Fungsi Pada Microsoft Excel yang Perlu Kamu Ketahui

Fungsi Pada Microsoft Excel yang Perlu Kamu Ketahui

masbejo.com – Fungsi Pada Microsoft Excel yang Perlu Kamu Ketahui. Ada berbagai macam fungsi yang dapat kamu gunakan dalam pengolahan angka pada Microsoft Excel. Sebelum membhas fungsi-funginya mari kita mengenal terlebih dahulu istilah yang sering digunakan daam menjalankan program Microsoft Excel. Berikut beberapa istilah yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu:

Cell

Cel merupakan bagian terkecil dari worksheet. Cell dapat diisi dengan maksimal 255 karakter. Isi sel dapat berupa value, formula, bahkan teks. Contoh: C8

cell

Range

Range mmerupakan sekelompok cell yang mendapatkan aksi sesuai perintah yang dijalankan. Pemberian alamat address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh: B5:E10. Cell yang diseleksi adalah range B5:E10

range

Name Box

Name box menunjukkkan cell/range yang aktif pada saat itu. Kit dapat membuat nama cell/range melalui kotak nama di sebelah kiri formula bar. Contoh: perhatikan gambar dibawah ini, cell dengan alamat B4 diganti dengan nama “home”.

name box

Contoh lainnya: perhatikan gambar dibawah ini, cell dengan alamat C4:F8 diganti dengan nama “lainnya”.

name box

Setelah kamu mengenal beberapa istilh yang sering digunakan dalam Microsoft Excel, kemudian mari kita mempelajari fungsi-fungsi yang dapat kamu gunakan dalam pengolahan angka

Fungsi dalam Excel

  1. Fungsi SUM (Jumlah Total)

Fungsi SUM digunakan untuk mencari jumlah isi data dari range yang kamu pilih. Format penulisan dari Fungsi SUM yaitu =SUM(A2:B2:C3:…)

Huruf dan angka yang berada didalam kurung merupakan alamat cell dari data yang akan dijumlahkan. Contoh: =SUM(B4:E5)

sum

2. Fungsi AVERAGE (Rata-Rata)

Fungsi AVERAGE digunakan untuk mencari rata-rata dari range yang kamu pilih. Format penulisan dari Fungsi AVERAGE yaitu =AVERAGE(A2:B2:C3:…)

Baca Juga :  Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Bekerja Menggunakan Komputer

Huruf dan angka yang berada didalam kurung merupakan alamat cell dari data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Contoh: =AVERAGE(B4:E5)

average

3. Fungsi MAX (Maksimal)

Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari range yang kamu pilih. Format penulisan dari Fungsi MAX yaitu =MAX(A2:B2:C3:…)

Huruf dan angka yang berada didalam kurung merupakan alamat cell dari data yang akan dicari nilai maksimalnya. Contoh: =MAX(B4:E5)

max

4. Fungsi MIN (Minimal)

Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai terendah dari range yang kamu pilih. Format penulisan dari Fungsi MIN yaitu =MIN(A2:B2:C3:…)

Huruf dan angka yang berada didalam kurung merupakan alamat cell dari data yang akan dicari nilai minimalnya. Contoh: =MIN(B4:E5)

Nah, itulah beberapa fungsi yang biasa digunakan dalam program Microsoft Excel. Dengan menggunakan fungsi-fungsi yang ada kamu akan lebih mudah untuk mengolahnya, apalagi jika data yang kamu olah jumlahnya sangat banyak.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *