apa yang terjadi ketika air terus menerus dipanaskan

Jawaban apa yang terjadi ketika air terus menerus dipanaskan

Berikut jawaban apa yang terjadi ketika air terus menerus dipanaskan. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

C2. Apa Itu Menguap dan Mengembun?

Pernahkah kalian terpikir, bagaimana hujan bisa terjadi? Mengapa hujan bisa turun?  Awan yang terlihat di langit sebenarnya adalah air yang bercampur dalam udara. Ketika uap air di langit sudah terlalu banyak maka awan (uap air yang berbentuk gas) akan mengembun dan berubah wujud menjadi cair. Hal inilah yang menyebabkan hujan turun.

Jadi, selain berubah wujud dari padat menjadi cair dan dari cair menjadi padat, ternyata benda juga bisa berubah wujud dari cair ke gas dan dari wujud gas ke cair.

Bagaimana caranya? Yuk, kita coba cari tahu dengan melakukan percobaan menyenangkan berikut.

Mari Mencoba

Membuat Uap dan Embun

Untuk mengetahui apa itu menguap dan mengembun, kita bisa melakukan percobaan sederhana berikut ini. Kalian akan membutuhkan beberapa alat dan bahan seperti:

Alat dan bahan:
1. air;
2. pembakar spiritus/kompor kecil;
3. es batu;
4. panci kecil;
5. tutup panci.

Langkah Percobaan

1. Ukur suhu ruangan di sekitar kalian (minta bantuan guru kalian untuk melakukannya).

Baca Juga :  Jawaban Ayo Cek Pemahaman Halaman 100 dan 101 IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

2. Nyalakan kompor/pembakar spiritus, kemudian dekatkan termometer ke nyala api dan ukur suhunya (termometer tidak menyentuh api, hanya di dekatnya saja).

3. Isi panci dengan ½ gelas air.

4. Panaskan panci di atas pembakar spiritus. Biarkan hingga muncul gelembung-gelembung air.

5. Amati air yang menggelembung. Apakah ada semacam uap air di atasnya?

6. Ambil tutup panci dalam keadaan terbalik, letakkan beberapa buah es batu di tutup panci.

7. Letakkan tutup panci dalam kondisi terbalik ke atas panci. Gunakan kain untuk mencegah tangan kalian terkena panci yang panas.

8. Diamkan sesaat dan ambil kembali tutup panci menggunakan kain.

9. Amati bagian bawah tutup panci. Apakah ada air yang menggantung?

 

Mari Refleksikan

1. Apa yang terjadi ketika air terus menerus dipanaskan?

Jawaban : Jika air terus menerus dipanaskan maka lama-kelamaan akan habis, sebab terjadi proses penguapan, sebab terjadi perubahan zat cair menjadi gas. Sehingga air tersebut akan habis karena seluruh air berubah menjadi gas.

2. Apa yang menyebabkan air dapat berubah wujud menjadi gas?

Jawaban : Air dapat berubah wujud menjadi gas karena terus dipanaskan sehingga habis dan menjadi uap air.

3. Menurut kalian, jika pada tutup panci tidak diberikan es batu, apakah akan muncul air di permukaan tutup panci?

Jawaban : Iya, akan muncul uap air. Air di permukaan tutup panci akan tetap ada, tetapi jumlahnya tidak sebanyak seperti saat diletakkan es batu.

4. Mengapa es bisa membuat uap air berubah wujud menjadi cair?

Jawaban : Sebab es yang dingin akan mendinginkan suhu di sekitar uap air. Uap air tersebut berubah wujud menjadi cair karena suhu di sekelilingnya menjadi lebih rendah.

 

Baca Juga :  Jawaban menurut kalian apa itu massa

Belajar Lebih Lanjut

Perubahan wujud benda cair menjadi gas disebut menguap. Ketika benda cair terus menerus dipanaskan, maka lama-kelamaan benda cair tersebut akan menguap. Contohnya ketika air dalam panci dipanaskan terus menerus, maka air itu akan mulai mendidih dan berubah wujud dari cair menjadi gas. Perubahan ini dinamakan menguap.

Penguapan juga terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Keringat yang muncul setelah berolahraga lama kelamaan akan kering. kini terjadi karena keringat menguap. Parfum yang disemprotkan ke kulit juga akan menguap sehingga tercium aroma yang wangi tubuh kita. Alkohol yang terdapat pada hand sanitizer juga akan menguap saat kita oleskan ke tangan. Sehingga kulit kalian menjadi kering setelah beberapa saat kalian gunakan.

Sebaliknya, ketika benda berwujud gas didinginkan dan kehilangan kalor maka benda tersebut akan berubah wujud menjadi cair. Es batu yang disimpan di atas tutup panci menurunkan suhu pada tutup tersebut. Uap air yang semula panas, ketika menyentuh permukaan panci akan kehilangan kalor dan menjadi dingin. Akibatnya wujud uap air berubah dari gas menjadi cair.

Perubahan wujud benda dari gas menjadi cair disebut dengan mengembun. Pada daerah yang cukup dingin, terkadang uap air di udara berubah wujud menjadi butiran-butiran air kecil. Peristiwa ini disebut berkabut. Apakah kalian pernah melihatnya?

Dengan bantuan guru, teman, dan internet, cobalah cari tahu apa kegunaan dari peristiwa pengembunan? Bagaimana penguapan dan pengembunan terjadi di alam sekitar kita serta apa manfaatnya? Coba diskusikan bersama dengan teman sekelas kalian.