Raline Shah

Biodata Raline Shah

Biodata Raline Shah – Hallo sobat masbejo, berikut ini adalah biodata singkat dari ” Raline Shah ” untuk para penggemar yang penasaran dengan biodata Raline Shah, bisa kita simak ulasannya di bawah ini :

 

Raline Rahmat Shah Simalungun atau yang lebih akrab dipanggil Raline Shah adalah seorang aktris, model, tokoh masyarakat, dan pengusaha Indonesia keturunan Melayu Deli, Sumatera Utara dan Melayu Malaysia.

Raline Shah lahir pada tanggal 4 Maret 1985. Anak sulung dari tiga bersaudara pasangan Dr. H. Rahmat Shah dan Roseline Abu ini mulai dikenal publik setelah dirinya memenangkan gelar “Putri Favorit Indonesia” di ajang kecantikan Puteri Indonesia 2008, mewakili Provinsi Sumatra Utara.

Raline mengawali perjalanan kariernya di dunia akting dengan membintangi sosok Riani dalam film 5 cm, sebuah film besutan sutradara terkenal Rizal Mantovani.

Dalam perannya itu, Raline menjadi satu-satunya perempuan di dalam kisah persahabatan lima sekawan yang ingin menaklukan puncak Gunung Semeru.

Dengan memerankan karakter perempuan yang ambisius di film tersebut, Raline kemudian makin dikenal publik sebagai aktris dan dirinya sering terlihat wara-wiri membintangi beberapa film layar lebar.

Raline membuktikan kepiawaiannya dalam berakting dengan memenangkan penghargaan di Festival Film Bandung 2015 untuk kategori “Aktris Pendukung Terbaik” atas perannya di film Surga yang Tak Dirindukan.

Raline juga mendapatkan penghargaan Indonesia Box Office Movie Awards 2016 dan nominasi di Festival Film Bandung 2014 dan Festival Film Indonesia 2015. Raline kembali memenangkan penghargaan di Film Box Office Indonesia 2018 atas perannya dalam film Surga yang Tak Dirindukan 2.

Raline dikenal sebagai sosok yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, bekerjasama dengan rekan-rekannya untuk mendirikan Rumah Harapan Indonesia dan Yayasan Tunas Bakti Nusantara.

Baca Juga :  Biodata Indra Sinaga

Raline juga gemar mendaki gunung dan telah menaklukkan beberapa puncak gunung, seperti Gunung Rinjani dan Gunung Kilimanjaro. Raline bersama adik dan tiga orang temannya juga telah merambah bisnis kedai kopi dengan membuka KISAKU pada tahun 2019.

Raline memulai perjalanan kariernya sebagai model paruh waktu untuk Mannequin Studios, sebuah agensi model Singapura, dari tahun 2004 hingga 2008. Raline juga menyibukkan dirinya dengan menjadi bagian dari Departemen Humas Paragon Medical, Singapura, dari tahun 2008 hingga 2011.

Berbekal ilmu yang didapatkan saat dirinya menjadi model di Singapura, Raline memberanikan dirinya untuk ikut ajang kecantikan Puteri Indonesia 2008 dan mewakili provinsi Sumatra Utara. Raline berhasil lolos ke tahap final dan dianugerahi gelar “Putri Favorit Indonesia” berdasarkan pemungutan suara terbanyak.

Berkat kemampuannya dalam dunia model sejak tahun 2008 baik di kancah nasional maupun internasional serta kepribadian dan citra publiknya yang baik, Raline mampu bekerjasama dengan banyak merek dan perancang busana ternama.

Dia dipercaya untuk mewakili Cita Tenun Indonesia pada program Fashion 4 Development (F4D) Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York pada tahun 2012 dan 2013.

Citra Tenun Indonesia merupakan asosiasi yang bertujuan melestarikan teknik tenun tradisional Indonesia dan memperkenalkan desainer Indonesia di kancah internasional.

Dalam ajang itu, Raline turut berpartisipasi bersama tokoh dan model internasional lainnya, seperti Lily Cole dan Carla Sozzani. Raline juga salah satu perwakilan Asia Tenggara untuk perancang busana Belgia terkemuka, Diane von Furstenberg, yang secara pribadi memilih Raline sebagai brand ambassador atas busana rancangannya.

Kecintaannya pada alam dan mendaki gunung membuat Raline sukses menaklukan beberapa puncak gunung di Indonesia dan negara lainnya. Raline pun giat mengingatkan banyak orang untuk melestarikan alam dan menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih saat mendaki.

Baca Juga :  Biodata Ernest Prakasa

Demikian tadi biodata Raline Shah. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat.

sumber : wikipedia.org