Arti Whatsapp, Sejarah dan Fitur – fiturnya

masbejo.com – Arti Whatsapp, Sejarah dan Fitur – fiturnya. Kali ini masbejo akan bahas dunia perwhatsappan. Aplikasi ini menjadi aplikasi yang banyak tertanam di Handphone orang Indonesia. Tapi masbejo yakin tidak semua tahu akan fungsi dari fitur yang ada dalam whatsapp. Ok kita ulas saja aplikasi whatsapp, baik arti menurut para ahli serta fitur – fitur yang berada dalam aplikasi tersebut.

Whatsapp Adalah ?

Ok pertama kita akan kupas arti whatsapp itu sendiri. Apasi Whatsapp ?

WhatsApp adalah aplikasi smartphone yang tahun 2009 oleh dua mantan karyawan Yahoo, Brian Acton dan Jan Koum.

Koum-lah yang melihat akan potensi pengoperasian melalui Apple App Store setelah membeli iPhone di awal 2009.

Aplikasi tersebut bermula hanya berfokus pada status saja.

Wikipedia.org menerangkan bahwa Whatsapp merupakan aplikasi berbagi pesan dalam Smartphone.

Dan WhatsApp ini termasuk aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan pengguna dapat saling bertukar pesan tanpa harus terkena biaya pulsa, Sebab WhatsApp dalam penggunaanya memanfaatkan paket data internet.

Aplikasi WhatsApp dalam menggunakan wajib menggunakan koneksi internet baik 3G, 4G maupun WiFi semuanya untuk komunikasi data.

Dengan menggunakan Aplikasi Whatsapp pengguna bisa melakukan chat secara online, percakapan ( Call dan Vidio Call ), saling membagikan file, serta bertukar foto dan fungsi lainnya.

Whatsapp Menurut Para Ahli

Dalam journal yang terunggal dalam web perpusnas.go.id, termuat pendapat para ahli untuk aplikasi whatsaap.

Apasi penjabaran WhatsApp menurut para ahli ? ok masbejo akan ringkas dari lembaran – lembaran journal kedalam bahasa yang simple saja dalam artikel ini.

Dalam Jurnal Ilmiah WhatsApp menurut Jumiatmoko ( 2016 ) mengatakan bahwa :


WhatsAppmerupakan aplikasi berbasis internet yang memungkinkan setiap penggunanya dapat saling berbagi berbagai macam konten sesuai dengan fitur pendukungnya.

Dan pendapat jumiatmoko juga sama dengan Pranajaya dan Hendra Wicaknono. Bahwa WhatsApp ini merupaka media sosial yang paling populer dan dapat terpakai sebagai media komunikasi

Umumnya para pengguna WA menyebutkan alasan memilih aplikasi ini adalah karena tersedianya berbagai kemudahan yang ada didalamnya disamping tidak mengeluarkan biaya alias gratis(Pranajaya & Hendra Wicaksono, 2017).

Total Pengguna WhatsApp 2018

Jumlah pengguna WhatsApp pada Mei 2018 mencapai kurang lebih 1,5 miliar dan melalui aplikasi tersebut sudah 65 miliar pesan terkirim terhitung melalui aplikasi WhatsApp maupun WhatsApp web per harinya.

Baca Juga :  5 Fitur dan Kelebihan IDN App, Sebuah Aplikasi Berita Terlengkap Zaman Now

Data yang masbejo dapat dari www.businessofapps.com menyebutkan bahwa Menurut statistik per Oktober 2018, menempatkan WhatsApp pada posisi nomor satu dalam peringkat aplikasi messenger global, dengan total pengguna sekitar 200 juta, jumlah tersebut lebih banyak daripada Facebook Messenger.

Sedangkan WeChat yang berorientasi China berada di urutan ketiga, dengan capaian sekitar seperempat miliar lebih sedikit penggunanya, pada posisi berikutnya disusul oleh QQ Mobile (juga China) pada urutan keempat. Persaingan berhenti tiba-tiba pada tahap ini.

Berapa banyak orang yang menggunakan WhatsApp vs. aplikasi messenger lainnya
Berapa banyak orang yang menggunakan WhatsApp vs. aplikasi messenger lainnya statista 2019 source : Statisca

Pengguna WhatsApp Secara Global


Dari sumber yang sama menurut businessofapps.com dalam ulasanya menerangkan bahwa :

Kami dapat melihat dengan jelas bahwa WhatsApp adalah salah satu aplikasi top dunia. Sejak edisi 2018 dari laporan yang sama ini, itu telah melampaui Facebook Messenger, menjadikannya aplikasi terbesar di dunia di luar Facebook dan YouTube yang tampaknya tidak tersentuh.

Pernyataan diatas berdasarkan grafik berikut :

grafik data pengguna WhatsApp secara  global
Sumber: Hootsuite/We Are Social

Sejarah WhatsApp

Berdasarkan ulasan feedougt.com dan ulasan singkat yang sudah masbejo uraikan tadi bahwa WhatsApp berdiri bermula dari Brian dan Jan Koum bermula tahun 2009 setelah mereka berdua meninggalkan karirnya di Yahoo !

Sumber : Inc

Kisah startup ini berawal ketika mereka meninggalkan pekerjaannya untuk berkeliling dunia. Namun tak lama kemudian tabungan mereka mulai menyusut dan mereka harus melamar pekerjaan di Facebook, yang juga tidak berjalan sesuai rencana. Mereka cukup kecewa, tetapi kegagalan ini membuat mereka memulai perjalanan baru dalam hidup mereka – WhatsApp.

Whatsapp Mulai Rilis Pada 2009 ( WhatsApp 1.0 )


Bermula Jan yang merupakan pendiri WhatsApp membeli sebuah iPhonedi Bulan Januari 2009. Jan kemudian menyadari akan potensi industri aplikasi pada App Store yang telah berumur beberapa bulan. Kemudia dia ingin menciptakan sebuah aplikasi yang dapat menunjukkan status bersebelahan dengan nama pengguna.

Kemudian Koum mendiskusikan ide tadi dengan sahabatnya Acton. Kemudian keduanya mulai mengunjungi Alex Fishman untuk mendapatkan banyak wawasan akan hal tersebut. Tetapi untuk menjalankan ide tersebut tidaklah mungkin tanpa keterlibatan dari pengembang iOS.

Maka dari itu Alex memperkenalkan mereka berdua kepada pengembang Rusia, Igor Solomennikov, yang dia kenal di RentACoder.com.

Di Awal perjalanannya tidaklah semulus seperti apa yang dibayangkan, Akan tapi seperti banyak pengusaha sukses lainnya.

Akhirnya Koum berhasil mengembangkan sebuah aplikasi iOS kemudian ia memasukkan ‘WhatsApp inc.’ Di California tepat pada tanggal 24 Februari 2009 silam.

Brian Acton dan Jan Koum memberikan label nama yaitu ‘WhatsApp’ karena kata tersebut terdengar lebih sesuai. Seperti tujuan awal mereka menciptakan aplikasi ini yaitu aplikasi yang dapat menampilkan status tepat bersebelahan dengan nama pengguna.

Baca Juga :  Aplikasi Absensi Karyawan: Mudahkan Kelola Kehadiran dalam Satu Genggaman

Kemudian mereka mendemonstrasikan Apliaksi WhatsApp tersebut ke beberapa rekan – rekanya. Debut pengenalan ini tidak berjalan mulus sebab banyak dari mereka banyak yang tidak menyukainya. Selain itu, terjadi banyak masalah yang dihadapi. antaralain seperti baterai cepat habis, aplikasi rusak, dll.

Hal tersebut Membuat Koum sangat kecewa karena kehilangan semua harapan dan mulai mencari pekerjaan baru. Pada saat itu, Acton mendorong dengan mengatakan

“Kamu akan terlihat bodoh jika akan berhenti sekarang. Beri waktu beberapa bulan lagi. ”

Kemudian bulan Juni 2009, Akhirnya Apple meluncurkan pembaruan pemberitahuan push. Motif di balik update ini adalah untuk mengingatkan pengguna ketika mereka sedang tidak menggunakan aplikasi yang terinstal. Dari hal tersebut Jan memanfaatkan pembaruan tersebut kemudian dia melakukan beberapa perubahan pada Whatsapp miliknya berupa pemberitahuan push ke teman setiap kali pengguna mengubah statusnya pada aplikasi WhatsApp tersebut.

Berkembang Menjadi WhatsApp 2.0

Akhirnya diluncurkanlah WhatsApp versi beta ( WhatsApp 2.0 ) setelah mereka berdua menyadari banyaknya permintaan akan aplikasi perpesanan instan.

Sumber : feedough

WhatsApp 2.0 rilis dalam tahap beta. Pada versi ini Orang-orang mulai menyukai sebab saat memasuki aplikasi WhatsApp 2.0 hanya membutuhkan nomor telepon saja. dan keunggulan lain pemakai mudah dalam mengirim pesan ke kontak lain. Karena hanya menggunakan internet dan tidak menyedot paket SMS operator.

Facebook Mengakuisisi WhatsApp 2014


Singkat cerita kemudian pada bulan Februari 2014, Akhirnya perusahaan raksasa Facebook mengakuisisi Whatsapp dengan nilai total harga mencapai $ 19 miliar dan menghebohkan banyak orang kabar tersebut kala itu.

Seperti yang termuat dalam Buzzfeed News, Banyak orang memprediksi bahwa WhatsApp inilah yang akan menjadi pesaing potensial dari Facebook kemudian hari.

Tapi keputusan sudah terjadi dan Facebook mengakuisisi WhatsApp. Pada waktu itu Facebook sebenarnya sedang dalam misi menjadi perusahaan seluler pertama dan menjadikan Messenger sebagai layanan inti mereka. Whatsapp adalah pesaing terbesar Facebook Messenger dan bahkan melampaui anak perusahaan Facebook dalam hal tingkat keterlibatan kala itu.

Brian dan Jan Pendiri WhatsApp Meninggalkan Facebook 2017

Saat perusahaan sedang bergerak pesat untuk memenuhi ambisi raksasa Facebook, Justru Brian Acton meninggalkan Facebook tepatnya pada bulan September 2017. Brian memutuskan untuk bekerja pada organisasi nirlaba Signal Foundation miliknya sendiri.

Kemudian Jan Koum menyusul meninggalkan facebook . Jan lebih memilih hengkang dari facebook dengan alasan perdebatan mengenai privasi data dan model bisnis WhatsApp dengan Facebook.

Baca Juga :  5 Hal Ini Jadi Tanda Perusahaan Perlu Menggunakan Software Payroll

WhatsApp Sekarang

Sekarang ini lebih dari 1,5 miliar orang tersebar di 180 negara menggunakan WhatsApp termasuk Indonesia. Platform yang satu ini telah mengambil alih SMS, MMS, dan fitur lain yang sudah kuno / usang, yang pada sebelumnya telah terpakai oleh pasar sasarannya untuk berkomunikasi satu sama lain.

Fitur WhatsApp 2020

Kini whatsApp sudah berkembang pesat, hal ini tertandai dengan fitur yang selalu terupdate setiap waktunya. Seperti yang WhatsApp umumkan melalui twiter pada bulan oktober 2020 kemarin. Bahwa WhatsApp telah meluncurkan pencarian media didalamnya.

sebelumnya fitur – fitur tersebut hanya berada di iOS dan untuk para pengguna aplikasi WhatsApp beta. Untuk para pengguna Iphone sebtulnya sudah mendapatkan pembaharuan ini pada bulan sebelumnya.
Ada 4 fitur baru yang akan diluncurkan bagi para pemakai WhatsApp. Ke empat fitur tersebut antara lain :

  1. Fitur Dukungan
    Pada fitur ini pemakai akan mendapatkan layanan berupa fitur dukungan, artinya pengguna bisa memanfaatkan akun WhatsApp nya pada 4 perangkat sekaligus dalam satu waktu. Akan tetapi sementara fitur ini hanya bisa di nikmati para pengguna WhatsApp beta untuk sekarang ini.
  2. Penjadwalan Pesan Hilang Otomatis
    Kedepan akan ada penjadwalan pesan untuk bisa menghapus pesan dari manual ke otomatis. Hal ini akan memudahkan pengguna yang sebelumnya hanya bisa secara manual saja.
  3. Membisukan Notifikasi
    Pada versi sebelumnya pengguna hanya bisa membisukan di 3 pilihan pembisuan saja yaitu 8 jam, kedua yaitu 1 minggu dan 1 tahun.
    Tapi kini whtasApp akan mengeluarkan keputusanya yang masih dalam wacana untuk para penggunanya agar bisa mematikan notif group selama – lamanya. Tujuan fitur ini nantinya akan digunakan sebagai ganti fitur mute.
  4. Mempermudah Penghapusan File Besar
    Sudah kita ketahui bahwa WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang dapat menyita ruang sangat besar. Akan tetapi pengguna kesulitan dalam memilih pesan mana yang paling memakan memori.
    Dengan Fitur baru yang akan diluncurkan berupa Storage Usage nantinya pengguna akan mudah dalam menghapus file – file besar.

Penutup

Itulah sob ulasan tentang Pengertian WhatsApp baik dari para ahli maupun lainya, serta sejarah dari Aplikasi WhatsApp yang bisa masbejo ulas . Pada sesi terahir masbejo juga sudah mengulas sedikit fitur baru WhatsApp. Semoga bermanfaat. Baca juga ulasan kami berikutnya ” 5 Kelebihan IDN App ” serta info menarik tentang ” Asus Rog Phone 3 ” HP Gaming Terbaru. Terimakasih…

Satu pemikiran pada “Arti Whatsapp, Sejarah dan Fitur – fiturnya”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: