contoh-iklan-media-cetak

Iklan

Table of Contents

Masbejo.com – Iklan Media Cetak. Berikut ini akan masbejo share tentang iklan, contoh iklan, pengertian iklan, tentang iklan baris, iklan media cetak dan contoh iklan media cetak.

Sejarah Periklanan

Dikutip dari wikipedia.org berikut sekilas sejarah periklanan yang sampai sekarang terus berkembang.

Sejarah Periklanan Pada 4000sm

Mesir menggunakan papirus untuk membuat pesan penjualan dan poster-poster. Pesan Komersial dan menampilkan kampanye politik telah ditemukan di reruntuhan Pompeii dan kuno Saudi . Hilang dan menemukan iklan di papirus yang umum di Yunani Kuno dan Romawi Kuno .Lukisan dinding atau batu untuk iklan komersial merupakan manifestasi lain dari bentuk iklan kuno, yang hadir untuk hari ini di banyak bagian Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.Tradisi lukisan dinding dapat ditelusuri kembali ke India seni batuan lukisan yang tanggal kembali ke 4000 SM. Sejarah memberitahu kita bahwa Out-rumah iklan- dan billboard merupakan bentuk tertua iklan.

Sebagai kota dan kota-kota Abad Pertengahan mulai tumbuh, dan masyarakat umum tidak dapat membaca, tanda-tanda bahwa hari ini akan berkata tukang sepatu, miller, penjahit atau pandai besi akan menggunakan gambar yang berhubungan dengan perdagangan mereka seperti boot, jas, topi, jam, berlian, sepatu kuda, lilin atau bahkan tas tepung.Buah-buahan dan sayuran yang dijual di alun-alun kota dari belakang gerobak dan wagon dan pemilik mereka digunakan penelepon jalanan ( criers kota ) untuk mengumumkan keberadaan mereka untuk kenyamanan pelanggan.

Sejarah Periklanan pada Abad ke 17

Pendidikan menjadi kebutuhan yang sangat penting terutama dalam membaca, serta pencetakan, lalu iklan semakin dikembangkan dan diperluas untuk mencakup selebaran.Pada abad ke-17 iklan mulai muncul di koran mingguan di Inggris. Iklan cetak awal ini digunakan terutama untuk mempromosikan buku dan surat kabar, yang menjadi semakin terjangkau dengan kemajuan di percetakan, dan obat-obatan, yang semakin dicari sebagai penyakit rusak Eropa Namun, karena adnya iklan palsu dan apa yang disebut dukun, iklan menjadi masalah, yang diantar dalam regulasi konten iklan.

Sebagai perekonomian diperluas selama abad 19, periklanan tumbuh bersama.Di Amerika Serikat, keberhasilan ini format iklan akhirnya mengarah pada pertumbuhan periklanan mail-order.

Sejarah Iklan Abad 18

Koran Prancis La Presse adalah yang membuat program iklan yang dibayar di perhalaman-halamannya, yang memungkinkan untuk menurunkan harga, memperluas pembaca dan meningkatkan perusahaan profitabilitas dan formula itu segera ditiru oleh semua judul. Sekitar tahun 1840, Volney B. Palmer membentuk akar biro iklan modern di Philadelphia. Pada tahun 1842 jumlah besar Palmer membeli ruang di berbagai surat kabar pada tarif diskon kemudian dijual kembali ruang di tingkat yang lebih tinggi kepada pengiklanIklan]] aktual-salinan, tata letak, dan karya seni-adalah terhenti disiapkan oleh perusahaan yang ingin beriklan, yang berlaku, Palmer adalah seorang broker ruang.Keadaan berubah di akhir abad 19 ketika badan iklan NW Ayer & Son didirikan. Ayer dan Anak ditawarkan untuk merencanakan, membuat, dan melaksanakan kampanye iklan lengkap untuk pelanggannya. Pada tahun 1900 biro iklan telah menjadi titik fokus perencanaan kreatif, dan iklan kokoh sebagai sebuah profesi. Sekitar waktu yang sama, di Prancis, Charles-Louis Havas memperpanjang jasa kantor berita itu, untuk memasukkan iklan broker, sehingga kelompok Prancis pertama yang mengatur. Pada awalnya, lembaga yang broker untuk ruang iklan di koran. NW Ayer & Son adalah lembaga layanan penuh pertama yang bertanggung jawab atas isi iklan. 1895 iklan untuk sebuah produk berat badan.

Pada pergantian abad ini, ada beberapa pilihan karier bagi perempuan dalam bisnis, tetapi, iklan adalah salah satu dari sedikit. Karena perempuan bertanggung jawab untuk sebagian besar pembelian kebutuhan rumah tangga mereka masing – masing, pengiklan dan lembaga yang diakui nilai’s wawasan perempuan

iklan terus semakin berkembang, terutama dari segi kreativitas .Bahkan, periklanan Amerika pertama yang menggunakan menjual seksual diciptakan oleh seorang wanita – untuk produk sabun. Meskipun jinak oleh standar-standar hari ini, iklan ini menampilkan pasangan dengan pesan “Kulit kamu mencintai menyentuh”.

Sejarah Iklan di Awal 1920-an

Pada awal 1920-an, stasiun radio pertama didirikan oleh produsen peralatan radio dan pengecer yang menawarkan program dalam rangka untuk menjual radio lebih kepada konsumen. Seiring waktu berlalu, banyak organisasi nirlaba mengikuti dalam mendirikan stasiun radio mereka sendiri, dan termasuk:, klub dan kemasyarakatan. Kelompok sekolah Ketika praktik mensponsori program dipopulerkan, masing-masing program radio individu biasanya disponsori oleh pembisnis tunggal dalam pertukaran untuk menyebutkan nama singkat bisnis mereka di bagian awal dan akhir yang menunjukkan disponsori olehnya.Namun, pemilik stasiun radio segera menyadari bahwa mereka bisa mendapatkan lebih banyak uang dengan menjual hak sponsor dalam alokasi waktu kecil untuk beberapa bisnis di seluruh siaran stasiun radio mereka, daripada menjual hak sponsor untuk bisnis tunggal per show.

Praktik ini dilakukan ke televisi di akhir 1940-an dan awal 1950-an. Sebuah pertempuran sengit terjadi antara mereka yang mencari untuk mengkomersilkan radio dan orang-orang yang berpendapat bahwa spektrum radio harus dianggap sebagai bagian dari commons – untuk digunakan hanya non-komersial dan untuk kebaikan masyarakat.Kerajaan Serikat mengejar model pendanaan publik untuk BBC, awalnya sebuah perusahaan swasta, British Broadcasting Company, tetapi dimasukkan sebagai badan publik oleh Royal Charter pada tahun 1927. Di Kanada, para pendukung seperti Graham Spry yang juga dapat membujuk pemerintah federal untuk mengadopsi model pendanaan publik, menciptakan Canadian Broadcasting Corporation. Namun, di Amerika Serikat, model kapitalis menang dengan petikan dari Undang-Undang Komunikasi tahun 1934 yang menciptakan Komisi Komunikasi Federal . Namun, Kongres AS memang membutuhkan lembaga penyiaran komersial untuk beroperasi pada kepentingan umum kenyamanan, dan kebutuhan . penyiaran Publik sekarang ada di Amerika Serikat karena tahun 1967 Undang-Undang Penyiaran Publik yang mengarah pada Public Broadcasting Service dan National Public Radio

Sejarah Iklan Pada Awal 1950

Pada awal tahun 1950, DuMont Television Network mulai meluncurkan program modern yang menjual iklan dalam hitungan waktu kepada beberapa sponsor. Sebelumnya, DuMont telah kesulitan mencari sponsor bagi banyak tentang program dan dikompensasi dengan menjual blok kecil waktu iklan untuk beberapa bisnis. Hal ini akhirnya menjadi standar untuk industri televisi komersial di Amerika Serikat.Namun, itu masih praktik umum untuk memiliki menunjukkan sponsor tunggal, seperti Amerika Serikat Steel Jam. Dalam beberapa kasus sponsor dilaksanakan kontrol yang besar atas isi dari pertunjukan-sampai dengan dan termasuk memiliki agency periklanan seseorang benar-benar menulis pertunjukan.

Baca Juga :  Contoh Iklan Produk Simple

Akhir 1980-an dan awal 1990-an melihat pengenalan televisi kabel dan khususnya MTV . Merintis konsep video musik, MTV diantar dalam jenis baru iklan: tunes konsumen dalam untuk pesan iklan, daripada ia menjadi oleh-produk atau ketinggalan zaman. Sebagai kabel dan televisi satelit menjadi semakin umum, saluran khusus muncul, termasuk saluran seluruhnya dikhususkan untuk iklan, seperti QVC, Home Shopping Network, dan ShopTV Kanada.

Pemasaran melalui internet membuka batas baru bagi pengiklan dan memberikan kontribusi kepada ” dot-com boom “tahun 1990-an. Seluruh perusahaan semata-mata dioperasikan pada pendapatan iklan, yang menawarkan segala sesuatu dari kupon untuk mengakses internet gratis. Pada pergantian abad ke-21, sejumlah situs termasuk mesin pencari Google, memulai perubahan dalam iklan online dengan menekankan kontekstual yang relevan, iklan tidak mengganggu dimaksudkan untuk membantu, daripada membanjiri, pengguna. Hal ini mengakibatkan sejumlah besar upaya sejenis dan kecenderungan peningkatan iklan interaktif .

Bagian dari belanja iklan relatif terhadap PDB telah berubah sedikit di seluruh perubahan besar dalam media . Sebagai contoh, di Amerika Serikat pada 1925, media iklan utamanya adalah koran, majalah, tanda-tanda pada trem, dan outdoor poster . Pada tahun 1998, televisi dan radio sudah menjadi media periklanan besar. Meskipun demikian, belanja iklan sebagai bagian dari PDB sedikit lebih rendah sekitar 2,4 persen.

Sebuah inovasi iklan terbaru adalah ” gerilya marketing “, yang melibatkan pendekatan yang tidak biasa seperti menggelar pertemuan di tempat umum, hadiah produk seperti mobil yang ditutupi dengan pesan merek, dan iklan interaktif dimana penonton dapat merespon menjadi bagian dari pesan iklan . periklanan gerilya meningkat menjadi lebih populer dengan banyak perusahaan. Jenis iklan ini tidak terduga dan inovatif, yang menyebabkan konsumen untuk membeli produk atau ide. Hal ini mencerminkan kecenderungan meningkatnya interaktif dan “tertanam” iklan, seperti melalui penempatan produk, memiliki suara konsumen melalui pesan teks dan berbagai inovasi memanfaatkan layanan jaringan sosial seperti Facebook .

Pengertian Iklan

Apakah yang dimaksud dengan iklan?

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui
televisi dan radio.

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.
Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik.

Unsur – Unsur Iklan

Iklan memiliki unsur-unsur berikut :

  1. Nama produk.
  2. Gambar yang menarik.
  3. Kalimat iklan.
  4. Keunggulan produk.
  5. Harga produk.
  6. Nomor telepon.
  7. Alamat pengiklan.

Macam – Macam Iklan

Macam – macam iklan dibedakan berdasarkan isi, media , dan tujuanya. Berikut penjelasan terkait macam – macam iklan :

Macam-Macam Iklan Berdasarkan Isinya

Macam-macam iklan berdasarkan isinya terdiri dari tiga jenis, yakni iklan pemberitahuan, iklan penawaran, dan iklan layanan masyarakat.

Iklan penawaran (niaga)

Iklan yang biasa kita jumpai adalah iklan penawaran atau iklan niaga. Iklan penawaran atau niaga merupakan jenis iklan yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai agar dibeli oleh target konsumennya. Contoh iklan penawaran:

  • Iklan barang: sepatu, tas, makanan, barang elektronik, kosmetik, dan lain-lain
  • Iklan jasa: jasa pengobatan, jasa kurir, jasa ojek online, dan lain sebagainya

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan ini biasanya berasal dari instansi atau lembaga. Jenis iklan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pencerahan mengenai sesuatu hal supaya meningkatkan kesadaran masyarakat pada isu-isu tertentu. Contohnya:

  • Iklan pemilu
  • Iklan keluarga berencana
  • Iklan untuk hidup sehat

Iklan pengumuman

Jenis-jenis iklan berdasarkan isi selanjutnya adalah iklan pengumuman. Iklan ini bertujuan untuk menarik masyarakat tertentu saja. Isinya tentang pemberitahuan sesuatu, seperti event, iklan berita duka cita, dan lain-lain.

Macam-Macam Iklan Berdasarkan Medianya

Macam-macam iklan berdasarkan medianya terdiri dari empat jenis, yakni iklan cetak, iklan elektronik, iklan internet, dan iklan luar ruangan.

Iklan Media Cetak

Iklan Media cetak adalah iklan yang dibuat dan pasang dengan cara dicetak. Biasanya iklan jenis tersebut sering ditemui di koran, selembaran, buletin, majalah, koran, baliho, poster, stiker, dan lain sebagainya.

Dalam iklan cetak terdapat ketentuan dalam membuatnya, berdasarkan di mana iklan tersebut akan dipasang. Ketentuannya ialah:

  • Iklan cetak tidak memiliki lebih dari empat baris atau tidak sampai lebih dari kolom iklan.
  • Untuk iklan cetak dalam kolom ukurannya lebih tinggi dari pada iklan baris.
  • Iklan cetak display biasanya memiliki ukuran yang luas.
contoh iklan media cetak

Gambar di atas merupakan iklan media cetak yang menawarkan produk mesin cuci dengan merk “Resik”. Iklan tersebut berisi penjelasan tentang produk dan kelebihan mesin cuci tersebut. Penjelasan tersebut meliputi kapasitas, program, dan bahan tabung dalam mesin cuci. Iklan tersebut mengajak konsumen untuk membeli mesin cuci bermerk “Resik”.

Dalam iklan mesin cuci di atas ada kata kapasitas dan program, apa arti dari dua kata tersebut?

Dalam iklan mesin cuci di atas ada kata kapasitas dan program. Apa arti dari dua kata tersebut?

Arti kata kapasitas adalah daya tampung atau ruang yang tersedia.

Arti kata program adalah perintah yang akan dijalankan.

Iklan cetak “Resik” berisi penjelasan tentang produk dan kelebihan mesin cuci tersebut. Penjelasan tersebut meliputi kapasitas, program, dan bahan tabung dalam mesin cuci.

Meisin cuci “Resik” memiliki kapasitas 10 kg. Ini berarti, mesin cuci tersebut memiliki daya tampung 10 kg. Sedangkan program adalah perintah-perintah untuk melakukan sesuatu. Contoh, perintah memutar atau membuang air.

Adakah kata asing bagi kamu dalam tulisan iklan di atas? Coba tuliskan kata yang kamu anggap asing.

  • Bed cover.
  • Stainless steel.

Untuk kata “resik” tidak dianggap asing oleh masyarakat Jawa. Jadi, kata “resik” dapat digolongkan kata asing jika kalian berada di luar Pulau Jawa.

Untuk kata “bed cover” dan “stainless steel” termasuk ke dalam kata asing karena ditulis dengan bahasa Inggris dan membutuhkan kamus untuk mengartikannya.

Contoh Iklan Dari Media Cetak

Berikut adalah contoh iklan dimedia cetak, yang bisa sobat potong untuk tugas di sekolah

Contoh Iklan Dari Media Cetak, Carilah contoh iklan dari media cetak. Gunting iklan tersebut, lalu ceritakan 
isinya di depan teman-temanmu. 
Tempelkan iklan yang kamu peroleh dalam kolom berikut.

Ciri – Ciri Bahasa Iklan Pada Iklan Media Cetak

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut:

  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
  3. Menggunakan kata konotasi positif.
  4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Contoh Iklan Media Cetak ( Toko Mas Subur )

Contoh Iklan Media Cetak ( Toko Mas Subur )

Iklan pada gambar di atas menawarkan jual-beli emas di Toko Subur. Tahukah kamu, emas ada yang termasuk zat tunggal dan ada yang termasuk zat campuran. Emas murni yang memiliki kadar 24 karat temasuk zat tunggal. Sedangkan emas yang sudah dicampur dengan logam tembaga memiliki kadar 22 karat, 20 karat, atau 18 karat. Emas seperti itu termasuk dalam benda zat campuran. Selain itu, ada emas berwarna putih yang dinamakan emas putih. Emas putih juga merupakan benda zat campuran. Emas putih merupakan campuran antara emas, tembaga, dan perak. Campuran tersebut merupakan campuran homogen.

Apa saja unsur-unsur yang ada pada iklan Toko Mas Subur?

Unsur – Unsur iklan ” Toko Mas Subur ” yaitu :

  • Adanya Nama Produk
  • Gambar Produk
  • Kalimat Iklan
  • Alamat pengiklan
  • Nomor Telepon Pengiklan
Apakah menurutmu unsur-unsur pada iklan Toko Mas Subur lengkap?

Iklan ” toko Mas Subur ” belum lengkap karena

  • Belum ada harga barang yang ditawarkan
  • belum ada informasi tentang keunggulan produk yang ditawarkan

Iklan Media elektronik

Jenis-jenis iklan selanjutnya adalah iklan elektronik. Iklan ini menggunakan media elektronik dalam penyampaian dan tampilan iklannya. Iklan elektronik banyak yang sering dijumpai, antara lain:

  • Iklan televisi yang menonjolkan video dan audio sebagai media penyampaian pesan dalam iklannya.
  • Iklan radio lebih berfokus pada intonasi suara.
  • Iklan luar ruang seperti iklan yang berada di bus, taksi, terminal, satsiun yang menggunakan media elektronik.
Baca Juga :  Contoh Iklan Produk Makanan

Unsur – Unsur Iklan Media Elektronik, Agar Menarik

Dalam menyajikan iklan elektronik harus memperhatikan beberapa unsur iklan agar menarik perhatian masyarakat seperti berikut. Berikut secara umum dijelaskan mengenai unsur iklan agar menarik.

  1. Perhatian (Attention)
    Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  2. Minat (Interest)
    Setelah mendapat perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi
    minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu
    secara rinci dalam diri konsumen.
  3. Keinginan (Desire)
    Iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan
    konsumen.
  4. Rasa Percaya (Conviction)
    Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan
    harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di
    antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
  5. Tindakan (Action)
    Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik
    konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Secara spesifik, iklan elektronik dapat berupa:

  1. Iklan Radio
    Iklan radio memiliki karakteristik hanya dapat didengarkan melalui audio (suara) saja. Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan sound effect (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam.
  2. Iklan Televisi
    Iklan televisi memiliki karakteristik mengandung suara, gambar, dan gerak. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan sangat menarik perhatian dan impresif.
  3. Iklan Media Digital Interaktif (Internet)
    Iklan Media Digital Interaktif (internet) adalah iklan yang memanfaatkan media internet untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Iklan ini disampaikan dalam bentuk website, blog, maupun youtube. Iklan ini dapat berupa video maupun banner animasi

Jenis iklan elektronik dilihat dari segi isinya

Iklan di televisi menayangkan gambar partai-partai politik dalam Pemilu 2014. Iklan tersebut, untuk mengenalkan kepada khalayak tentang partai-partai politik peserta Pemilu tahun 2014.

Melalui iklan tersebut masyarakat dapat mengetahui partai-partai politik yang akan mereka pilih sesuai hati nuraninya tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun. Iklan pada gambar termasuk jenis iklan politik.

Iklan ini berisi tentang ajakan kepada khalayak untuk membeli aplikasi pendidikan anak berbahasa Indonesia. Iklan ini ditayangkan melalui internet. Berdasarkan isinya, iklan ini termasuk iklan pendidikan.

Iklan ini ditayangkan melalui televisi. Kamu tentu sering melihat iklan ini. Iklan ini berisi ajakan kepada khalayak menggunakan sampo. Pada gambar iklan di bawah, dengan menggunakan sampo, rambut akan menjadi bersih, kuat, dan lebat. Dilihat dari isinya iklan sampo ini termasuk jenis iklan kecantikan.

Iklan Radio

iklan radio

Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan melalui media radio memiliki karakteristik atau ciri khas.

Iklan di radio hanya dapat didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat berupa voice (suara/kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur
dengan ritme tertentu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).

Paparan Iklan Melalui Radio

Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu dibuat naskah terlebih dahulu. Naskah iklan radio sesuai konsep dari produk yang akan diiklankan. Naskah iklan radio dibuat dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario.

Amati paparan iklan radio melalui naskah berikut.

Iklan Pewangi Ruangan

  • Efek suara : (suara lalat)
  • Anak Perempuan : Mama kamar adik banyak lalat.
  • Mama : Wah, mungkin karena bau tak sedap, dik.
  • Anak Perempuan : Iya, ma tolong hilangkan bau tak sedapnya.
  • Mama : Tenang, mama punya antinya.
  • Efek suara : (Suara semprotan nyamuk)
  • Anak Perempuan : Wah, wangi sekali, Ma.
  • Mama : Jelas dong, kan mama pakai Segar Wangi pewangi
  • ruangan bau tak sedap langsung KO.
  • Musik : Gitar klasik bernuansa ceria UP-IN-DOWN.
  • Narasi : Ya, gunakan Segar Wangi, bau tak sedap langsung
  • hilang.
  • Musik : (down-Out)

Apa isi iklan radio yang dapat kamu amati dari naskah di atas?

Berdasarkan naskah iklan radio, dapat disimpulkan bahwa iklan radio yang akan dipaparkan berisi ajakan untuk menggunakan Segar Wangi, pengharum ruangan yang bisa menghilangkan bau tidak sedap dan mengusir lalat dalam sekejap.

Contoh Iklan Radio

https://www.youtube.com/watch?v=BXHwd2WGxQY

Iklan Televisi

Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak. Iklan televisi memiliki karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar. Oleh karena itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan.

Contoh iklan televisi berikut! Perhatikan iklan dari segi bahasanya.

Segar nyatanya memang menyegarkan” Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, dan jelas.
Bahasa iklan pada iklan minuman di atas juga menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menikmati kesegarannya. Orang yang melihat iklan minuman itu pun akan tersugesti dengan kesegarannya dan segera ingin menikmatinya.

Contoh iklan selanjutnya adalah iklan mi instan. Kamu tentu pernah melihat iklan mi instan. Iklan yang kamu lihat itu terkadang ada lagunya. Bisa jadi yang melihat iklan tersebut ikut menyanyi jika lagunya menarik dan musiknya energik. Khalayak pun tersugesti ingin menikmati sensasi rasa mi instan yang
diiklankan.

Bahasa iklan produk makanan yang sangat menarik akan mampu menggugah selera makan khalayak. Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya jika menikmati mi instan tersebut.

Pengulangan kata hingga berkali-kali pada lagu dalam iklan sering terjadi. Pengulangan kata pada lagu menunjukkan adanya pilihan kata yang digunakan untuk menunjukkan sasaran iklan. Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan informasi yang dipentingkan.

Berdasarkan kedua contoh iklan televisi di atas, dapat dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang mampu menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum. Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.

  1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
  2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
  3. Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.
  4. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran

Identifikasi Produk Yang diiklankan Dan bahasa iklanya

Produk yang telah diiklankan yaitu Mie Sedap Instan.
Ciri-ciri bahasa yang telah terkandung dalam iklan yaitu pada kalimat “Soal rasa, lidah tidak bisa bohong” dan juga “Puas sedapnya” telah mengundang sugesti kepada para pembaca agar dapat menikmati kesedapan dari mie ini.

Produk yang telah diiklankan yaitu Sprite.
Ciri-ciri bahasa yang telah terkandung dalam iklan yaitu pada kalimat “Nyatanya nyegerin” telah dapat mensugesti kepada para pembaca untuk dapat menikmati kesegaran dari minuman tersebut.

Produk yang telah diiklankan yaitu Floridina.
Ciri-ciri bahasa yang telah terkandung dalam iklan yaitu ialah kalimatnya telah mudah untuk dipahami dan juga sangat menggoda bagi para pembaca untuk dapat segera membeli produk minuman tersebut.

Paparan Iklan Melalui Televisi

Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah disetujui oleh pengiklan barulah rancangan iklan itu dibuat di rumah produksi. Berikut contoh paparan iklan melalui televisi.

Berdasarkan gambar iklan melalui televisi di atas kamu dapat mengetahui isi iklan yang akan dipaparkan melalui televisi. Isi iklan tersebut yaitu cara mudah membuat mulut segar. Hanya dengan permen karet “Planet Segar”, mulutmu akan terasa segar, sesegar habis menggosok gigi.

paparan iklan media televisi

Hasil Kreasiku Menggambar Benda yang Ada dalam Iklan Televisi

Beikut adalah contoh Hasil Kreasiku Menggambar Benda yang Ada dalam Iklan Televisi

Hasil Kreasiku Menggambar Benda yang Ada dalam Iklan Televisi

Contoh Iklan Elektronik (Iklan Radio, Iklan Televisi, atau Iklan Internet)

Merek : Rinso

Media : Televisi dan Internet

Waktu : 43 detik

Iklan :

Iklan berisi tentang keunggulan dari sabun cuci dengan merk Rinso, diawali dengan anak yang meminta tolong pada ibunya untuk dicucikan pakaiannya yang kotor untuk digunakan keesokan harinya, namun ternyata cuaca tidak memadai untuk mengeringkan pakaian tersebut dengan cepat, dan akhirnya si-ibu memiliki solusi untuk mencuci dengan sabun cuci merk Rinso ini karena mampu membersihkan noda dengan bersih dan tidak meninggalkan bau apek walaupun dikeringkan dalam keadaan lembap atau hujan

Kesimpulan Isi Iklan

Kesimpulan dari isi iklan adalah, dengan mencuci dengan Rinso cair kita akan mendapatkan hasil yang lebih bersih dan tidak akan berbau apek walaupun menjemur dalam cuaca hujan

Baca Juga :  Jawaban bagaimana pembagian kerja antara laki-laki dan wanita pada masa bercocok tanam

Penjelasan:

Iklan ialah sebuah cara untuk mempromosikan suatu produk, brand atau bahkan jasa layanan kepada masyarakat untuk mendorong ketertarikan mereka dalam penjualan yang dilakukan
Macam-macam media promosi yang paling umum untuk digunakan adalah internet, brosur, poster, banner dan televisi.

Baca Juga : Contoh 7 Jinggle Iklan Jadul Televisi 

Iklan Internet

Iklan internet adalah jenis iklan yang disampaikan melalui media internet. Jenis iklan ini termasuk iklan elektronik, namun karena saat ini sangat masif, maka bisa jadi kategori tersendiri.

Iklan internet bisa ditemui di blog, website, sosial media, mesin pencari, dan sebagainya. Adapun yang termasuk contoh iklan internet, misalnya iklan banner di blog, iklan endorsement sosial media, dan sebagainya.

Iklan internet bentuknya beragam, ada iklan yang hanya dapat didengar, ada pula yang dapat dilihat sekaligus didengar. Iklan internet muncul sesuai perkembangan teknologi informasi. Iklan internet mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi dapat disampaikan secara dramatis dan interaktif.

Iklan berbeda dengan jenis pemasaran lain karena berbayar dan karena pembuat iklan memiliki kontrol penuh atas konten dan pesan.

Kenapa iklan penting?

Iklan adalah metode yang telah terbukti berhasil menjangkau audience. Dengan membuat iklan yang menarik dan mengalokasikan anggaran yang memadai untuk menjangkau banyak pengguna, iklan dapat berdampak langsung bagi bisnis. Dampak yang dihasilkan akan tampak di beberapa metrik seperti meningkatkan penjualan atau pengenalan brand.

Format iklan di Internet

Iklan Banner
Tujuan penggunaan iklan banner adalah untuk menayangkan gambar dan menunggu pengguna melihat, meng-klik dan melakukan konversi – sehingga membuat gambar yang berkualitas dan komponen call to action (CTA) yang penting.

Iklan Interstisial
Iklan interstisial biasanya full-screen. Iklan seperti ini dapat digunakan untuk mencegah ‘banner blindness’, saat pengguna sudah sangat terbiasa melihat iklan banner dan tidak lagi memberikan perhatian. Iklan interstitial juga dapat diperbesar (disebut sebagai expandable ad), yang awalnya berupa iklan banner biasa sebelum diperbesar menjadi full screen.

Native Ad
Iklan native adalah iklan yang didesain agar sesuai dengan lingkungan di mana iklan tersebut ditempatkan. Misalnya, saat Anda melihat keterangan ‘sponsored’ pada video YouTube, ini adalah iklan native pada platform tersebut.

Iklan video
Iklan video, sesuai namanya, adalah iklan dalam format video. Sesuai sifatnya, iklan video adalah metode periklanan yang populer karena sangat menarik dengan rasio klik tayang (CTR) yang tinggi.

Playable Ad
Playable ads memberi pengguna kesempatan untuk mencoba game interaktif sebelum melakukan pembelian. Pengguna dapat melihat cuplikan dari sebuah aplikasi, informasi yang mendorong pengguna untuk melakukan instalasi juga akan diberikan. Karena pengguna dapat menimbang apakah mereka tertarik sebelum membeli aplikasi, playable ads dapat digunakan untuk menurunkan tingkat penghapusan aplikasi.

Iklan Luar Ruangan

Iklan luar ruangan atau out of home merupakan jenis iklan yang medianya mencakup masyarakat yang berada di luar rumah. Jenis iklan termasuk iklan cetak, namun sering dikategorikan sendiri karena segmentasi yang berbeda, dan sering kita temui di jalanan.

Adapun yang termasuk contoh iklan luar ruangan, misalnya iklan spanduk, iklan papan billboard, dan sebagainya.

Tujuan iklan

  1. Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
  2. Memengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
  3. Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk
    jasa yang diiklankan.
  4. Memberi informasi tentang produk jasa.
  5. Menarik khalayak ramai.

Ciri-ciri iklan yang baik dan benar

  1. Informatif
  2. Komunikatif
  3. Bahasanya singkat dan padat
  4. Menarik

Bentuk iklan pun bermacam-macam:

1. Iklan Baris

Iklan baris yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran/informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut juga iklan mini.

Ciri-ciri iklan baris yaitu:

  • Terdiri atas 2 sampai 3 baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi penting saja. Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.
  • Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.
  • Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatansingkatan untuk menghemat tempat.
  • Sebagian iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna.
  • Dilengkapi dengan nomor telepon penjual untuk dihubungi pembeli.
  • Tidak menggunakan ilustrasi grafis.
  • Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak membutuhkan tempat
    yang lebar.

Berikut adalah contoh iklan baris pada koran.

Berikut adalah contoh iklan baris pada koran.

2. Iklan kolom

Iklan kolom adalah iklan yang pemuatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halaman surat kabar.

Ciri-ciri iklan kolom adalah sebagai berikut.

  1. Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata.
  2. Ukurannya lebih besar dari/pada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.
  3. Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Bisa juga berupa iklan pribadi atau keluarga yang berisi misalnya berita pernikahan, berita duka cita, atau ucapan terima kasih.

Berikut adalah contoh iklan kolom pada koran

Iklan Berdasarkan isinya

Berdasarkan isinya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu

Iklan pengumuman atau pemberitahuan

Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita.

Berikut adalah contoh iklan pemberitahuan pada media cetak

contoh iklan duka,

Iklan penawaran (niaga)

Iklan penawaran (niaga) yaitu iklan yang bertujuan menawarkan sesuatu, misalnya iklan barang.

Berikut adalah contoh iklan penawaran (niaga)

Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal. Misalnya, larangan menggunakan narkoba, larangan merokok di tempat umum, dan lain-lain.

Berikut adalah contoh iklan layanan masyarakat

FAQ Iklan

Apa Yang Dimaksud Dengan Iklan ?

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa.

Ciri ciri iklan apa aja?

Adapun ciri-ciri iklan adalah:

  • Menggunakan kata singkat tetapi efektif dan menarik agar konsumen mudah mencerna pesan yang ingin disampaikan.
  • Pemilihan diksi bersifat sugesti atau ajakan karena sesuai fungsi iklan yaitu dapat memengaruhi konsumen.

Apa itu iklan dan Apa Fungsinya?

Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan. Iklan merupakan satu di antara bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya.

Apa yang dimaksud dengan iklan yang baik?

Iklan yang baik merupakan iklan yang mampu menarik perhatian masyarakat. Sehingga diperlukan ide kreatif agar masyarakat mampu melirik iklan tersebut. Setelah mampu mendapatkan perhatian masyarakat, iklan tersebut harus menimbulkan minat untuk mencari tahu tentang produk atau jasa tersebut lebih lanjut.

Bagaimana ciri-ciri teks iklan yang baik?

  • Menggunakan bahasa yang bisa mempangaruhi orang lain untuk membeli atau menggunakan suatu produk.
  • Mengenalkan dan menjelaskan suatu produk barang atau jasa kepada publik. Jangan sampai jenis produk yang ditawarkan kurang jelas.
  • Menggunakan kalimat fakta dan opini.

Kata Kunci Pencarian Iklan:

iklan, contoh iklan, iklan adalah, iklan baris, iklan media cetak, contoh iklan media cetak, iklan kolom, contoh iklan produk, iklan komersial adalah, iklan komersial, contoh iklan penawaran, contoh iklan kolom, iklan niaga, iklan baris adalah, iklan penawaran, contoh iklan pemberitahuan, contoh iklan niaga, iklan produk, contoh media cetak yang digunakan untuk menyampaikan sebuah iklan adalah, iklan niaga adalah, contoh iklan komersial, contoh reklame non komersial,iklan shopee, iklan elektronik, contoh iklan lowongan pekerjaan, iklan pemberitahuan, iklan makanan, iklan kolom adalah, iklan media elektronik, iklan bahasa inggris, iklan elektronik adalah, contoh iklan media elektronik, iklan yang dicetak biasanya diterbitkan di, iklan display, iklan media cetak adalah, jasa iklan google, contoh iklan makanan, contoh iklan dalam bahasa inggris, youtube iklan, iklan tokopedia, pengelola iklan facebook, iklan minuman, iklan lowongan kerja, periklanan, membuat iklan, contoh iklan permintaan, iklan layanan masyarakat adalah iklan yang, contoh iklan minuman, iklan media elektronik adalah, contoh iklan pendidikan, iklan display adalah, contoh iklan display, iklan televisi, menggambar iklan, iklan radio, media iklan, iklan aqua, iklan koran, iklan baris dan iklan kolom biasanya dimuat dalam media, contoh iklan radio, iklan non komersial adalah, iklan shampo, cara membuat iklan yang menarik, iklan sabun, contoh iklan masyarakat,iklan cetak, bahasa yang digunakan dalam iklan bersifat,