Aktivitas 6.5

Jawaban Aktivitas 6.5 Halaman 142 Sumber Energi IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Berikut Jawaban Aktivitas 6.5 Halaman 142 Sumber Energi IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Pertanyaan ini bisa sobat temukan pada buku IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Pembahasan berikut bisa sobat simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah sobat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya.

Aktivitas 6.5

Kelompokkanlah sumber-sumber energi pada materi 6.4 ke dalam dua kategori, yaitu energi terbarukan dan energi tak terbarukan.

Jawaban:

Mengelompokkan sumber-sumber energi.

Energi tak terbarukan: bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak bumi, gas bumi, dan lain-lain.

Energi terbarukan: angin, matahari, air, gelombang pasang air laut, biomassa, biogas, geothermal, dan lain-lain.

Jelaskan kelebihan dan kekurangan dari energi terbarukan dan energi tak terbarukan.

Jawaban:

Kelebihan dan kekurangan sumber energi terbarukan dan sumber energi tak terbarukan.

1) Sumber energi terbarukan

• Kelebihan: tidak akan pernah habis, jumlah berlimpah, dan lebih ramah lingkungan.

• Kekurangan: beberapa sumber energi bergantung pada kondisi alam (misalnya sumber energi matahari bergantung cuaca, sumber energi tidal/gelombang pasang air laut bergantung fase pasang surut, dan lain-lain), beberapa sumber energi memerlukan teknologi yang canggih untuk dikonversikan dalam bentuk energi listrik (misal panel surya untuk sumber energi matahari).

2) Sumber energi tak terbarukan

• Kelebihan: sudah biasa digunakan sejak lama sehingga untuk saat ini dinilai mudah didapatkan, harganya disesuaikan untuk kebutuhan.

• Kekurangan: jumlah terbatas, kurang ramah lingkungan (berpolusi, beracun, dan lain-lain).

Amatilah potensi energi yang ada di sekitarmu. Adakah potensi energi di sekitar tempat tinggalmu? Jelaskan bagaimana cara mengolahnya?

Jawaban:

Potensi energi di daerah sekitar.

1) Energi Angin

Ketersediaan peta potensi energi angin yang akurat di seluruh wilayah Indonesia sangat diperlukan sebagai langkah awal dalam identifikasi dan pemilihan lokasi proyek energi angin. Peta tersebut memberikan informasi mengenai karakteristik angin di berbagai wilayah seperti kecepatan angin rata-rata, kecepatan maksimum dan minimum yang dapat dikonversi menjadi peta rapat daya dan peta energi tahunan (dalam kWh/ atau W/m2 ). Informasi tersebut sangat berguna sebagai dasar penentuan lokasi dan pemilihan teknologi turbin yang tepat.

2) Energi Surya

Salah satu sumber energi terbarukan yang perkembangannya cukup pesat di dunia termasuk Indonesia yaitu energi surya. Posisi Indonesia sebagai negara beriklim tropis yang mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun dan kekayaan alam pasir silika merupakan anugerah yang harus dioptimalkan. Potensi pengembangan energi surya sangat besar, tercatat Indonesia memiliki potensi energi surya sebesar 207.898 MW (4,80 kWh/m2/hari).

Ketersediaan potensi surya di seluruh wilayah Indonesia sangat diperlukan sebagai langkah awal dalam pemanfaatan energi surya di Indonesia. Di dalam peta potensi surya yang berada di ESDM One Map terdapat informai besaran potensi dan lokasi potensi surya.

3) Potensi Hidro Bendungan

Indonesia memiliki potensi hidro bendungan yang sangat besar dengan total potensi hidro bendungan sebesar 95.003 MW. PLTA yang memanfaatkan tenaga air dari bendungan dapat diimplementasikan untuk mendukung pengembangan program Renewable Energy Based Industry (REBID) Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) skala besar.

ESDM One Map menampilkan peta potensi hidro bendungan yang dapat dilihat oleh publik/masyarakan umum. Didalam peta potensi hidro publik dapat mengetahui bendungan mana saja yang berpotensi hidro, irigasi, tipe bendungan, dsb.

 

Baca Juga :  Jawaban Bacalah dengan saksama dan tentukan apakah kalimat di bawah ini adalah fakta atau opini

Demikian pembahasan Jawaban Aktivitas 6.5 Halaman 142 Sumber Energi IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka, semoga bermanfaat.