Inilah Cara Merayakan Hari Idul Fitri dengn Cara Sehat

Inilah Cara Merayakan Hari Idul Fitri dengn Cara Sehat

Inilah Cara Merayakan Hari Idul Fitri dengan Cara Sehat – Halo sobat masbejo, Dengan berakhirnya puasa Ramadhan yang kita lalui, bersamaan dengan datangnya Hari Raya Idul Fitri. Banyak orang menganggap hari raya ini sebagai hari kemenangan meski dengan melakukan berbagai hal dengan bebas.

Salah satu hal yang biasa dilakukan orang di hari raya Idul Fitri adalah makan terlalu banyak. Itu bisa membuat lebih sulit untuk tetap bugar dan sehat.

Padahal, tidak ada salahnya makan manisan dan santan saat merayakan Idul Fitri. Namun, bila Anda melakukannya secara berlebihan, ada efek negatif yang bisa dialami tubuh Anda.

Asupan makanan berlebih, terutama setelah sebulan berpuasa, bisa berdampak pada tubuh. Jika Anda menggunakannya, dapat menyebabkan masalah pencernaan, sakit perut, kembung, penambahan berat badan dan kadar gula darah tinggi.

Kali ini masbejo akan berbagi tips tentang Inilah Cara Merayakan Hari Idul Fitri dengan Cara Sehat.

Inilah Cara Merayakan Hari Idul Fitri dengan Cara Sehat

1. Mindfulness

Setelah membatasi diri dengan berpuasa selama sebulan, Anda mungkin akan makan berlebihan dan ingin membalas dendam. Makan perlahan, fokus pada rasa lidah dan mengunyah makanan perlahan bisa sangat membantu.

2. Batasi Porsi Makan

Membatasi porsi makanan Anda dapat banyak membantu mencegah Anda makan berlebihan. Pastikan Anda tidak menumpuk makanan dalam jumlah besar di piring Anda dan menghindari menambahkannya ke makanan Anda.

Baca Juga :  Link Twibbon Hari Posyandu Nasional 2022

3. Selektif dalam Memilih Makanan Manis

Pastikan Anda tidak sembarangan mengonsumsi makanan manis, pilihlah kurma, kacang-kacangan atau kismis sebelum mengonsumsi jenis manisan lainnya. Makanan ini dapat membantu Anda memuaskan keinginan Anda untuk makanan manis.

4. Meninggalkan Meja setelah Cukup Kenyang

Cara untuk menghindari makan berlebihan adalah dengan bangun dari meja tepat setelah Anda selesai makan dan merasa cukup kenyang. Dengan cara ini Anda tidak akan tergoda untuk makan lebih banyak, terutama makanan manis

5. Pastikan Tetap Mengkonsumsi Sayuran

Makan sayur menjadi hal yang tetap wajib kamu lakukan, bahkan saat Lebaran. Dalam setiap makan yang Anda makan, pastikan Anda menyertakan sayuran.

6. Perhatikan Gula Darah Anda

Perubahan rutinitas dan pola makan dapat menyebabkan masalah gula darah. Memeriksakan gula darah secara rutin penting dilakukan untuk menghindari masalah kesehatan yang mungkin timbul.

7. Aktif  Bergerak

Berjalan aktif dapat mempengaruhi suasana hati tubuh Anda dan membantu menekan nafsu makan Anda. Selain untuk menekan nafsu makan, olahraga ini juga bisa sangat membantu menyehatkan tubuh.

8. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air yang cukup penting untuk mencegah dehidrasi. Minum cukup air juga penting setelah mengonsumsi makanan manis untuk membantu menghilangkan gula dari tubuh.

9. Hindari Makan Berat

Makanan tinggi lemak dan gula dapat menyebabkan masalah pencernaan karena bertahan lebih lama di perut. Setelah Lebaran dan kembali ke pola makan normal, pastikan Anda tidak langsung mengonsumsi makanan berat dan pastikan memilih makanan yang sehat.

Demikianlah ulasan tentang Inilah Cara Merayakan Hari Idul Fitri dengan Cara Sehat. Jangan lupa untuk membagikan artikel berikut agar dapat berbagi informasi dan ilmu.

Baca Juga :  Puasa Idul Fitri 2022 

Nantikan ulasan dari kami selanjutnya, terima kasih dan semoga bermanfaat.