Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia

Jawaban apa variabel bebas dan terikat dari percobaan menanam tiga biji kacang ke dalam beberapa pot yang berisi kapas

Berikut jawaban apa variabel bebas dan terikat dari percobaan menanam tiga biji kacang ke dalam beberapa pot yang berisi kapas. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia

Hutan tropis Indonesia merupakan salah satu hutan terbesar di dunia. Banyak spesies hidup di dalamnya termasuk beberapa jenis tumbuhan dan hewan khas yang hanya terdapat di Indonesia. Namun, tingkat deforestasi hutan di Indonesia sangat mengkhawatirkan. Apa dampak bagi hewan, manusia dan organisme lainnya jika hutan tersebut dirusak? Apa dampak alih fungsi hutan secara ekologis dan ekonomi? Lalu, bagaimanakah bentuk rasa syukur kita terhadap anugerah Tuhan YME karena telah memberikan keanekaragaman hayati yang begitu tinggi?

Bagaimanakah Pengaruh Lingkungan Terhadap Suatu Organisme?

Tanamlah biji tanaman (misalnya biji kacang) di kebun sekolah dalam beberapa lubang. Berilah perlakuan yang berbeda untuk setiap lubang, misalnya lubang pertama diberi pupuk kandang, lubang kedua diberi pupuk urea, lubang ketiga diberi pupuk kompos dan lubang keempat tidak diberi pupuk. Siram secukupnya secara teratur.

Amati pertumbuhan tanaman tersebut setiap hari selama 14 hari berturut-turut. Catat data pertumbuhan tanaman setiap harinya. Buatlah grafik pertumbuhan dari setiap perlakuan dalam sebuah grafik. Apakah terjadi perbedaan kecepatan pertumbuhan untuk setiap perlakuan? Diskusikan dengan teman sekelas kalian.

Baca Juga :  Jawaban bandingkanlah massa jenis beberapa zat di bawah ini dengan air, manakah benda yang akan mengapung dan tenggelam

Lingkungan Makhluk Hidup

Hasil percobaan pada kegiatan apersepsi yang telah kalian lakukan, menunjukkan bahwa kecepatan pertumbuhan tanaman berbeda-beda untuk setiap perlakuan. Hal ini berarti lingkungan berpengaruh terhadap kehidupan suatu organisme. Lingkungan mengacu pada segala sesuatu yang berada di sekitar organisme. Itu dapat dikategorikan sebagai lingkungan tanah (terestrial) atau lingkungan air (akuatik). Apapun lingkungannya, kemampuan organisme menopang hidup tergantung pada faktor-faktor tertentu yang dapat diklasifikasikan sebagai benda tidak hidup (abiotik) atau benda hidup (biotik).

Lingkungan Abiotik

Jenis hewan yang menghuni suatu tempat bergantung pada tanaman yang ditemukan di sana. Tanaman sangat sensitif terhadap kondisi tanah, kualitas air dan udara yang tersedia. Jenis tumbuhan yang hidup pada daerah tertentu sangat tergantung kepada faktor tak hidup (abiotik). Jadi, baik hewan maupun tumbuhan tergantung pada faktor abiotik, misalnya cahaya, suhu, air, kelembaban udara, pH dan salinitas. Selanjutnya untuk memperdalam pengetahuan kalian tentang pengaruh faktor abiotik terhadap suatu organisme, lakukanlah aktivitas pembelajaran Ayo Amati (Aktivitas 6.1)berikut ini.

 

Ayo Amati Aktivitas 6.1

Tanamlah masing-masing tiga biji kacang ke dalam beberapa pot yang berisi kapas. Berikut ini adalah perlakukan untuk setiap pot.
Pot A = kapas kering + disimpan di tempat terang
Pot B = kapas basah + disimpan di tempat terang
Pot C = kapas basah + disimpan di tempat gelap
Pot D = kapas basah + cuka 25% + disimpan di tempat terang
Pot E = kapas basah + larutan garam 20% + disimpan di tempat terang
Pot F = kapas basah + pupuk urea + disimpan di tempat terang
Amati pertumbuhan kacang tersebut, kemudian catat data pertambahan tinggi tanaman kacang selama 10 hari dalam bentuk tabel.

Jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa variabel bebas dan terikat dari percobaan ini?

Jawaban :
Variabel bebasnya adalah air, pupuk, cahaya, keasaman, kadar garam.
Variabel terikatnya adalah pertumbuhan kacang/ tinggi tanaman kacang.

2. Apa hipotesis yang dapat dibuat dari percobaan ini?

Jawaban :
Hipotesis percobaannya adalah lingkungan abiotik (air, pupuk, cahaya, keasaman, kadar garam) diduga berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kacang.

3. Buatlah grafik pertumbuhan kacang untuk setiap perlakuan.

Jawaban :
Disesuaikan dengan hasil pengamatan siswa. Grafik yang dibuat harus tepat dimana sumbu x adalah variabel bebas dan sumbu y adalah variabel terikat.

4. Faktor abiotik apa saja yang berpengaruh terhadap pertumbuhan berdasarkan hasil percobaan?

Jawaban :
Faktor abiotik yang berpengaruh adalah air, pupuk, cahaya, keasaman, kadar garam.

5. Apa kesimpulan percobaan ini?

Jawaban :

Dari percobaan ini dapat disimpulkan berbagai keadaan abiotik mampu mempengaruhi pertumbuhan biji kacang. biji kacang tidak bisa tumbuh tanpa bantuan air, dan tidak juga bisa tumbuh tanpa pengaruh dari cahaya matahari. Tingkat keasaman media tanam juga berpengaruh terhadap pertumbuhan biji kacang. Selain itu, faktor suplemen pertumbuhan seperti upuk juga membantu perkembangan biji kacang tanah.

 

Baca Juga :  Jawaban ceritakan di buku tulis rute perjalanan kalian dari rumah ke sekolah

Lingkungan Biotik

Kehidupan suatu organisme juga sangat dipengaruhi oleh keberadaan faktor biotik, seperti tumbuhan, hewan atau organisme lainnya. Interaksi antara organisme ini mungkin bermanfaat atau bahkan merugikan bagi organisme itu sendiri, dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Interaksi antara makhluk hidup ini dapat berupa kompetisi, predasi atau hubungan interaksi lainnya. Apakah manusia terlibat? Ya, intervensi manusia adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap lingkungan hidup. Pembukaan lahan, perkebunan, pembuatan kota, jalan raya, semuanya secara dramatis memengaruhi lingkungan hidup. Akibat dari perbuatan manusia ini banyak dihasilkan polusi yang merusak lingkungan.