Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Jawaban apa yang akan terjadi pada bangsa dan negara Indonesia bila di tahun 1945 dulu para pemimpin memilih bentuk negara serikat

Berikut jawaban apa yang akan terjadi pada bangsa dan negara Indonesia bila di tahun 1945 dulu para pemimpin memilih bentuk negara serikat. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Releksi

Bayangkan betapa luas wilayah Indonesia sebesar 1.9 juta kilometer persegi yang mencakup sekitar 17.000 pulau yang dipersatukan oleh lautan. Wilayah ini terdiri dari daerah-daerah yang dikelola sebagai dalam satu kesatuan pemerintahan.

Sempat ada diskusi tentang bentuk pemerintahan. Soepomo, Yamin, dan Soekarno mengusulkan bentuk negara kesatuan, Hatta mengusulkan bentuk negara serikat atau federal. Semua lalu sepakat menjadikan Republik Indonesia sebagai negara kesatuan.

Untuk dapat menjadi negara kesatuan yang kuat, perlu upaya keras sungguh-sungguh membangun persatuannya. Seperti agar terwujud OSIS sebagai kesatuan yang utuh, para pelajar perlu bersungguh sungguh bersatu. Hingga terbangun persatuan dan kesatuan yang kuat.

Nah, sudahkah kalian menjaga persatuan dan kesatuan dari tingkat terkecil di keluarga atau lingkungan sekolah. Tanyakan pada diri sendiri, sudahkah saya selalu berusaha membantu kawan-kawan yang perlu bantuan? (Tidak pernah/jarang/kadang-kadang/sering/selalu).

 

Baca Juga :  Jawaban apa akibat gaya gravitasi Bumi pada benda yang ada di Bumi

Uji Kompetensi

1. Menurutmu, apa yang akan terjadi pada bangsa dan negara Indonesia saat ini bila di tahun 1945 dulu para pemimpin memilih bentuk negara serikat/federal dan bukan bentuk negara kesatuan seperti sekarang?

Jawaban : Maka akan terjadi sejumlah dinamika politik yang positif, antara lain pejabat daerah memiliki kewenangan lebih luas. Tokoh daerah di tingkat nasional lebih merata karena berasal dari seluruh daerah walaupun ada sejumlah tokoh yang tidak berkualitas. Daerah yang memiliki potensi alam berlimpah bisa lebih cepat berkembang.

2. Sebagai negara kepulauan, mana yang lebih penting bagi bangsa Indonesia untuk dikembangkan. Apakah usaha perikanan atau kelautannya atau usaha pertaniannya? Mengapa demikian?

Jawaban : Yang lebih penting untuk dikembangkan yakni usaha perikanan. Alasannya adalah karena Indonesia kaya akan sumber daya laut. Budidaya perikanan dapat memenuhi kebutuhan pangan penduduk Indonesia serta meningkatkan pendapatan masyarakat dari hasil ekspor.

3. Untuk menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia, perlu dibangun di lingkungan sekolah, di lingkungan masyarakat sekitar, serta di lingkungan bangsa dan negara secara luas. Menurutmu, mana yang lebih perlu didahulukan?

Jawaban : Yang perlu didahulukan adalah di lingkungan masyarakat sekitar. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mereka semua hidup serta tumbuh di lingkungan masyarakat. Menjaga kerukunan di lingkungan masyarakat akan menjadi sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan di Indonesia.