Jawaban Aktivitas 7.5 Halaman 169 dan 170 Ekosistem IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Berikut Jawaban Aktivitas 7.5 Halaman 169 dan 170 Ekosistem IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Pertanyaan ini bisa sobat temukan pada buku IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Pembahasan berikut bisa sobat simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah sobat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya.

Aktivitas 7.5

Ayo Mengamati Lingkungan

Siapkanlah alat dan bahan sebagai berikut
1. Thermometer

2. Lux meter

Langkah kerja

1. Pergilah ke suatu ekosistem yang ada di sekitar rumahmu, seperti sawah, kolam atau kebun secara berkelompok.

2. Ukurlah suhu dan intensitas cahaya dengan alat thermometer dan lux meter.

3. Catatlah benda tak hidup dan mahkluk hidup yang ditemukan dalam bentuk tabel! Jika memungkinkan catat jumlahnya.

4. Amati interaksi yang terjadi antar makhluk hidup.

Jawaban:

Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik merupakan komponen makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan, bakteri termasuk manusia. Sedangkan komponen abiotik merupakan komponen yang tak hidup berupa lingkungan pendukung seperti suhu, udara, batuan, tanah,pH dan lain sebagainya. Setiap ekosistem memiliki komponen yang berbeda-beda meskipun ada beberapa kesamaan.

Baca Juga :  Jawaban Lembar Aktivitas 9 halaman 194 Dana Pensiun IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Contohnya

a. Ekosistem kolam memiliki komponen biotik seperti fitoplankton, zooplankton, tumbuhan air, ikan kecil, ikan besar, katak, capung, kupu-kupu dan dekomposer. Sedangkan komponen abiotik berupa air, cahaya matahari, bebatuan, sampah-sampah, pH dan suhu.

b. Ekosistem sawah memiliki komponen biotik berupa tumbuhan (padi, jagung, pohon pisang, dan palawija), rumput-rumputan, katak, cacing, ular, burung, tungau, jamur, algae dan hama tertentu. Sedangkan komponen abiotik berupa tanah, air, cahaya matahai, bebatuan, suhu, pH, dan masih banyak lagi.

c. Ekosistem kebun memiliki komponen biotik berupa aneka macam tumbuhan dari yang berbentuk pohon, semak, perdu dan herba. Selain itu juga terdapat aneka hewan seperti burung, katak, ulat, ular, kadal, kupu-kupu, capung, lipan dan sebagainya. Sedangkan komponen abiotik berupa tanah, bebatuan, pH, suhu, cahaya matahari, kelembapan, dan gas oksigen serta karbon dioksida.space

Pertanyaan:

1. Buatlah rantai makanan dan jaring-jaring makanan yang terjadi pada ekosistem tersebut.

Jawaban:

Ekosistem Kebun
Rerumputan –>Belalang–>Burung–>Elang–>Pengurai

Rerumputan = produsen

Belalang = konsumen 1

Burung = konsumen 2

Elang = konsumen 3/konsumen puncak

Pengurai = pengurai

2. Bagaimanakah interaksi antar komponen biotik dan antara komponen biotik dengan abiotik dalam ekosistem tersebut?

Jawaban:

Interaksi di dalam ekosistem tersebut yakni tumbuhan berupa pohon randu, pohon jeruk dan pohon bambu kuning akan membutuhkan tanah sebagai media melekatnya akar tumbuhan tersebut. Tumbuhan tersebut akan membutuhkan cahaya matahari dan udara dari luar berupa co2 untuk membantu proses fotosintesis yang nantinya akan menghasilkan oksigen yang akan dikeluarkan oleh tumbuhan. Ulat akan memakan daun pohon randu, pohon jeruk dan pohon bambu kuning, yang nantinya ulat akan tumbuh mnejadi kepompong lalu kupu – kupu. Semut akan membutuhkan batu sebagai tempat berlindung dan tanah sebagai tempat tinggal. Semut tersebut akan dimakan laba – laba. Burung kutilang akan memakan buah jeruk pada tumbuhan pohon jeruk, laaba – laba dan kupu – kupu.

 

Baca Juga :  Jawaban mitos atau fakta orang Batak cenderung berbicara dalam nada tinggi dan setengah berteriak

Demikian pembahasan Jawaban Aktivitas 7.5 Halaman 169 dan 170 Ekosistem IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka, semoga bermanfaat.