istilah dalam internet
istilah dalam internet

Istilah-istilah dalam Internet (1)

masbejo.com – Istilah-istilah dalam Internet (1). Banyak sekali istilah-istilah di internet yang kadang tidak kita pahami maksuda dan artinya. Kali ini saya sudah merangkum beberapa istilah-istilah yang sering kita temui ketika menggunakan internet. Mari kita pahami bersama istilah-istilah yang sering kita temui di internet.

halaman google

Istilah-istilah dalam Internet

IstilahKeterangan
AccountData tentang seseorang atau objek, biasanya minimal terdiri atas username dan password.
Address  Alamat, dalam internet terdapat dua alamat yang sering muncul, yaitu alamat e-mail misalnya joni@yahoo.com, sedangkan pengertian yang kedua adalah alamat web atau sering disebut dengan United Resource Location (URL).
AttachmentFasilitas attachment dapat diartikan lampiran, biasanya dalam e-mail. Ketika kita ingin mengirimkan gambar melalui e-mail kita dapat melampirkan gambar itu ke dalam file e-mail kita. Jika gambar terlampirkan, maka akan terkirim bersama e-mail.
BitmapBitmap merupakan titik-titik kecil yang diletakkan sangat berdekatan sehingga membentuk gambar hitam putih atau berwarna. Jadi, ketika memperoleh file gambar rumah.bmp artinya gambar tersebut terbentuk dari titik-titik yang digabungkan yang akhirnya membentuk gambar rumah.
Bandwitch  Ukuran yang diberikan ISP, seberapa lebar spektrum yang dihantarkan sesuai dengan lebarnya jalur komunikasi, untuk menampung kapasitas data.
Bit per secondDisingkat menjadi Bps, huruf B ditulis dengan huruf besar atau kapital, terutama untuk membedakannya dengan bits per second. Bytes per second adalah tingkat data bit yang ditransmit dalam komunikasi medium, seperti transfer data melalui kabel, satelit, atau modem.
BroadcastProses pengiriman data satu arah, tidak memerlukan respon dari penerimanya. Terjadi misalnya pada proses penyiaran radio dan televisi.
BrowserMenjelajah dengan mengikuti link pada halaman web, atau perintah proses pencarian suatu data atau file.
Byte  Satu byte merupakan sebuah karakter yang dibangun dari tujuh atau delapan bit. Satuan yang digunakan untuk menunjukkan kapasitas dalam dunia digital termasuk komputer, besar file, serta ukuran lain, digunakan dalam satuan byte ini. Informasi yang akan dan yang diolah disimpan di dalam suatu memori.
Chat/Chatting  Percakapan interaktif antarpengguna komputer yang terhubung dalam suatu jaringan/internet. Bentuk interaksinya biasanya berupa teks, dengan tambahan peralatan tertentu, juga dimungkinkan interaksi dengan suara.
ClientKlien, merupakan komputer yang memanfaatkan sumber daya dalam jaringan yang disediakan oleh komputer server.
CookiesSebuah informasi tentang klien dari komputer server yang disimpan ke komputer klien.
ConnectMenghubungkan komputer ke jaringan internet.
CrackerAktivitas mencuri maupun merusak program lain yang kadang-kadang diikuti dengan menyusupkan program mata-mata (spyware).
CryptographyCara agar suatu pesan dapat dikirimkan secara aman dengan cara menyandikannya ke dalam kode tertentu.
CSS (Cascading Style Sheet)Merupakan kumpulan perintah yang dibentuk dari berbagai sumber yang disusun menurut urutan tertentu sehingga mampu mengatasi konflik gaya/style.
CyberCyber merupakan kata awal yang biasanya diikuti kata lain yang menunjukkan bahwa hal tersebut berada di dalam internet. Contohnya cyberwar artinya perang di internet (secara maya), cyberspace artinya dunia internet.
CyberspaceIstilah untuk dunia maya
CybercrimeKejahatan di dunia maya/Internet.
Cyberlaw Istilah yang merujuk pada hukum yang berlaku di dunia maya.
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)Sistem yang digunakan oleh ISP yang secara otomatis memberikan alamat IP baru setiap kali penggunamelakukan login.
Dial Up NetworkingDial up networking merupakan program yang biasanya langsung terinstal dalam Windows 95, 98, 2000 yang merupakan komunikasi program internet. Dial up networking digunakan jika komputer tersebut memasuki internet dengan cara dial up menggunakan line telepon. Tentunya jika tanpa dial akan menggunakan komunikasi dengan program yang berbeda.
Dial UpJenis komunikasi antara dua komputer dengan menggunakan saluran telepon dan modem.
Domain  Sekumpulan komputer dan periferalnya dalam jaringan yang tertata dengan aturan dan prosedur tertentu. Di internet, domain didefinisikan dengan alamat IP.
Domain Name Server (DNS).Domain name server atau disingkat DNS, yaitu komputer server dalam internet yang mampu menerjemahkan antara nama domain internet (telkom.net.id) dengan alamat numeriknya, seperti 203.134.3.6. Dengan demikian, ketika memasuki internet, kita tidak perlu mengetikkan alamat numeriknya (contohnya www.detik.com).

Itulah sebagian istilah-istilah yang biasa kita temui ketika menggunakan internet. Tetapi itu baru sebagian ya. Istilah-istilah lainnya akan disampaikan pada postingan selanjutnya.

Baca Juga :  Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) Industri dan Perangkat Lunak

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *