Bangkitnya Semangat UKM Indonesia Saatnya Go Online

masbejo.comBangkitnya Semangat UKM Indonesia Saatnya Go Online. Di negara Indonesia masyarakatnya masih belum banyak yang sejahtera dalam hal ekonomi. Kesadaran masyarakat untuk memiliki bisnis sendiri atau mengembangkan UKM terbilang masih kurang. Padahal UKM memiliki peranan yang sangat penting terhadap perekonomian negara. Bangkitnya semangat UKM Indonesia bisa mempengaruhi kestabilan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat saat gempuran pandemi covid 19 yang sedang kita hadapi.

Pandemi covid 19 sepertinya memberikan kesadaran bagi masyarakat akan pentingnya memiliki sebuah bisnis. Saat ini ada begitu banyak karyawan yang mengalami PHK sehingga merasa kebingungan untuk mendapatkan penghasilan. Memiliki usaha atau UKM adalah salah satu solusi yang bisa kita lakukan saat ini.

UKM Harus Bangkit Meskipun Covid

Bangkitnya semangat UKM Indonesia akan mampu memajukan serta memperbaiki perekonomian Indonesia. Ketika seseorang memiliki bisnis atau UKM tentu bisa membuka lapangan kerja bagi orang yang ada disekitar. Hal ini sangat efektif untuk membantu mengurangi pengangguran serta kesenjangan sosial.

Pemerintah memiliki tugas untuk memotivasi masyarakat Indonesia agar memajukan UKM. Selain itu pemerintah juga perlu untuk mendorong serta membantu agar terwujud masyarakat yang mandiri serta sejahtera dalam hal ekonomi.

Gerakan UKM di Indonesia

Untuk menstimulasi bangkitnya semangat UKM Indonesia pemerintah perlu untuk melakukan motivasi serta dorongan yang nyata. Pandemi covid 19 sudah cukup banyak memberikan dampak ekonomi baik itu bagi para karyawan hingga UKM di Indonesia. Penurunan ekonomi yang sangat signifikan harus segera di atasi dengan serius. Masyarakat perlu untuk kembali bersemangat serta berusaha untuk mengembalikan UKM yang sudah berjalan agar bisa bangkit dan terus bertahan.

Apabila UKM di Indonesia kembali berjalan normal dan stabil tentu perekonomian negara juga akan ikut membaik. Kerjasama yang bagus antara masyarakat dengan pemerintah untuk membangun kembali semangat UKM mampu membuahkan hasil yang nyata.

Pengertian UKM dan Kriterianya

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai UKM, penting sekali bagi Anda mengetahui tentang apa itu pengertian UKM serta kriterianya.

UKM merupakan singkatan dari usaha kecil menengah yang tolak ukurnya adalah dari omzet serta aset yang kita miliki oleh usaha tersebut. Tidak jauh berbeda dengan UMKM yang merupakan singkatan dari usaha mikro kecil dan menengah, UKM merupakan sebutan bagi bisnis atau usaha kecil menengah.

Pengertian dari UKM berdasarkan dari instruksi presiden adalah sebuah kegiatan usaha atau ekonomi yang memiliki aset sekitar Rp.50 juta serta omsetnya mencapai maksimal 250 miliar rupiah. Aset dari UKM tersebut bukanlah termasuk bangunan serta tanah yang digunakan untuk melakukan kegiatan usaha.

Jenis UMKM dan Semangat Bangkit UKM Indonesia

Perlu untuk diketahui bahwa UMKM yang ada di Indonesia sangatlah berpengaruh terhadap bangkitnya UKM. UKM merupakan bagian dari UMKM sehingga apabila UMKM yang ada di Indonesia mampu bangkit dan berkembang tentu UKM juga mengikutinya.

Bangkitnya semangat UKM Indonesia tentu harus terstimulasi dengan cara-cara yang tepat. Setiap jenis UKM apabila mampu bangkit dan maju tentu negara ini akan semakin sejahtera.

Baca Juga :  7 Cara Memulai Usaha Sablon Agar Sukses.

Berikut ini adalah beberapa jenis UKM yang ada di Indonesia:

4 Jenis UKM Yang ada di Indonesia

Livelihood activities

Jenis UKM yang pertama biasa kita sebut juga dengan livelihood activities. Arti dari UKM ini yaitu sebuah usaha atau bisnis yang digunakan sebagai tempat untuk mencari penghasilan atau nafkah hidup. Contoh dari UKM livelihood activities adalah para pedagang kecil atau pedagang kaki lima.

Micro Enterprise

Jenis UKM yang berikutnya yaitu micro enterprise. Usaha ini merujuk kepada jenis usaha yang berbau kerajinan. Di Indonesia ada begitu banyak sekali pengrajin yang produknya bahkan sudah mampu menembus pasar internasional. UKM ini ada begitu banyak di Indonesia mengingat sumber daya alam serta kreativitas masyarakat Indonesia dalam menciptakan produk kerajinan sangatlah tinggi.

Small Dynamic Enterprise

Jenis berikutnya yaitu small dynamic enterprise. UKM jenis ini adalah bentuk kegiatan ekonomi kewirausahaan yang biasanya berhubungan dengan ekspor produk dan juga subkontrak. Semakin besar UKM ini maka akan semakin banyak pekerja yang terserap.

Fast Moving Enterprise

Jenis UKM yang berikutnya ini yaitu fast moving enterprise merupakan UKM yang cepat menjadi besar. Jiwa kewirausahaan yang baik mampu menjadikan bisnis kecil menjadi usaha besar dan ini masuk dalam kategori UKM.

Fungsi Hosting UMKM dalam memajukan UKM Via Online

Tidak bisa kita pungkiri jika masyarakat saat ini semakin paham akan manfaat dari teknologi termasuk internet. Penting sekali bagi para pelaku UKM untuk mampu bersaing dengan memanfaatkan teknologi yang ada sekarang.

Pemerintah perlu mengedukasi masyarakat terutama para pelaku UKM agar semakin bersemangat untuk mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan internet. Ketika UKM mampu memanfaatkan teknologi internet sebagai media promosi dan pemasaran tentu omset yang masuk juga akan semakin besar. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kestabilan ekonomi Indonesia.

Hosting UMKM sangatlah berperan penting dalam mempermudah para pelaku usaha untuk bisa menjalankan bisnisnya. Pemerintah perlu untuk membuat target pencapaian atau peningkatan ekonomi paling tidak 2% untuk para pelaku UKM.

Masih banyak para pelaku usaha terutama UKM yang belum memanfaatkan teknologi internet untuk mengembangkan bisnisnya. Berkebalikan dengan usaha startup yang sangat identik dan begitu tergantung dengan internet.

Banyak orang yang masih salah kaprah memahami tentang UKM serta usaha startup. Semuanya sama-sama bentuk usaha yang sedang terintis. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Perlu untuk Anda pahami bahwa UKM merupakan usaha yang lebih kepada pembuatan produk. Produk yang terbuat merupakan kebutuhan dari masyarakat sehingga akan langsung terdistribusikan atau terjual langsung kepada masyarakat.

Berbeda dengan UKM, usaha startup merupakan usaha yang lebih kepada menghasilkan jasa melalui aplikasi atau software yang mendukung kegiatan masyarakat di zaman modern seperti sekarang.

Para pelaku usaha startup tidak seperti UKM yang menghasilkan produk akan tetapi lebih kepada menghasilkan sebuah pelayanan menggunakan aplikasi atau software serta memanfaatkan internet sebagai digital marketing.

Bisnis UKM Via online Website

Bisnis UKM apabila dijalankan tanpa internet masih bisa menghasilkan omset yang lumayan asalkan memiliki strategi pemasaran yang bagus. Namun sayang apabila di zaman yang serba canggih seperti sekarang para pelaku UKM tidak memanfaatkan internet untuk memajukan usaha.

Bangkitnya semangat UKM Indonesia akan semakin pesat apabila didukung dengan kemampuan pemanfaatan teknologi internet.

Penting sekali untuk bisa membangkitkan UKM di Indonesia agar masyarakat semakin bersemangat untuk menjalankan usahanya. Sejarah pernah mencatat bahwa krisis Indonesia di zaman Suharto membuat negara mengalami banyak masalah dalam hal ekonomi. Akan tetapi kemampuan UKM untuk tetap bertahan sangatlah luar biasa. Bahkan perusahaan besar banyak yang mengalami kebangkrutan karena ketidakstabilan ekonomi.

Baca Juga :  Pertimbangan sebelum menjual mobil kesayangan Anda

Para pengusaha atau pelaku UKM di Indonesia mampu menghasilkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cukup baik. Bahkan bisa kita katakan jika konsumsi produk dalam negeri kebanyakan berasal dari para pelaku usaha kecil menengah. Hampir sekitar 50% produk yang dihasilkan dari Indonesia adalah UKM. Selain itu UKM juga sudah banyak yang mampu menembus pasar ekspor.

Gelorakan Semangat UKM Indonesia di Masa Pandemi

Masyarakat Indonesia kini tengah terpuruk akibat pandemi covid 19 yang hingga saat ini belum berakhir. Banyak perusahaan yang terpaksa harus tutup sehingga banyak karyawan yang mengalami PHK. Kesulitan ekonomi benar-benar terasa oleh banyak kalangan masyarakat. Bukan hanya mereka yang bekerja sebagai karyawan, para pelaku UKM juga banyak yang omzetnya menurun bahkan ada juga yang harus tutup usaha.

Salah satu solusi agar usaha tetap bertahan meskipun tidak harus membuat kerumunan serta saling berinteraksi secara langsung adalah dengan memanfaatkan internet untuk memasarkan produk. Adanya teknologi ini memutus anggapan bahwa tidak ada cara untuk bisa menjalankan bisnis. Semua masih bisa berlangsung asalkan mau berusaha dan tetap kreatif untuk menjalankan UKM yang kita miliki.

Cara Bangkitkan UKM Indonesia Via Online

Cara Bangkitkan UKM Indonesia Via Online

Adanya teknologi internet sangatlah mempengaruhi segala hal termasuk cara seseorang untuk memasarkan produk. Anda bisa memanfaatkan media online mulai dari sosial media hingga website untuk mengembangkan bisnis atau UKM agar semakin besar.

Banyak cara yang bisa kita lakukan agar usaha Anda semakin berkembang. Beberapa cara untuk mendukung bangkitnya semangat UKM Indonesia secara online antara lain:

Menggunakan Sosial Media

Cara pertama agar bangkitnya semangat UKM Indonesia go online semakin mudah adalah dengan memanfaatkan sosial media. Banyak dari pelaku UKM yang sukses karena mampu memanfaatkan sosmed seperti Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Iklan Online

Selain sosial media Anda juga bisa menggunakan iklan online. Social media seperti Facebook dan Instagram sudah menyediakan fitur ads. Pahami bagaimana cara kerja dari fitur Ads di sosial media serta lakukan analisis pasar agar promosi berjalan lancar dan efektif.

Memanfaatkan Marketplace

Bagi para pelaku UKM memang memanfaatkan marketplace yang ada adalah sesuatu yang sangat menarik. Anda bisa membangun toko online Anda serta menarik banyak pembeli melalui marketplace yang ada. Persaingan yang semakin ketat menuntut para pelaku UKM untuk semakin kreatif dan giat agar produk yang dihasilkan banyak dikenal dan diminati oleh masyarakat.

Membuat Website

Cara berikutnya yang juga sangat perlu untuk diketahui oleh para pengusaha atau pelaku UKM adalah memanfaatkan website. Website bisa menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan usaha serta produk yang dihasilkan oleh UKM. Akan tetapi sebaiknya apabila akan membuat website cobalah untuk memakai hosting MasterWeb.

Dengan memiliki website yang memakai hosting Masterweb maka perusahaan akan terlihat lebih menarik. Selain itu ada begitu banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika membuat website sendiri dibandingkan menggunakan Marketplace. Anda hanya perlu membeli domain dan hosting setelah itu didalam cpanel tinggal sobat instal kedalam website builder terbaik seperti WordPress.Org.

Memiliki website dengan memakai hosting Masterweb memberikan Anda kesempatan untuk bisa mengatur konten website serta menentukan berbagai macam hal mulai dari deskripsi produk, cara pembayaran, dan juga berbagai hal lain berkaitan dengan usaha Anda.

Anda akan benar- benar bisa merasakan kemudahan menjalankan serta mempromosikan bisnis apabila memiliki website dengan hosti g Masterweb.

MasterWeb Memajukan UKM Melalui Website

MasterWeb Memajukan UKM Melalui Website

Para pengusaha UMKM penting sekali mengetahui tentang kelebihan yang ditawarkan oleh Masterweb. Di masa yang sulit seperti sekarang ini apabila Anda beli domain dan hosting Masterweb nantinya website bisnis anda akan terlihat terpercaya.

Baca Juga :  Merasa Kece di Saat Jalan - Jalan Ke Dieng di Temani Tas Slempang "Rei"

Mempromosikan produk juga semakin mudah karena website dapat di sebarkan menggunakan sosial media. Memiliki usaha yang bagus lalu didukung dengan website yang profesional tentu meningkatkan rasa percaya diri Anda untuk menarik pelanggan.

Calon pembeli juga akan merasa yakin untuk memilih produk yang ditawarkan. Produk yang ditampilkan di website akan terlihat sangat berkelas apalagi ditambah dengan detail informasi yang menarik.

Kelebihan UKM yang Memiliki Website

Jika Anda memutuskan untuk membuat website memakai hosting Masterweb tentu usaha akan lebih mudah untuk dikembangkan. Hal ini dikarenakan Anda bisa mempromosikan produk secara mudah dan leluasa. Jangkauan promosi memakai website juga akan semakin luas karena bisa di optimasi menggunakan fitur yang ada di website tersebut.

Adanya fitur seperti Google AdWords bisa digunakan untuk menjadikan website lebih mudah ditemukan oleh para pelanggan melalui mesin pencarian. Semakin banyak orang yang menemukan website dan melihat produk yang ditawarkan tentu akan semakin banyak pembeli.

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa memaksimalkan usaha karena tidak harus menyewa ruko untuk memajang produk yang dihasilkan. Memiliki website juga memberikan Anda kesempatan untuk menjelaskan mengenai kelebihan dari produk secara detail dan jelas kepada calon pembeli.

Jika Anda memasarkan produk tanpa menggunakan teknologi seperti ini tentu harus menyewa ruko yang mahal. Akan tetapi dengan memiliki website, Anda hanya perlu membeli hosting dan juga domain. Kelebihan memiliki website sangatlah banyak karena kapanpun calon pembeli membutuhkan bisa langsung membuka website untuk memilih produk yang akan dibeli dan melakukan pemesanan melalui fitur yang ada.

Keuntungan UKM Meningkat Melalui Blog dan Website

Bangkitnya semangat UKM Indonesia bukanlah hal yang mustahil di masa pandemi seperti sekarang. Social distancing atau apapun itu tidak menghalangi para pelaku UKM untuk tetap bisa menjual produk karena sudah memiliki website atau blog.

Bagi yang baru akan memulai UKM juga sangat membantu untuk meminimalisir modal. Jika Anda harus membuka UKM konvensional maka akan membutuhkan modal yang besar untuk menyewa toko, menggaji karyawan, dan lain sebagainya.

Dengan memiliki website atau blog Anda tidak harus memiliki toko atau ruko karena produk bisa Anda pajang di website dan tidak harus menggaji banyak karyawan.

Jangkauan dari website UKM akan lebih luas bahkan bisa menjangkau level internasional. Semakin bagus hosting dan domain dari website UKM maka akan semakin mudah bagi para pelanggan dari berbagai negara untuk menemukan toko serta produk yang Anda tawarkan.

Anda tidak akan merasa kecewa ketika memiliki website untuk memajukan UKM. Memiliki website untuk usaha mampu memberikan Anda banyak sekali keuntungan. Penting sekali bagi UKM untuk memiliki brand yang jelas agar mudah untuk dikenali oleh calon pembeli. Dengan memiliki website, Anda dapat membuat sendiri brand untuk produk dari usaha yang anda miliki. Semakin bagus produk Anda tentu tidak akan sulit mencapai target penjualan.

Untuk mendukung bangkitnya semangat UKM Indonesia memang sebaiknya mulai sekarang para pelaku usaha memanfaatkan teknologi yang ada. Produk-produk yang saat ini terhenti pemasarannya bisa kembali terpromosikan dan dapat ditawarkan kepada calon pembeli tanpa harus bertemu langsung. Manfaatkan teknologi internet dan buatlah website memakai hosting Masterweb agar usaha Anda kembali berjalan dan semakin berkembang. Semoga informasi ini semakin menambah semangat Anda untuk memajukan UKM Indonesia.

5 pemikiran pada “Bangkitnya Semangat UKM Indonesia Saatnya Go Online”

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: