Cara Mengoperasikan Keyboard Dan Mouse
Cara Mengoperasikan Keyboard Dan Mouse

Cara Mengoperasikan Keyboard Dan Mouse

masbejo.com – Cara Mengoperasikan Keyboard Dan Mouse. Keyboard dan mouse merupakan perangkat yang penting dalam membuat sebuah dokumen. Keyboard akan lebih banyak digunakan saat mengetik, sedangkan mouse lebih banyak dipergunakan sebagai alat untuk menjalankan perintah. Namun demikian, keyboard kadang-kadang digunakan untuk menjalankan perintah shortcut jika diperlukan.

Fungsi Tombol pada Keyboard

Keyboard merupakan papan ketik yang terdiri atas sederetan tombol yang digunakan untuk mengetikkan naskah pada pembuatan dokumen. Perhatikan gambar keyboard berikut.

keyboard

Tombol-tombol keyboard terdiri atas: tombol alfabet ( A – Z, dan a – z), tombol numerik (angka 0 – 9), tombol karakter khusus (` ~ ! @ # $% ^ & * ( ) _ +|< > ?), serta tombol fungsi lainya seperti tombol F1 sampai F12 , tombol scroll lock, dan masih banyak tombol lainnya. Jumlah keseluruhan tombol keybord dapat mencapai 104 tombol. Dengan demikian, jumlah tombolnya jauh lebih lengkap dibandingkan mesin ketik yang hanya terdiri atas 52 tombol.

Beberapa tombol penting pada keyboard beserta fungsinya adalah sebagai berikut.

fungsi tombol keyboard

Mengoperasikan Mouse

Keyboardd pada komputer masa sekarang selalu dilengkapi mouse.Fungsi mouse tersebut pada prinsipnya adalah sebagai penunjuk (pointer), untuk menentukan pilihan (option), dan menjalankan perintah dengan cara mengklik perintah tertentu.

Berikut adalah bagian-bagian dari sebuah mouse yang umum digunakan:

mouse
  • Tombol kiri (left button), untuk memilih atau menjalankan perintah.
  • Tombol kanan (right button), untuk mengaktifkan menu pop-up.
  • Tombol gulung (scrolling button), untuk penggulung layar.

Pointer mouse di layar monitor dapat tampil dalam berbagai bentuk, sesuai proses yang sedang berlangsung. Contoh tampilan pointer mouse di layar editor Microsoft Word adalah sebagai berikut.

fungsi mouse

Pada saat sedang mengetik pada layar akan muncul kursor berupa garis vertikal yang berkedip-kedip. Fungsi kursor tersebut adalal sebagai penunjuk dimana kita dapat mulai mengetik. Kursor dapat dipindahkan dengan mengarahkan pointer text select () mouse kemudian mengklik pada tempat yang dikehendaki.

Baca Juga :  Perangkat Keras Komputer (Perangkat Masukan/Input Device)

Selain menjalankan fungsi di atas, mouse dapat menjalankan banyak fungsi yang lain dengan cara klik kiri, klik kanan, atau doble clik kanan, serta drag dan drop. Adapun fungsinya adalah sebagai berikut.

  • Klik tombol kiri atau kanan, digunakan untuk memilih atau mengaktifkan menu.
  • Double klick, digunakan untuk menjalankan program
  • Drag and drop, yakni tombol mouse diklik kiri sambil ditahan beberapa saat lalu menggeser mouse dan dilepaskan. Ini misalnya digunakan untuk memindahkan atau mengubah ukuran obyek.

Kamu bisa mengkombinasikan tombol-tombol yang ada di keyboard untuk mempermudah pekerjaan mu. Misalnya untuk perintah “copy” kamu hanya perlu menekan tombol Ctrl+C, untuk perintah “paste” tekan tombol Ctrl+V, untuk tulisan “bold” tekan tombol Ctrl+B, dan masih banyak lagi variasi tombol yang dapat memudahkan mu dalam mengetik dokumen.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.