Pada ketetapan Idul Fitri 2022 Jatuh Pada tanggal berapa terdapat perbedaan antara Muhammadiyah dan pemerintah

Idul Fitri 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa?

Pada ketetapan Idul Fitri 2022 Jatuh Pada tanggal berapa terdapat perbedaan antara Muhammadiyah dan pemerintah. Namun keduanya, tentu memiliki dasar masing-masing sebagai rujukan dari ketetapan tersebut. Jika ingin tahu lebih lanjut, silakan simak pembahasan berikut. 

Idul Fitri 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? 

Dalam pembahasan kali ini tidak hanya akan menjelaskan mengenai ketetapan dari Muhammadiyah dan pemerintah. Akan tetapi, juga memaparkan hasil perhitungan dari organisasi Persis. Berikut penjelasan lengkapnya. 

  • Versi l

PP Muhammadiyah menetapkan tanggal Idul Fitri tahun 2022 jatuh pada bulan Mei sekitar tanggal 2. Hal ini berdasarkan perolehan perhitungan oleh para ahli Muhammadiyah. Dalam hasil tersebut  menyatakan bahwa ijtima menjelang Syawal terjadi pada hari Selasa. 

Kemudian, setelah Ijtimak tersebut disusul dengan bulan, jadi hal itu telah menandakan adanya pergantian bulan. Arti dari Ijtima sendiri ialah sejajarnya posisi antara bulan, matahari, dan bumi. Jadi, jika matahari terbenam dulu, kemudian diikuti dengan terbenamnya bulan, maka hari itu menandakan datangnya awal bulan. 

Baca Juga: Cara Mengucapkan Hari Raya Idul Fitri

  • Persis

Persis adalah singkatan dari Persatuan Islam yang merupakan sebuah organisasi Indonesia. Organisasi ini berdiri pada tanggal 12 September 1923. Daerah asalnya berada di Bandung ditujukan untuk yang berminat pada aktivitas dan keagamaan. 

Organisasi ini dipimpin oleh haji Zamzam dan juga Haji Muhammad Yunus. Pada ketetapannya, Persis menyatakan bahwa Hari Raya Idul Fitri 2022  jatuh pada bulan Mei juga.

  • Menurut Pemerintah?

Ketetapan hari raya oleh pemerintah didasarkan dari keputusan sidang isbat. Dalam sidang isbat tersebut juga mempertimbangkan berbagai perhitungan dari ahli rukyat. Pemerintah belum menetapkan Idul Fitri tahun 2022 pada 2 atau 3 Mei 2022 

Baca Juga :  9 Perkataan Balasan Idul Fitri 2022 

Hasilnya nanti akan dibacakan oleh Menteri Agama Republik Indonesia di depan anggota sidang isbat. Sedangkan, sidang isbat  itu sendiri dilaksanakan pada hari Senin, 1 Mei 2022. 

Meskipun nantinya terdapat perbedaan ketetapan Idul Fitri 2022 antara Muhammadiyah dan pemerintah. Akan tetapi tetap disarankan untuk saling menghargai. Hal itu karena mereka memiliki perhitungan sendiri. Mari sambut hari raya dengan bahagia.