Iklan elektronik adalah

Iklan Elektronik Adalah

Masbejo.com – Iklan Elektronik Adalah ? banyak pertanyaan seputar iklan elektronik. Sebetulnya secara garis besar sudah pernah kita bahas dalam Artikel sebelumnya tentang Macam – macam iklan berdasar media, disitu kita sudah terangkan tentang Iklan media Elektronik.

Dan untuk lebih lengkap lagi kita akan share penjelasan terkait pengertian Iklan Elektronik, unsur dan contoh media yang digunakan.

Iklan Elektronik Adalah ?

Secara arti Iklan elektronik adalah  iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik dalam penyebaranya.

Baik iklan untuk barang, jasa maupun lainya kepada audience atau konsumen.

Contoh Media Iklan Elektronik

Secara spesifik, iklan elektronik dapat berupa:

Iklan Radio

Iklan radio memiliki karakteristik hanya dapat didengarkan melalui audio (suara) saja. Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan sound effect (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam.

Iklan Televisi

Iklan televisi memiliki karakteristik mengandung suara, gambar, dan gerak. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan sangat menarik perhatian dan impresif.

Iklan Media Digital Interaktif (Internet)

Iklan Media Digital Interaktif (internet) adalah iklan yang memanfaatkan media internet untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Iklan ini disampaikan dalam bentuk website, blog, maupun youtube. Iklan ini dapat berupa video maupun banner animasi

Iklan eletronik memiliki 5 unsur diantaranya

Unsur – Unsur Iklan Elektronik

Dalam menyajikan iklan elektronik harus memperhatikan beberapa unsur iklan agar menarik perhatian masyarakat seperti berikut. Berikut secara umum dijelaskan mengenai unsur iklan agar menarik.

Perhatian (Attention)

Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.

Baca Juga :  Contoh Iklan Makanan

Minat (Interest)

Setelah mendapat perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

Keinginan (Desire)

Iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.

Rasa Percaya (Conviction)

Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.

Tindakan (Action)

Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.