mengenal tombol keyboard
mengenal tombol keyboard

Ingin Lancar Mengetik? Pelajari Tombol Keyboardnya Dulu

masbejo.com – Ingin Lancar Mengetik? Pelajari Tombol Keyboardnya Dulu. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa mengetik merupakan pekerjaan yang mudah. Kamu tinggal menekan tombol-tombol pada keyboard sesuai dengan tulisan dan angka yang diinginkan. Namun, mengetik dengan cara yang benar, apalagi terampil bukanlah pekerjaan yang mudah. Kita perlu mempelajarinya secara khusus melalui kursus mengetik atau melalui latihan secara kontinyu.

Pada saat mengetik dengan keyboard ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya posisi jari saat mengetik dan mengenal letak tombol khusus beserta fungsinya.

Posisi Jari Saat Mengetik

Ketika mulai mengetik, terutama bagi operator pemula, yang harus diperhatikan adalah menghapalkan letak huruf. Letak huruf pada keyboard ditempatkan berkelompok dengan susunan yang tidak berurutan. Misalnya, pada tombol paling atas bukan huruf A tetapi Q, setelah Q bukan R tetapi W, dan seterusnya. Berdasarkan posisi tersebut, seorang operator dapat mengatur letak jari-jari tangannya di keyboard pada posisi yang dapat menjangkau tombol-tombol terdekat dengan kesepuluh jarinya. Tujuannya agar proses mengetik menjadi lebih cepat.

Pada teori dasar pengetikan, setiap jari-jari tangan difungsikan untuk menjangkau huruf-huruf tertentu. Misalnya kelingking kiri diletakkan pada huruf A yang dapat berpindah ke huruf di dekatnya yaitu Q dan Z. Kondisi tersebut harus dipertahankan sehingga setiap jari bertugas menjangkau huruf-huruf yang tetap. Perhatikanlah peletakkan jari tangan pada keyboard berikut ini.

posisi jari

Berdasarkan tabel di atas, huruf atau tanda yang ditulis pertama merupakan posisi jari tangan stasioner pada keyboard.

Menggunakan Tombol Khusus Saat Mengetik

Pada saat membuat dokumen dengan mengetik, tidak jauh berbeda dengan saat menulis biasa, yakni harus memperhatikan ejaan. Contoh ejaan tersebut misalnya tanda baca dan pemakaian huruf kapital. Selain ejaan, kadang-kadang kita menyertakan angka-angka dalam kalimat.

  1.  Mengetik Huruf Kapital
Baca Juga :  Mengenal Dark Mode Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Huruf kapilal banyak fungsinya dalam kalimat, misalnya ditulis di awal kalimat, menuliskan nama, serta hal-hal lain. Ada dua cara mengetik huruf kapital, yaitu:

a. Menggunakan tombol Caps Lock

Caranya tekan tombol Caps Lock pada keyboard sehingga lampu indikatornya menyala. Kini semua tombol alfabet jika diketik dapat menghasilkan huruf kapital. Untuk menghentikan fungsi Caps Lock tekan tombol Caps Lock sekali lagi sehingga lampu indikatirnya padam. Maka tombol alfabet akan kembali mengetik huruf normal.

b. Menggunakan tombol Shift

Caranya tekan tombol Shift bersamaan dengan huruf yang ingin dicetak kapital. Misalnya untuk menampilkan huru B, maka tekan Shift b.

2. Mengetik Karakter Khusus

Ada beberapa tombol pada keyboard yang dapat menampilkan karakter khusus, misalnya tombol numerik (angka) dan tombol-tombol tanda baca (tanda , . ? “ “ ! ), dan tanda operasi hitung seperti +, _, =, dan sebagainya.

Tombol karakter pada keyboard berada pada satu tombol dengan karakter numerik. Misanya angka 1 dengan tanda !, 2 dengan @, 3 dengan #. Pada tombol-tombol tersebut angka berada di bawah, sedangkan karakter khusus berada di atasnya. Dalam kondisi biasa tombol tersebut berfungsi sebagai tombol numerik.

Namun dengan menekan tombol Shif, maka tombol numerik menjadi tombol karakter. Contoh jika tombol Shift ditekan dengan angka 1 maka yang muncul karakter ! , Shif + 2 muncul karakter @, Shift + 3 muncul karakter #. Sebagai latihan cobalah ketikkan teks berikut: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 0 – = \ ; ’, . / ! @ # $ % ^ & * ( ) _ + | : “ <> ?

karakter dan numerik

3. Menggunakan Tombol Num Lock

Num Lock adalah tombol yang berfungsi mengontrol tombol-tombol Num Key pada keyboard. Tombol-tombol tersebut berada di blok paling kanan. Pada setiap tombol Num key tertulis angka dan pada beberapa tombol terdapat tanda panah penunjuk arah.

Baca Juga :  POCO M3 Pro 5G Akan Dirilis Tanggal 29 Juni Mendatang Berikut Spesifikasi

Jika tombol Num Lock ditekan atau diaktifkan, maka tombol Num Key berfungsi sebagai tombol numerik. Jika diketik maka yang muncul adalah angka 0123456789. Sebaliknya jika tombol Num Lock tidak diaktifkan, maka tombol Num Key berfungsi sebagai tombol-tombol panah untuk memindahkan kursor ke atas, bawah, kiri dan kanan.

num lock

Kamu harus bisa terbiasa untuk meletakkan dan menggunakan jari sesuai dengan materi diatas ya, agar kamu semakin bisa karena terbiasa. Semangat belajar..

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *