Ustad Abdul Somad

Biodata Ustad Abdul Somad

Biodata Ustad Abdul Somad – Hallo sobat masbejo, berikut ini adalah biodata singkat dari ” Ustad Abdul Somad ” untuk para penggemar yang penasaran dengan biodata Ustad Abdul Somad, bisa kita simak ulasannya di bawah ini :

 

Ustaz Abdul Somad adalah seorang da’i atau penceramah agama Islam dari Indonesia yang terutama berfokus dalam bidang ilmu hadis dan fikih. Ia juga berprofesi sebagai dosen dan pernah mengajar di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau pada tahun 2009–2019.

Abdul Somad lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatra Utara, pada tanggal 18 Mei 1977. Ia merupakan putra pasangan Bakhtiar dan Rohana.

Dari pihak ibu, garis keturunannya bersambung kepada Syekh Abdurrahman atau dijuluki Tuan Syekh Silau Laut I, seorang ulama sufi beraliran Tarekat Syattariyah kelahiran Rao, Batu Bara.

Sejak dari bangku sekolah dasar, Abdul Somad dididik melalui sekolah yang berbasis pada Tahfiz Alquran. Tamat dari SD Al-Washliyah Medan pada 1990, ia melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah Medan.

Setelah lulus pada 1993, ia melanjutkan pendidikan ke Pesantren Darularafah Deliserdang, Sumatra Utara selama satu tahun. Pada 1994, ia pindah ke Riau untuk melanjutkan pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu dan menyelesaikannya pada 1996.

Tahun-tahun berikutnya antara 1996–1998, ia sempat berkuliah di UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Pada tahun 1998, ketika pemerintah Mesir membuka beasiswa kepada 100 orang Indonesia untuk belajar di Universitas Al-Azhar, ia pun mengikuti tes dan merupakan salah satu dari 100 orang yang berhak menerima beasiswa, mengalahkan 900-an orang lainnya yang mengikuti tes untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Baca Juga :  Biodata Vino G. Bastian

Kemudian ia akhirnya memilih untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Al-Azhar Kairo dan berhasil mendapatkan gelar Lc-nya dalam waktu tiga tahun 10 bulan pada pertengahan tahun 2002.

Setelahnya ia pun melanjutkan program pendidikan S2-nya di Universiti Kebangsaan Malaysia, namun hanya sempat berkuliah selama dua semester.

Dalam sebuah video pada bulan Oktober 2017 yang diunggah di saluran YouTube Fodamara TV, Ustaz Abdul Somad menarik kontroversi karena menyatakan bahwa orang-orang Muslim yang berbelanja atau membeli di kedai kopi milik Starbucks akan masuk neraka karena kebijakan pro-LGBT dari perusahaan tersebut.

Video itu menjadi viral pada bulan Maret 2018 dengan banyaknya warganet yang memperolok Somad karena bersikap munafik, mengingat bahwa banyak platform yang Somad gunakan untuk menyebarkan dakwahnya seperti di YouTube, Facebook, Instagram dan Twitter juga memiliki kebijakan pro-LGBT yang serupa dengan Starbucks.

Pada tahun 2019, Ustaz Abdul Somad dilaporkan ke polisi karena menyampaikan ceramahnya di mana ia dianggap menghina salib umat Kristen, dan menyatakan bahwa setiap Muslim yang sekarat di rumah sakit yang terdapat salib di dalamnya akan dikirim ke neraka karena salib mengandung jin kafir.

Dalam beberapa video ceramahnya yang lain, Somad mengajak pengikutnya untuk jangan berbelanja di tempat orang kafir meskipun pelayanannya lebih baik, melainkan belanjalah di tempat-tempat orang muslim meskipun pelayanan dan barang yang dijual dalam kualitas buruk, dengan tujuan demi memajukan ekonomi umat islam.

Pada tanggal 16 Mei 2022, Somad yang berniat ingin berlibur ke Singapura ditolak oleh keimigrasian Singapura. Somad memberikan respons di dalam sebuah video, meminta agar pihak Singapura memberikan penjelasan atas deportasinya meskipun berkas-berkasnya lengkap.

Pemerintah Singapura pun memberikan pernyataan bahwa ditolaknya masuknya Somad adalah dikarenakan Somad diketahui menyebarkan paham-paham ekstremisme dan pecah belah.

Baca Juga :  Biodata Wulan Guritno

Dengan memberikan contoh tentang ceramah Somad yang membenarkan aksi bom bunuh diri, tudingan Somad bahwa di dalam salib Kristen terdapat jin kafir, serta perkataan Somad yang menyebut orang-orang non-Muslim adalah kafir.

Tidak lama berselang para pendukung Somad pun melakukan spamming di akun media sosial pejabat-pejabat Singapura. Mereka juga mengancam akan menggeruduk Kedubes Singapura, serta mengusir Dubes Singapura untuk Indonesia.

Pada tanggal 20 Mei 2022, para pendukung Somad yang sudah berkumpul di depan gedung Kedubes Singapura terpaksa bubar, setelah mobil sound yang akan digunakan untuk orasi rusak akibat hujan lebat.

Ustaz Abdul Somad menikah dengan Mellya Juniarti pada tahun 2012. Dari pernikahan ini keduanya dikaruniai seorang putra bernama Mizyan Hadziq Abdillah. Pasangan ini bercerai pada tahun 2019.

Pada tahun 2021, Ustaz Abdul Somad menikah lagi dengan Fatimah Az Zahra Salim Barabud dan dikaruniai seorang putra bernama Samy Ahmad Mesbahy ‘Ibadillah.

Demikian tadi biodata Ustad Abdul Somad. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat.

sumber : wikipedia.org