Aktivitas 7.1

Jawaban Aktivitas 7.1 Halaman 153 Keanekaragaman Hayati IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Berikut Jawaban Aktivitas 7.1 Halaman 153 Keanekaragaman Hayati IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Pertanyaan ini bisa sobat temukan pada buku IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Pembahasan berikut bisa sobat simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah sobat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya.

Aktivitas 7.1

Ayo Mengamati

Cobalah Kalian pergi ke pasar terdekat, bisa pasar tradisional maupun supermarket. Amatilah dan catat sayur atau buah-buahan atau ikan apa yang dijual di pasar tersebut. Setelah mengamati, jawablah pertanyaan berikut

1. Ada berapa macam sayuran atau buah atau ikan yang Kalian temukan di pasar?

Jawaban:

Banyak macamnya.
Di Pasar ada beberapa Kios yang menjual aneka macam buah-buahan. Ada juga kios yang menjual khusus buah Pisang hanya beda jenisnya.

Baca Juga :  Jawaban ubahlah kalimat di bawah ini dari kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung atau sebaliknya

2. Adakah sayuran atau buah atau ikan yang Kalian kenal tetapi tidak Kalian temukan di pasar? Jika ada, sayuran atau buah apakah itu?

Jawaban:

Pisang Cavendish

3. Apakah Kalian menemukan sayuran atau buah atau ikan yang jenisnya sama? Jika ya, sayuran atau buah apakah itu?

Jawaban:

Pisang

4. Apakah perbedaan yang ditunjukkan oleh buah atau sayuran atau ikan yang sejenis itu? Berdasarkan perbedaan itu apakah yang dapat Kalian simpulkan?

Jawaban:

Seperti pisang susu, pisang tanduk, pisang ambon.
Meskipun sama-sama merupakan pisang, tetapi bentuk, ukuran dan rasa pisang-pisang tersebut beranekaragam. Inilah yang disebut dengan keanekaragaman hayati tingkat gen. Keanekaragaman hayati tingkat gen adalah keanekaragaman yang ada dalam satu spesies.

5. Berapa jeniskah sayuran atau buah atau ikan yang Kalian temukan?

Jawaban:

Banyak Jenisnya

6. Apakah perbedaan yang ditunjukkan oleh berbagai jenis sayuran atau buah atau ikan tersebut? Apa yang dapat Kalian simpulkan?

Jawaban:

Meskipun sama-sama jenisnya, tetapi bentuk, ukuran dan rasa beranekaragam. Inilah yang disebut dengan keanekaragaman hayati tingkat gen. Keanekaragaman hayati tingkat gen adalah keanekaragaman yang ada dalam satu spesies.

 

Demikian pembahasan Jawaban Aktivitas 7.1 Halaman 153 Keanekaragaman Hayati IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka, semoga bermanfaat.