Mulan Jameela

Biodata Mulan Jameela

Biodata Mulan Jameela – Hallo sobat masbejo, berikut ini adalah biodata singkat dari ” Mulan Jameela ” untuk para penggemar yang penasaran dengan biodata Mulan Jameela, bisa kita simak ulasannya di bawah ini :

 

Raden Wulansari atau lebih dikenal sebagai Mulan Jameela adalah seorang penyanyi dan aktris berkebangsaan Indonesia. Ia lahir di Garut, Jawa Barat, pada tanggal 23 Agustus 1979.

Mulan memulai karier solonya tahun 1997 dengan nama panggung Wulan Ardina, dan merilis album solo dengan judul Aku Tetap Tersenyum. Ia kembali merilis album solonya dengan nama panggung Wulan, berjudul Kekal.

Setelah berkarier merilis 2 album solo, tidak membuat Mulan puas mengeksplore musik dengan mencoba menjadi penyanyi café dan pernah tergabung dalam beberapa band seperti Swara Coustic, Bandung All Star dan Dimensi Band.

Pada awal tahun 2005, Mulan bergabung bersama Maia Estianty dalam duo terkenalnya Ratu dan merilis album bertajuk Ratu & Friends. Single pertama berjudul “Teman Tapi Mesra” sukses besar dan seketika melambungkan nama Mulan Kwok menjadi salah satu vokalis papan atas.

Sejumlah penghargaan pun berhasil diraih. Album ini terjual lebih dari 400.000 kopi dan mengukuhkan Ratu menjadi grup wanita paling sukses saat itu. Tahun 2006, dirilislah album berjudul No. Satu yang kembali melahirkan hits berjudul “Lelaki Buaya Darat” dan “Dear Diary“.

Album ini pun sukses terjual hingga 500.000 kopi di minggu pertama perilisannya. Namun kemudian, pada 31 Januari 2007 Mulan mengumumkan hengkangnya dari Ratu akibat masalah transparansi keuangan di tubuh manajemen Ratu.

Pada 28 Mei 2007, Mulan resmi bergabung dengan Republik Cinta Management. single pertama Mulan Jameela setelah hengkang dari Grup Ratu berjudul “Aku Cinta Kau dan DIa“.

Baca Juga :  Biodata Ayushita

Album solo perdana Mulan diluncurkan pada Januari 2008, bertajuk Mulan Jameela. Seperti judul album, Mulan pun tidak lagi memakai nama panggung “Mulan Kwok”.

Pada tahun 2013 Mulan Jameela mengeluarkan album berjudul “99 Volume 1″ dengan 3 lagu Hits, yaitu “Abracadabra“, “Sakit Minta Ampun” dan “Cinta Mati III“. Label musik GP Record.

Pada tahun 2018, Mulan kembali mengeluarkan album solonya berjudul “99 Volume 2 Patience“. Di album ini Mulan mencoba membawakan lagu jagoan dengan genre Electronic Music, berkolaborasi dengan grup Jebe Petty dengan judul “Bye Bye Boy“.

Mulan dikenal karena suaranya yang khas serta penampilannya di atas panggung. Ia terjun di dunia politik dan lolos melalui Dapil Jawa Barat XI menjadi anggota DPR RI Masa Bakti 2019-2024.

Demikian tadi biodata Mulan Jameela. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat.

sumber : wikipedia.org