Berbagai Layanan Informasi di Internet
Berbagai Layanan Informasi di Internet

Berbagai Layanan Informasi di Internet

masbejo.com – Berbagai Layanan Informasi di Internet. Internet merupakan jaringan Internasional yang menyediakan berbagai macam layanan dan fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang di seluruh dunia. Beberapa layanan dan  fasilitas yang ada di Internet antara lain WWW, e-mail, search engine, IRC, mailling list, blogger, friendster, dan masih banyak lagi.

Berbagai Layanan Informasi di Internet

1. WWW (World Wide Web)

Timothy Berners Lee seorang ahli ilmu komputer dari Inggris yang telah membuat dan mengembangkan program browser yang dapat digunakan untuk menjelajah antar komputer di Internet. Program inilah yang disebut WWW (World Wide Web).

WWW (World Wide Web) merupakan salah satu bagian yang paling menarik di Internet. WWW adalah fasilitas layanan yang paling banyak digunakan dalam berinternet. Dengan WWW, kita dapat mengakses informasi atau data yang tidak hanya berupa teks, melainkan juga gambar, video, suara, dan lain-lain (multimedia). Dokumen yang berbentuk teks disebut hypertext, sedangkan yang berformat lain seperti gambar, animasi, dan video disebut hypermedia. Misalnya, kita dapat melihat dan mendownload file-file video di www.youtube.com.    

Kita juga dapat mendengarkan siaran radio luar negeri dengan mengunjungi www.radiotower.com. Masih banyak lagi situs-situs menarik lainnya di Internet yang dapat kita kunjungi. Untuk dapat mengakses layanan WWW dari sebuah komputer, kita dapat menggunakan program web client yang disebut web browser, seperti Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan Netscape Communicator.

2. E-mail

E-mail (electronic mail) adalah fasilitas yang digunakan untuk mengirim dan menerima surat melalui Internet. E-mail seperti layaknya surat, dibuat dengan tujuan untuk berkomunikasi. Perbedaannya adalah surat yang biasa ditulis di atas kertas dan dikirim melalui kantor pos, sedangkan e-mail dari mulai ditulis, dikirim, sampai diterima dan dibaca semuanya diproses secara elektronik. Pengguna e-mail di seluruh dunia dapat saling bertukar pesan, berita, atau mengirim data berupa teks dan gambar. Berita, informasi, atau surat yang kita kirim melalui e-mail akan sampai ke alamat tujuan hanya dalam beberapa menit saja atau bahkan dalam hitungan detik. Mengirim surat dengan menggunakan e-mail jauh lebih cepat dan murah dibandingkan dengan pengiriman surat melalui kantor pos atau jasa pengiriman lainnya.

Ada tiga jenis e-mail yang dapat digunakan oleh pengguna Internet, yaitu pop mail, e-mail forwarding, dan web based mail.

a. Pop Mail

Pop mail adalah e-mail yang berbasis client. Kita dapat menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan Internet. Kita memerlukan koneksi dengan Internet hanya pada saat proses pengiriman dan penerimaan e-mail. Untuk memakai e-mail jenis ini, kita memerlukan software khusus untuk pop mail, misalnya Microsoft Outlook dan Eudora.

Baca Juga :  Mailing list, ISP, dan Topologi Internet Pertama di Indonesia

b. E-mail Forwarding

Pada prinsipnya e-mail forwarding merupakan layanan e-mail yang digunakan untuk meneruskan e-mail ke alamat e-mail yang lain. E-mail forwarding sangat cocok untuk kita yang sering berganti-ganti alamat e-mail atau kita yang mempunyai banyak alamat e-mail. Dengan e-mail forwarding, kita dapat menyembunyikan alamat e-mail kita yang asli. Alamat yang akan ditampilkan adalah alamat e-mail forwarding tersebut.

c. Web Based Mail

gmail

Web based mail adalah e-mail yang berbasis web, di mana semua kegiatan surat-menyurat dilakukan melalui web mail. Untuk dapat menggunakan e-mail jenis ini, kita harus terhubung dengan Internet terlebih dahulu.

3. Search Engine

Search engine adalah suatu fasilitas Internet yang dijalankan melalui browser. Search engine dapat diartikan sebagai mesin pencari. Dengan search engine, kita dapat menemukan situs-situs yang memuat informasi yang kita butuhkan dengan cara mengetikkan kata kunci (keyword) pada search engine, kemudian search engine akan melacaknya dan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan keterangan singkat sesuai dengan database yang dimilikinya. Situs search engine sering menduduki peringkat teratas sebagai situs yang paling banyak dikunjungi. Agar situs search engine selalu dapat melayani penggunanya, search engine harus selalu up to date. Situs search engine harus mendata sekian banyak situs dan informasi yang ada di Internet di seluruh dunia dengan melakukan penjelajahan atau pencarian menggunakan program otomatis yang disebut crawler. Database search engine dapat menampung situs-situs yang jumlahnya jutaan bahkan miliaran halaman web.

Ada beberapa search engine yang dapat kita gunakan, di antaranya adalah Google, WiseNut, Alltheweb, Looksmart, HotBot, Yahoo!, dan masih banyak lagi. Hampir semua tampilan search engine bentuknya sederhana, bebas dari banner iklan dan gambar-gambar. Dengan tampilan yang sederhana akan mampu mempercepat proses pengaksesan homepage dan proses penampilan web page dari hasil pencarian. Berikut ini adalah beberapa situs search engine yang banyak diakses oleh pengguna Internet di seluruh dunia.

a. Google

Google secara resmi diluncurkan pada bulan September tahun 1999. Google merupakan situs search engine yang menduduki peringkat teratas di antara situs-situs search engine lainnya. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh situs searchengineshowdown.com, situs dan informasi yang ditampung oleh database google sebanyak 1,5 miliar buah dan melakukan 150 juta proses pencarian setiap harinya.

chrome

Fasilitas yang dimiliki google antara lain sebagai berikut.

  • Pada tampilan antarmuka dapat dipilih 74 bahasa (termasuk bahasa Indonesia dan Jawa).
  • Memiliki safe search yang digunakan untuk memfilter situs-situs yang tidak diinginkan agar tidak
  • ditampilkan.
  • Menyediakan tempat kepada siapa saja yang ingin situsnya masuk ke dalam database google dengan cara mengisi form isian di alamat www.google.com/ addurl.html.
Baca Juga :  Peranan Telekomunikasi dalam Penyampaian dan Peneriman Informasi

b. WiseNut

WiseNut secara resmi diluncurkan pada bulan September tahun 2001. Situs searchenginesshowdown.com menyatakan bahwa database wisenut.com menampung sekitar 579 juta situs dan informasi.

Fasilitas yang dimiliki WiseNut antara lain sebagai berikut.

  • Pada tampilan antarmuka dapat dipilih 21 bahasa (tidak ada bahasa Indonesia)
  • Memiliki wise watch yang digunakan untuk memfilter situs-situs yang tidak diinginkan agar tidak ditampilkan.
  • Menyediakan form pendaftaran kepada siapa saja yang ingin situsnya masuk ke dalam database WiseNut di alamat www.wisenut.com/submitsite.html.

c. Alltheweb

Alltheweb.com pada awalnya merupakan layanan dari fastsearch.com yang diluncurkan pada bulan Mei tahun 1999 dengan nama fast. Kemudian pada bulan Juli tahun 2001 nama fast diganti dengan alltheweb. Pada awal Maret 2002 situs searchenginesshowdown.com menyatakan bahwa database alltheweb.com menampung sekitar 397 juta situs dan informasi.

Fasilitas yang dimiliki alltheweb adalah sebagai berikut.

  • Pada tampilan antarmuka dapat dipilih 21 bahasa (termasuk bahasa Indonesia).
  • Memiliki page filter yang digunakan untuk memfilter situs-situs yang tidak diinginkan agar tidak ditampilkan.
  • Menyediakan form pendaftaran bagi siapa saja yang ingin situsnya masuk ke dalam database Alltheweb di alamat www.alltheweb.com/add-url.php.

d. Yahoo

Perlu diketahui bahwa ada yang mengategorikan Yahoo.com sebagai situs search engine tetapi ada pula yang mengategorikan sebagai situs direktori. Perbedaan antara situs search engine dengan situs direktori adalah dari jumlah informasi yang tersedia dalam databasenya. Jumlah database situs direktori lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah database yang dimiliki situs search engine. Selain itu, informasi atau data yang ada dalam database situs direktori diseleksi dan diindeks oleh manusia. Pada search engine menggunakan program otomatis untuk menyeleksi dan mengindeks data seperti spider dan crawler. Sedangkan pengelola situs direktori akan memilih dan memeriksa kelayakan sebuah situs atau informasi sebelum diputuskan untuk dapat masuk ke dalam databasenya. Situs direktori juga memasang form search engine untuk mencari informasi di dalam databasenya, berdasarkan dengan keyword yang digunakan.

Untuk memperkuat pencarian, Yahoo menggandeng google. Jika seorang pengguna Yahoo tidak menemukan informasi yang dicarinya dari database direktori yahoo, maka secara otomatis Yahoo akan menampilkan link-link tambahan yang diambil dari database google dengan keterangan “powered by Google”.

Baca Juga :  Menelusuri Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia

4. IRC

IRC (Internet Relay Chat) adalah layanan percakapan on-line yang biasa digunakan pengguna Internet untuk berbicara dengan pengguna lain. IRC merupakan suatu sistem yang memungkinkan pengguna Internet di seluruh dunia dapat saling berkomunikasi secara langsung dengan cara mengetikkan pesan menggunakan keyboard komputer. IRC menyediakan banyak channel atau chat room (ruang untuk bercakap-cakap). Tidak ada batasan berapa pengguna yang boleh masuk ke suatu channel atau chat room. Setiap pengguna bebas untuk dapat memasuki atau keluar dari channel tertentu. Untuk menggunakan fasilitas chatting ini, kita dapat menginstal program aplikasi khusus seperti mIRC yang merupakan program aplikasi IRC yang paling populer. Program mIRC dapat diperoleh secara gratis dengan mendownload di www.mirc.com/get.html.

Ada beberapa faktor yang membuat kita tidak dapat bergabung pada channel IRC tertentu, yaitu sebagai berikut.

  • Channel di-Banned

Biasanya disebabkan telah melanggar peraturan suatu channel (misalnya menggunakan kata-kata yang tidak sopan). Lamanya banned ini dapat sampai beberapa jam, hari, minggu, bahkan bulan tergantung kepada operatornya.

  • Pengguna Terkena Kick atau Kill dari Operator

Kick atau kill hampir sama dengan banned tetapi yang tidak diizinkan masuk hanya salah seorang pengguna saja bukan suatu channel.

  • Koneksi Ditolak

Hal ini biasanya disebabkan adanya masalah teknis pada server yang digunakan. Apabila ini terjadi, kita dapat berpindah ke server IRC yang lain.

5. Web Blog

blog

Web Blog dapat disebut sebagai buku harian pribadi yang ditampilkan secara online di Internet. Web blog dapat diakses oleh orang banyak dan dapat dikomentari oleh pembacanya. Sebuah web blog juga dapat dilengkapi dengan halaman berita, pengumuman, polling, dan berbagai fasilitas lainnya. Ada beberapa situs web yang khusus menyediakan fasilitas untuk membuat web blog, antara lain www.blogspot.com dan www.blogthing.com.

6. Mailing List

Mailing list adalah fasilitas untuk forum diskusi di Internet dengan menggunakan e-mail. Untuk dapat menggunakan fasiltas ini, kita harus memiliki alamat e-mail terlebih dahulu. Jika kita menjadi anggota dari suatu mailing list, kita dapat saling memperoleh informasi antar sesama anggota. Satu pesan dari seorang anggota dapat diterima oleh semua anggota. Untuk menggunakan fasilitas ini, kita dapat membuat mailling list di Yahoo! groups (www.groups.yahoo.com).

Itulah beberapa layanan iformasi yang ada pada internet dan dapat kita manfaatkan untuk membantu kita dalam memperoleh informasi dan juga media untuk berkomunikasi dengan semua orang di seluruh dunia.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *