ISP (Internet Service Provider)
ISP (Internet Service Provider)

ISP (Internet Service Provider)

masbejo.com – ISP (Internet Service Provider). Bagaimana caranya untuk kita bisa menggunakan atau mengakses internet?

Internet dapat kita akses dengan menggunakan ISP (Internet Service Provider). Lalu apa sebenarnya ISP (Internet Service Provider) itu? Untuk mengetahui lebih lanjut tetang ISP (Internet Service Provider) dan kriteria memilihnya mari kita pelajari bersama.

Pengertian ISP

ISP

ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan penyedia jasa Internet. Untuk dapat terhubung dengan Internet, kita harus mempunyai akses ke ISP. Segala hal yang diperlukan untuk koneksi ke Internet, seperti berapa kecepatan akses Internet dan berapa biaya koneksinya, akan diatur oleh ISP tersebut.

Ada dua cara untuk mendaftar ke ISP, yaitu dengan cara berlangganan dan tanpa berlangganan. Untuk berlangganan ke ISP tertentu, kita dapat langsung datang ke perusahaan penyedia jasa Internet. Setelah mengisi formulir registrasi, kita akan mendapatkan user name dan password yang nantinya digunakan untuk koneksi ke Internet. Mengenai informasi setting untuk koneksi akan dijelaskan oleh ISP yang bersangkutan melalui buku petunjuk.

Kriteria Memilih ISP

Di Indonesia terdapat banyak ISP dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan. Kebanyakan memang menawarkan kelebihan dalam hal kecepatan akses Internet. Namun, dalam memilih ISP bukan hanya kecepatan saja yang harus dipertimbangkan. Masih banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih ISP. Beberapa kriteria untuk memilih ISP antara lain adalah kecepatan akses, bandwidth, biaya, teknologi yang digunakan, dan masih banyak lagi.

a. Kecepatan Transfer Data

Kecepatan akses atau transfer data dalam Internet memang sangat penting. Informasi-informasi yang ada di Internet memiliki ukuran atau besar file yang berbeda-beda. Misalnya, untuk menyimpan sebuah halaman web yang hanya berisi teks pasti akan lebih cepat prosesnya dibandingkan menyimpan halaman web yang penuh dengan gambar dan animasi. Terlebih lagi, apabila kita ingin mendownload file video yang lumayan besar ukurannya, pastilah kita memerlukan kecepatan transfer data yang cukup cepat juga.

Baca Juga :  Mengenal Audio Processor beserta Fungsinya

Untuk mengetahui kecepatan transfer data, kita dapat melihat dari besar Bandwidth-nya. Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama saat mentransfer data. Bandwidth digunakan sebagai ukuran dari banyaknya informasi yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lain dalam suatu waktu tertentu. Bandwidth dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun aliran data digital. Namun, sekarang kata bandwidth lebih sering dipakai untuk mengukur aliran data digital. Dengan mengetahui bandwidth yang dimiliki oleh suatu ISP, kita akan tahu kemampuan ISP tersebut dalam mentransfer data.

b. Biaya Akses

Ada bermacam-macam cara perhitungan tarif atau biaya akses Internet yang ditawarkan oleh ISP. Ada yang menggunakan sistem tarif tetap per bulan atau per tahun dengan koneksi limited atau unlimited. Selain itu juga ada yang menawarkan tarif per waktu (time based) atau per kilobit data yang ditransfer (volume based).

Untuk memilih jenis perhitungan tarif, memang tergantung dari bagaimana kita memakai Internet. Jika kita sering memakai Internet untuk mendownload, lebih baik kita memakai perhitungan tarif per waktu. Jika kita hanya memakai Internet untuk membaca email, lebih baik kita gunakan tarif per kilobyte. Atau mungkin jika kita ingin menikmati keleluasaan layanan Internet setiap hari, kita dapat memilih tarif tetap per bulan dengan koneksi unlimited.

c. Teknologi yang Digunakan

Teknologi yang digunakan oleh ISP berbeda-beda sehingga hal ini juga harus diperhatikan. Misalnya, untuk koneksi dial-up, teknologi yang digunakan ISP adalah kompresi data, sehingga memungkinkan transfer data yang lebih cepat. Ada juga penggunaan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) untuk koneksi Internet melalui 3G, dengan teknologi ini memungkinkan kecepatan akses hingga 2,6 Mbps.

Baca Juga :  Membuat Tabel dengan Menggunakan Microsoft Word

e. Fitur dan Layanan

Pengaksesan Internet membutuhkan administrasi, konfigurasi, dan perawatan jaringan yang terus-menerus. Biasanya ISP memberikan layanan tersebut. Kita juga perlu tahu apakah ISP memiliki fasilitas account e-mail atas nama pelanggannya dan berapa besar ruang mail yang disediakan. Selain itu, biasanya beberapa ISP juga menawarkan layanan seperti VoIP, radio broadcasting, download file, dan sebagainya yang dapat menjadi nilai tambah yang harus kita perhatikan.

f. Kepuasan Pelanggan

Dalam memilih ISP, mungkin kita juga perlu melakukan survey pada konsumen lain yang telah menggunakan layanan ISP tersebut. Untuk melakukan survey, kita dapat memanfaatkan forum ataupun mailing list tentang layanan suatu ISP. Dengan demikian kita akan lebih banyak mengetahui bagaimana kualitas layanan dari suatu ISP.

Jadi ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan penyedia jasa Internet. Pemilihan ISP (Internet Service Provider) perlu mempertimbangkan beberapa faktor anara lain: kecepatan trasnfrt data, biasa akses, tekologi yang digunakan, fitu dan layanan, serta kepuasan pelanggam.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *