiasa dengan memahami trend maka kita akan terus diikuti oleh konsumen – konsumen kita, dan masbejo yakin mereka akan kekeh dan semakin mantap dengan produk kita.

Itulah sob 7 Tips Cara Memulai usaha sablon agar sukses, yang perlu sobat pahami.

Tinggalkan komentar