Jauh dan Dekat

Jawaban apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di laut

Berikut jawaban apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di laut. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Menyimak

Jauh dan Dekat

Ada banyak cara orang bepergian. Paling mudah, tentu saja dengan berjalan kaki. Namun, untuk menempuh jarak yang jauh, berjalan kaki sungguh melelahkan. Kita membutuhkan kendaraan. Dengan demikian, perjalanan bisa ditempuh dengan lebih cepat.

Kendaraan juga disebut alat transportasi. Berdasarkan tenaga penggeraknya, kendaraan terbagi menjadi dua yaitu kendaraan yang digerakkan oleh mesin dan kendaraan yang digerakkan oleh makhluk hidup, termasuk manusia. Kendaraan yang digerakkan oleh mesin antara lain mobil, sepeda motor, pesawat terbang, dan kereta api. Sementara itu, delman, gerobak, kereta kuda digerakkan oleh hewan, sedangkan sepeda digerakkan oleh kaki pengendaranya.

Menariknya, orang-orang juga mengendarai hewan secara langsung, tidak duduk di atas kereta atau gerobak yang ditarik hewan. Hewan yang dijadikan tunggangan ataupun sebagai penarik kereta biasanya memiliki kelebihan seperti kuat berjalan jauh, kuat membawa beban, atau mampu berlari kencang. Mungkin kalian sudah tahu kuda, sapi, atau kerbau dijadikan tunggangan ataupun penarik kereta. Di negara lain orang-orang juga menaiki keledai, unta, bahkan gajah.

Baca Juga :  Jawaban ceritakan di buku tulis rute perjalanan kalian dari rumah ke sekolah

Berdasarkan tempat pemakaiannya, ada kendaraan yang digunakan di daratan, di perairan, dan di udara. Kendaraan darat misalnya sepeda, mobil, truk, kereta api, atau hewan seperti kuda dan unta.

Di sebagian daerah yang memiliki banyak sungai, bepergian lewat air terkadang lebih disukai. Walaupun sudah ada jalan raya, banyak orang di sana yang tetap memilih lewat sungai. Alat transportasi di sungai antara lain sampan, perahu cepat, atau kapal. Kapal yang berukuran besar bahkan bisa mengarungi lautan.

Ada jenis kendaraan yang mampu melintas di udara. Ada helikopter dan pesawat terbang, kecil ataupun besar. Ada pula kendaraan yang sampai ke luar angkasa, disebut pesawat luar angkasa.

Berdiskusi

1. Mendiskusikan Bacaan

Setelah membaca teks “Jauh dan Dekat”, berdiskusilah membahas topik kendaraan. Sebelum berdiskusi, kalian boleh mencari sumber bacaan lain tentang kendaraan. Saat berdiskusi, acungkan jari untuk meminta giliran. Berbicaralah setelah dipersilakan guru!

a. Apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di laut? Adakah yang sama?

Jawaban : Alat transportasi di sungai yaitu rakit atau getek, sampan, perahu dan jukung. Sedangkan Alat transportasi di laut yaitu kapal feri, kapal penumpang, kapal barang, kapal penangkap ikan, kapal tanker, dan perahu. Ada yang sama, yaitu Perahu/Kapal.

b. Tahukan kalian alat transportasi darat yang disebut dokar? Apa yang dapat kalian ceritakan tentang dokar?

Jawaban : Dokar merupakan kendaraan tradisional beroda 2 yang ditarik kuda, pengemudi dokar disebut kusir yang biasanya menggunakan atau memakai pakaian tradisional.

c. Di sebagian daerah, perahu disebut sampan. Apa sebutan untuk perahu di daerah kalian?

Jawaban : Sebutan untuk perahu di daerahku sampan, yaitu perahu yang sederhana.

d. Menurut kalian, mengapa ada begitu banyak jenis kendaraan?

Jawaban : Menurut saya kendaraan ada begitu banyak jenisnya karena tiap kendaraan memiliki bentuk dan fungsi yeng berbed baik itu transportasi darat, transportasi laut, maupun transportasi udara.

2. Pilih Kendaraan

Baca Juga :  Jawaban tuliskan pengalaman kalian tersebut dalam dua atau tiga paragraf

Untuk kegiatan berikut ini, kalian perlu membentuk kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 orang. Setiap kelompok memilih satu moda transportasi di antara empat yang disediakan. Satu moda transportasi hanya boleh dipilih oleh satu kelompok.

• Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya. Misalnya, Kelompok Darat memilih mobil, Kelompok Laut memilih perahu cepat, Kelompok Udara memilih pesawat terbang, dan Kelompok Hewan memilih unta. Tentu saja kalian boleh mengusulkan kendaraan lain di kelompok kalian.

• Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya. Seberapa cepat kendaraannya itu bisa berjalan? Apa keuntungan menggunakan kendaraan tersebut? Apa kekurangannya?

• Tuliskan hasil diskusi tersebut!

• Presentasikan ke depan kelas secara bergiliran

Pembahasan:

1. Mobil (Kelompok Darat)

Seberapa cepat kendaraannya itu bisa berjalan? Jawab: Kecepatan diantara 60 sampai 100 km/jam.

Apa keuntungan menggunakan kendaraan tersebut? Jawab: Dapat berjalan dengan kecepatan tinggi, Dapat membawa barang yang jumlahnya cukup banyak, Dapat berhenti sewaktu-waktu sesuai kebutuhan pengendara.

Apa kekurangannya? Jawab: Terkena macet di perjalanan dan Bising di perjalanan.

2. Kapal (Kelompok Laut)

Seberapa cepat kendaraannya itu bisa berjalan? Jawab: Kecepatan diantara 21 knot atau setara 40 km/jam.

Apa keuntungan menggunakan kendaraan tersebut? Jawab: Biaya relatif lebih murah, polusi rendah, lebih hemat biaya, dapat melakukan pengiriman barang dalam jumlah besar dan menjangkau antar pulau.

Apa kekurangannya? Jawab: Memerlukan waktu lama untuk sampai ke tujuan dan perjalanan bergantung cuaca.

3. Pesawat (Kelompok Udara)

Seberapa cepat kendaraannya itu bisa berjalan? Jawab: Kecepatan diantara 700 sampai 800 km/jam.

Apa keuntungan menggunakan kendaraan tersebut? Jawab: Hemat waktu, karena Waktu tempuh jauh lebih singkat dan menjangkau wilayah yang lebih luas.

Apa kekurangannya? Jawab: Biaya mahal dan perjalanan bergantung cuaca.