Aktivitas 3.1

Jawaban Aktivitas 3.1 Halaman 59 dan 60 IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Berikut Jawaban Aktivitas 3.1 Halaman 59 dan 60 IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Aktivitas 3.1

Baca dan analisis artikel berikut lalu jawablah pertanyaan yang ada di bagian bawah artikel ini.

Dirgha Raj Joshi and Nisha Adhikari. 2019. Green Chemistry: Beginning, Recent Progress, and Future Challenges. Word Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences. Volume 8, Issue 7, 280-293.

Green Chemistry atau kimia hijau berhubungan dengan bagaimana mendesain produk kimia dan prosesnya untuk mengurangi atau menghilangkan penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi manusia, hewan, dan lingkungan tempat kita tinggal. Bahaya di sini bisa berupa ledakan fisik, sifat mudah terbakar, toksikologi-mutagenik, karsinogenik, termasuk perubahan iklim global, penipisan lapisan ozon, pencemaran lingkungan lainnya, dan paparan kimia. Efek zat berbahaya terhadap lingkungan, air, udara, makanan, pertanian, perubahan iklim, dan banyak lagi bahaya di setiap sudut lingkungan membuat kita semakin waspada untuk lebih fokus dan mempraktikkan konsep yang lebih hijau.

Dalam konsep kimia untuk pengembangan berkelanjutan, kita harus selalu memikirkan pilihan yang lebih aman dan lebih baik pada pilihan bahan maupun proses kimia. Penggantian klorofluorokarbon dengan hidroklorofluorokarbon (HClFC) dan hidrofluorokarbon (HFC) yang lebih aman mencegah risiko besar terkait lapisan ozon bumi tempat kita tinggal. Pengurangan penggunaan bahan bakar fosil dan pengembangan pestisida yang lebih aman bagi lingkungan membuat perubahan besar. Meskipun banyak pendekatan dilakukan dari banyak sisi, namun setiap individu perlu berpikir bahwa rumah, ruang tidur, dan dapur mereka sendiri haruslah lebih aman dan mengurangi bahaya paparan bahan kimia di sekitar kita. Hal-hal ini membuat kita menjadi lebih bertanggung jawab sebagai masyarakat global.

Sumber: https://www.researchgate.net/publication/334163727_GREEN_CHEMISTRY_BEGINNING_RECENT_PROGRESS_ AND_FUTURE_CHALLENGES

Baca Juga :  Jawaban Lengkapi bagian sampiran pantun nasihat di bawah ini, Jodohkan dengan pilihan yang tersedia di sebelah kanan

Pertanyaan:

1. Simpulkan pengertian kimia hijau dengan kritis dan kreatif.

Jawaban:

Pengertian Kimia Hijau
a. Kimia hijau adalah kimia yang mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya pada desain produk.

b. Kimia hijau adalah kimia yang mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya pada proses pembuatan produk.

c. Kimia hijau adalah kimia yang tidak merusak ozon.

d. Kimia hijau adalah kimia yang tidak menimbulkan pemanasan global.

e. Kimia hijau adalah kimia yang tidak menimbulkan paparan bahan kimia.

f. Kimia hijau adalah kimia yang mengarahkan semua kegiatan pada pelestarian lingkungan.

g. Kimia hijau adalah kimia yang mengarahkan semua kegiatan yang tidak merusak lingkungan.

h. Kimia hijau adalah kimia yang membuat lingkungan rumah aman.

i. Kimia hijau adalah kimia yang mengurangi paparan bahan kimia.

j. Kimia hijau adalah kimia yang mengarahkan penghematan bahan bakar fosil.

k. Kimia hijau adalah kimia yang mengarahkan penggunaan sumber energi yang ramah lingkungan.

l. Kimia hijau adalah kimia yang mengurangi limbah.

Semua jawaban peserta didik ditampung tanpa menyalahkan, biarkan kreativitas berpikir peserta didik muncul.

2. Simpulkan apakah pentingnya kimia hijau dengan kritis dan kreatif.

Jawaban:

Pada Kimia Hijau, terdapat usaha-usaha untuk mengurangi pemaiakan serta pembentukan senyawa-senyawa yang sifatnya berbahaya. Kimia Hijau ini sering juga diartikan sebagai bidang kimia yang fokus utamanya adalah untuk mencegah polusi. Di awal tahun 1990, Kimia Hijau baru mulai menapaki pemikiran awal dan diperkenalkan konsepnya di EPA atau Enviromental Protection Agency lewat Poluution Prevention Act.

Dengan Kimia Hijau maka penggunaan serta pebuatan bahan kimia berbahaya bagi manusia dan lingkungan bisa dikurangi. Kimia Hijau mengatur desain dan juga proses yang dirasa jauh lebih aman serta efisien sehingga dampak positif yang dihasilkan bukan hanya lingkungan dan manusia yang sehat namun efektifitas dan efisiensi ekonomi.

Kimia Hijau sangat penting bagi kehidupan manusia sebab selain mampu memberikan perlindungan pada lingkungan dan kesehatan manusia, juga bersifat ekonomis sebab dengan Kimia Hijau maka:

a. Biaya produksi serta regulasi lebih rendah.

b. Jauh lebih efisien dalam menggunakan energi yang mengakibatkan produksi limbah berurkurang.

c. Produk yang dihasilkan aman.

d. Kecelakaan akibat terpapar zat kimia berkurang.

e. Komunitas serta tempat kerja jadi lebih aman dan masih banyak lagi lainnya.

 

Baca Juga :  Jawaban tanpa melihat buku, sampaikan kembali secara singkat isi cerita tersebut

Demikian pembahasan Jawaban Aktivitas 3.1 Halaman 59 dan 60 IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka, semoga bermanfaat.