Jawaban apa yang dimaksud dengan energi potensial

Berikut jawaban apa yang dimaksud dengan energi potensial. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Mari Refleksikan

1. Apa yang dimaksud dengan energi potensial?

Jawaban : Energi yang bisa dimiliki oleh semua benda pada posisi atau ketinggian tertentu. Energi potensial disimpan dan digunakan saat dibutuhkan.

2. Energi apa saja yang termasuk ke dalam energi potensial?

Jawaban : Energi kimia, energi pegas, energi gravitasi.

3. Benda-benda apa sajakah yang memiliki energi potensial di sekitar kalian?

Jawaban : Contoh benda yang memiliki energi potensial di sekitar kita adalah korek api, lilin, trampolin, per, ayunan, busur.

4. Perubahan energi apa saja yang dapat terjadi pada energi potensial?

Jawaban : Energi kimia menjadi energi cahaya, energi kimia menjadi energi panas, energi pegas menjadi energi gerak

 

Belajar Lebih Lanjut

Energi Potensial sebagai Pembangkit Listrik

Semua bahan bakar fosil mengandung energi potensial kimia. Bahan bakar ini menyediakan energi yang kita pakai sehari-hari untuk memasak, penerangan, pembangkit listrik, dan menjalankan kendaraan.

Air yang mengalir menuju air terjun juga memiliki energi potensial yang sangat besar. Kedua jenis energi potensial ini, bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik. Listrik terbentuk melalui proses transformasi energi yang cukup panjang. Perhatikan alur pembangkit listrik yang menggunakan air dan batu bara sebagai sumber energinya.

Baca Juga :  Jawaban perhatikan kata-kata yang disorot kuning di dalam teks “Nenek Moyang Kita” perkirakan arti kata-kata tersebut

Ada berapa transformasi energi yang kalian lihat pada proses pembangkit listrik? Pembangkit listrik apa yang digunakan di daerah kalian?

Apa yang Sudah Aku Pelajari?

1. Energi potensial adalah energi yang tersimpan pada suatu benda.

2. Energi yang termasuk dalam bentuk energi potensial adalah:

a. Energi kimia: tersimpan dalam makanan, baterai, dsb.

b. Energi pegas: tersimpan pada benda elastis seperti per.

c. Energi gravitasi: energi yang tersimpan pada benda di tempat tinggi dan bisa berubah menjadi energi gerak akibat gravitasi. Disebut juga dengan energi potensial kinetik. Contohnya adalah air terjun.