interaksi kompetisi pada ekosistem

Jawaban apa nama tempat yang kalian kunjungi

Berikut jawaban apa nama tempat yang kalian kunjungi. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Selanjutnya, untuk memperdalam pengetahuan kalian tentang interaksi antarkomponen biotik, ayo lakukan kegiatan Aktivitas 6.5.

Ayo Identifikasi Aktivitas 6.5

Jalan-Jalan ke Taman atau Hutan di Sekitar Kita

Secara berkelompok, pergilah ke taman atau hutan yang ada di sekitar sekolah kalian. Perhatikan dengan teliti berbagai macam interaksi makhluk hidup yang mungkin terjadi di tempat tersebut.

1. Apa nama tempat yang kalian kunjungi?

Jawaban : Tempat yang kami kunjungi adalah Taman Sekolah yang memiliki banyak tumbuhan dan tanaman bunga.

2. Apakah terdapat interaksi kompetisi pada ekosistem tersebut? Jelaskan interaksi kompetisi yang terjadi.

Jawaban : pada taman sekolah, terdapat interaksi kompetisi pada ekosistem taman bunga tersebut. Interaksi kompetisi yang terjadi adalah adanya kompetisi dari berbagai hewan yang mencari nektar bunga seperti lebah dan kupu-kupu. Ada juga interaksi kompetisi antara hewan insektivora seperti laba-laba yang saling berkompetisi untuk mendapatkan mangsa.

3. Apakah terdapat interaksi predasi pada ekosistem tersebut? Jelaskan interaksi predasi yang terjadi.

Jawaban : pada ekosistem taman bunga tersebut terdapat interaksi predasi. Interaksi predasi terdapat di antara hewan pemakan serangga seperti laba-laba. Hewan tersebut berusaha untuk bertahan hidup dengan saling memangsa hewan lain yang lebih kecil dari mereka. Ada juga predasi binatang kecil seperti semut yang mencari binatang yang terluka atau sedang dalam keadaan sekarat untuk bisa dimakan oleh semua koloni semut.

4. Apakah terdapat interaksi herbivori pada ekosistem tersebut? Jelaskan interaksi herbivori yang terjadi.

Jawaban : ada, dalam ekosistem taman bunga tersebut terdapat interaksi herbivori antara ulat dan belalang yang ada. Belalang dan ulat yang memakan daun kebun tersebut berkompetisi untuk memakan daun-daun tumbuhan.

5. Apakah terdapat interaksi simbiosis pada ekosistem tersebut? Jelaskan interaksi simbiosis yang terjadi.

Jawaban : ada, simbiosis yang ada adalah simbiosis mutualisme antara tumbuhan bunga dan laba-laba. Keberadaan kedua organisme tersebut saling menguntungkan satu sama lain. Tumbuhan memberikan rumah yang baik bagi laba-laba dan laba-laba memberikan keuntungan bagi tumbuhan karena sudah mampu mengusir serangga pengganggu yang kemungkinan mampu merusak tumbuhan.

6. Buatlah laporan dalam berbagai bentuk media yang kreatif.

 

Baca Juga :  Jawaban apa pengaruh adanya satelit pada planet yang memilikinya

Berdasarkan Aktivitas 6.5, kalian mungkin akan menemukan berbagai macam interaksi antarmakhluk hidup jika ekosistemnya stabil. Jenis-jenis interaksi yang umum terjadi adalah kompetisi, predasi, herbivori dan simbiosis.

Kompetisi merupakan suatu interaksi yang merugikan kedua makhluk hidup yang terlibat. Interaksi ini terjadi ketika dua organisme atau bersaing untuk mendapatkan sumber daya yang sama dan terbatas, misalnya hidup di habitat dan sumber makanan yang sama. Contohnya adalah persaingan antartumbuhan mendapatkan cahaya Matahari, nutrisi dan air.

Predasi mengacu pada hubungan yang menguntungkan terhadap satu pihak, sedangkan pihak lain mengalami kerugian. Predasi merupakan interaksi antara satu makhluk hidup yang memangsa makhluk hidup lainnya. Contohnya adalah burung yang memangsa belalang.

Herbivori merupakan interaksi yang melibatkan antara herbivora dengan produsen. Salah satu pihak akan dirugikan atau diuntungkan dalam interaksi herbivori ini. Contohnya adalah belalang yang memakan rumput.

Simbiosis dalam ruang lingkup ini mempelajari mengenai hubungan erat antarpopulasi yang menempati habitat yang sama seperti pada Gambar 6.9. Simbiosis dapat dibagi menjadi tiga, yaitu parasitisme, mutualisme dan komensalisme. Parasitisme adalah hubungan ketika salah satu organisme yang disebut parasit mendapatkan keuntungan, sedangkan organisme lain yang disebut inang dirugikan. Contoh simbiosis parasitisme adalah benalu yang hidup di pohon serta cacing perut pada tubuh manusia. Mutualisme adalah hubungan yang menguntungkan kedua pihak. Contoh simbiosis mutualisme adalah kupu-kupu dengan tumbuhan berbunga. Komensalisme adalah hubungan yang menguntungkan salah satu pihak tetapi pihak lainnya tidak mendapatkan keuntungan atau kerugian. Contoh simbiosis komensalisme adalah tanaman anggrek yang menempel pada batang pohon.