Apabila Anda sudah memahami tata cara pelaksanaan sholat Idul Fitri secara baik, maka bisa menjalaninya dengan khusyuk

Jangan Sampai Tidak Tahu! Ini Sholat Idul Fitri dan Tata Cara Pelaksanaannya

Lebaran Idul Fitri menjadi salah satu hari yang paling dinanti umat Islam setelah sebulan berpuasa. Hari raya Idul Fitri sering dikenal sebagai hari kemenangan, di mana saling memaafkan kesalahan satu sama lain. Lebaran identik dengan sholat idul Fitri.

Biasanya selain mempersiapkan baju lebaran dan hidangan, umat muslim mempersiapkan peralatan ibadah terbaik agar sholat Id semakin khusyuk. Salah satu kunci ibadah terbilang khusyu, yaitu memahami setiap tata cara pelaksanaannya.

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Idul Fitri

Apabila Anda sudah memahami tata cara pelaksanaan shalat Id secara baik, maka bisa menjalaninya dengan khusyuk. Oleh karena itu, sebelum melakukan sholat Idul Fitri penting sekali memahami bacaannya yaitu takbir 7x. Berikut ini sudah ada beberapa informasi terkait bacaan takbir 7X sholat Id.

Dengan arti: Maha suci Allah, segala puji baginya, tiada tuhan selain Dia. Allah yang maha besar, serta upaya selain adanya pertolongan Allah yang maha tinggi dan maha agung.

Tata Cara Melaksanakan Sholat Idul Fitri

Sebelum melakukan sholat idul Fitri, Anda harus memahami tata caranya. Berikut ini sudah ada tata cara dalam melaksanakan sholat id, yaitu:

  • Membaca Niat

أُصَلِّي سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لِلّٰهِ تَعَــالَى

Dengan arti: “Saya telah berniat bahwa shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat (menjadi imam/makmum) karena Allah ta’ala.”

Baca Juga: Makna Hari Raya Idul Fitri

  • Takbiratul Ihram

Setelah Anda membaca doa iftitah, maka disunnahkan takbir lagi sampai tujuh kali untuk rakaat pertama. Pada sela-sela tiap takbir tersebut dianjurkan untuk membaca, berikut ini.

Baca Juga :  Twibbon Idul Fitri 1443 H / 2022 M Format PNG

Dengan arti: “Allah yang Maha Besar dengan segala kebesaran. Segala puji bagi Allah dengan pujian banyak, Maha Suci Allah, mulai waktu pagi dan petang.”

  • Membaca Surah Al-Fatihah

Sesudah rukun dianjurkan untuk membaca Surah Al-Alaq, kemudian dilanjutkan ke ruku, sujud, duduk di antara dua sujud. Sementara itu, berdiri kembali selayaknya sholat seperti biasa.

Setelah Anda berdiri kembali, pada rakaat kedua, maka akan takbir lagi sebanyak 5 kali dengan dibarengi mengangkat tangan dan melafalkan “Allahu akbar”. Kemudian, lafalkan kembali bacaan sebagaimana telah dijelaskan pada poin kedua.

Bacalah kembali surah Al-Fatihah, serta surah Al-Ghasyiyah dan berlanjut ruku, sujud dan seterusnya sampai salam. Hal paling utama adalah melakukan shalat Id harus di awal waktu.

Hal ini dilakukan agar kaum Muslimin bisa memanfaatkan waktu agar setelah shalat masih sempat mengeluarkan zakat fitrah. Itu saja informasi menarik terkait tata cara pelaksanaan sholat idul Fitri. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi semua yang sudah membaca artikel.