Ini Efek pada Tubuh jika Minum Air Dingin saat Cuaca Panas

Ini Efek pada Tubuh jika Minum Air Dingin saat Cuaca Panas

Ini Efek pada Tubuh jika Minum Air Dingin saat Cuaca Panas – Halo sobat masbejo, Udara panas dan terik masih menerpa kita akhir-akhir ini. Di musim panas seperti ini, bisa sangat menyenangkan untuk minum minuman dingin.

Namun, apakah kita bisa benar-benar diperbolehkan minum air dingin di tengah musim panas seperti sekarang? Menurut dr Diana Sunardi SpGK, ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), mengatakan tidak apa-apa minum air dingin saat cuaca panas di luar.

Namun demikian, jangan meminum air yang benar benar sangat dingin. Minumlah air yang tidak terlalu jauh dari suhu tubuh kita atau minum air dingi yang cukup jangan meminum air yang benar benar sangat dingin atau air yang beku, kata Diana beberapa waktu lalu.

Air dengan suhu dingin cenderung lebih cepat menyegarkan tubuh dari suhu panas. Pada kesempatan lain, wanita yang juga staf dosen di FKUI RSCM ini juga menyatakan bahwa suhu air yang diminum dari tubuhnya akan dinetralisir.

“Kalau airnya panas atau dingin akan dinetralisir oleh lambung,” kata Diana.

Karena itu, ada risiko ketika minum air yang terlalu dingin. “Kalau airnya dingin banget malah bikin kram perut,” kata Diana saat itu.

Sementara itu, bila air yang dimunum hangat, dapat menyebabkan terjadi peningkatan pergerakan pada usus. Kemudian, bila muncul rasa begah hal itu akan hilang. Tak jarang diikuti dengan buang angin.

Apakah air dingin membuat Anda gemuk?

Anda juga tidak perlu panik dengan mitos bahwa minum air dingin membuat gemuk. Jika air dingin yang dikonsumsi adalah air alami, jangan dicampur.

Minum air dingin atau air mineral kemasan tanpa tambahan apapun tidak membuat gemuk karena tidak mengandung kalori. Namun, jika air es dicampur dengan hal lain yang mengandung gula, bisa membuat Anda gemuk.”Air es misalnya, ditambah sirup atau es teh manis. Adanya gula di air es bikin gemuk,” kata Diana.

Baca Juga :  Biodata Nino Kuya

Di sisi lain, Diana memprediksi berat badan seseorang bisa bertambah karena kebiasaan minum es atau air dingin karena efek sebaliknya. Minum air es membuat makanan yang Anda makan lebih enak.”Mungkin karena minum es krim, jadi makan lebih banyak. Yang tadinya soto yang seharusnya makan semangkuk soto berubah menjadi dua mangkok. Itu yang bikin gemuk,” jelasnya.

Penutup

Itulah sedikit ulasan tentang Ini Efek pada Tubuh jika Minum Air Dingin saat Cuaca Panas. pastikan untuk selalu berbagi informasi dengan keluarga, saudara atau teman anda.

Dengan berbagi informasi anda akan memperoleh banyak manfaat karena telah berbagi ilmu dengan orang lain. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga