Sebentar lagi semua umat islam akan merayakan lebaran idul fitri yang penuh dengan kebahagiaan dan keberkahan.

Artikel Tentang Idul Fitri dan 2 Fakta Mencengangkan

Meskipun sudah cukup lama tetapi ada beberapa artikel tentang idul fitri masih dikenang. Hal itu karena terjadi fenomena yang berkesan dan bersejarah. Jika penasaran apa saja ja kejadiannya, silakan simak pembahasan berikut. 

Kejadian di Artikel Tentang Idul Fitri Unik

Ada beberapa kejadian fenomenal di lebaran Idul Fitri tahun tertentu. Di bawah ini akan dijelaskan sedikit gambarannya. Dengan begitu, akan tahu dan bisa memahami dengan apa yang terjadi. 

1. Artikel Tentang Idul Fitri Tentang Ramadan Dua Kali

Hal yang berkesan pada hari raya Idul Fitri tahun 1999 pertama adalah terjadinya Ramadan dua kali dalam setahun. Seperti yang sudah diketahui bahwa Ramadan mengikuti tahun Hijriyah. 

Dengan begitu, jika menetapkannya pada bulan Masehi pada tahun Masehi maka akan selalu terjadi perubahan. Sama halnya pada Ramadan yang terjadi dua kali. Sebenarnya hal ini bukan termasuk fenomena istimewa, tetapi karena kejadiannya 33 tahun sekali, maka bisa disebut berkesan dan bersejarah. 

Bukan hanya di tahun 1999 terjadi hal seperti itu, melainkan tahun sebelum dan sesudahnya juga, yaitu 1998 dan 2000. Kemudian, ada yang mengatakan bahwa di tahun 2030, 2031, dan 2032 akan terjadi hal serupa. 

Pastinya penasaran bukan Kenapa tahun Hijriah dan Masehi memiliki selisih yang cukup signifikan? Hal itu karena kalender Masehi dihitung berdasarkan peredaran matahari yang mengelilingi bumi. Dengan begitu, waktu 1 harinya akan dimulai pada tengah malam. 

Baca Juga: 4 Kegiatan Bermanfaat Menyambut Hari Raya Idul Fitri 

Sedangkan, pada kalender Hijriyah dihitung berdasarkan peredaran bulan yang mengelilingi bumi. Jadi waktu terhitungnya 1 hari akan dimulai ketika terbenamnya matahari. 

Maka dari itu, kalender Hijriyah waktunya lebih pendek dari pada tahun Masehi, yaitu sekitar 10 sampai 11 hari. Berikut ini rincian tahun Ramadan yang terjadi dua kali. Baik itu yang sudah terjadi atau di tahun depan. 

  • 1998, Ramadhan di tahun 1418 dan 1419.
  • 1999, Ramadhan di tahun 1419 dan 1420.
  • 2000, Ramadhan di tahun 1420 dan 1421.
  • 2030, Ramadhan di tahun 1451 dan 1452.
  • 2031, Ramadhan di tahun 1452 dan 1453.
  • 2032, Ramadhan di tahun 1453 dan 1454.
Baca Juga :  Biodata Prilly Latuconsina

2. Wafatnya Seorang Pemuka Agama di Pemukiman Muslim Ambon pada Idul Fitri 1999

Pada hari raya Idul Fitri, 19 Januari 1999 merupakan peringatan wafatnya seorang pemuka agama di pemukiman muslim Ambon. Beliau terkena panah dan sampai meninggal. 

Pada Idul Fitri berdarah 1999 itu disebabkan Ambon sedang memiliki konflik antara agama Islam dan Kristen. Kedua agama tersebut saling menguatkan pendapatnya sendiri sehingga tidak mau bersikap toleransi terhadap kepercayaan yang lain. 

Akhirnya menimbulkan konflik yang cukup besar. Sebab dalam perseteruan tersebut terjadi peperangan dan saling membunuh satu sama lain. Tentunya banyak sekali korban dalam perang Ambon tersebut. 

Meskipun begitu, pada akhirnya kedua kepercayaan tersebut bisa berdamai dan bersikap saling toleransi. Sebenarnya, kejadian tersebut termasuk yang sangat disesali dan memilukan bagi pelakunya sendiri. 

Hal itu terbukti dari penuturan salah satu kandidat kedua agama yang berseteru. Pasalnya, jika sebelumnya mau berkomunikasi tentu tidak akan terjadi peperangan dan menewaskan banyak sekali korban. 

Itulah kejadian yang berkesan dan bersejarah di artikel tentang idul fitri. Meskipun pembaca yang belum terlahir di tahun tersebut. Setidaknya juga mengetahui sejarah yang terjadi.