Hari Raya Idul Fitri 2022 jatuh pada tanggal

Hari Raya Idul Fitri 2022 Jatuh pada Tanggal

Tahun 2022 merupakan perayaan lebaran yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu karena adanya wabah Covid sehingga semua orang harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Meskipun begitu, tidak melunturkan semangat untuk menyambut kemenangan, lalu Hari Raya Idul Fitri 2022 jatuh pada tanggal berapa? 

Hari Raya Idul Fitri 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? 

Dalam pembahasan ini akan dipaparkan cara memutuskan ketetapan hari raya 2022 dalam 3 versi. Diantaranya Muhammadiyah, kalender, dan versi pemerintah. Mengingat antara ketiganya tidak selalu sama penetapannya. Lalu, kapan Hari Raya Idul Fitri 2022 dan apakah ditetapkan pada tanggal yang sama? Berikut penjelasannya. 

  • Versi Muhammadiyah

Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 2022 sekitar pada tanggal 2 Mei 2022, tepatnya di hari Selasa. Hal ini nanti akan dituangkan dalam maklumat yang berisi penetapan hasil hisab pada awal Ramadan, Syawal dan juga Dzulhijjah tahun 1441 Hijriah. 

Muhammadiyah membuat ketetapan berdasarkan hasil dari Hakiki Wujudul Hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan juga Tajdid PP Muhammadiyah. Dalam hasil Hisab menunjukkan bahwa Ijtimak menjelang Syawal 1443 Hijriah. 

Baca Juga: Tips Mengucapkan Selamat Idul Fitri

  •  Versi Kalender

Pada kalender 2020, hari raya ditetapkan pada tanggal 2 dan 3 Mei tahun 2022. Selain itu, juga sudah didahului dengan cuti bersama mulai hari jumat tanggal 4 sampai 6 Mei 2022.

  • Versi Pemerintah

Jika dalam versi pemerintah, maka ketetapan hari raya berdasarkan sidang isbat pada tahun tersebut. Dalam sidang tersebut, nantinya pemerintah akan menerima berbagai pertimbangan dari ormas-ormas.

Selain itu, juga memakai masukan dari tim Falakiyah Kemenag. Ketetapan tersebut juga berdasarkan pemaparan dari Tim Falakiyah Kemenag. 

Baca Juga :  Biodata Dewi Perssik

Berikutnya, terkonfirmasi oleh pernyataan para ruqyah yang Kemenag turunkan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 80 titik. Dengan begitu, sidang isbat membuat kesepakatan untuk mengistikmalkan atau menyempurnakan bulan Ramadan. 

Dari ketiga versi tersebut, diketahui bahwa Hari Raya Idul Fitri 2022 jatuh pada tanggal yang sama. Jadi, semua umat Islam di seluruh wilayah Indonesia merayakannya secara serentak.