Memahami Proses Transfer Energi pada Jaring-jaring Makanan

Jawaban apakah energi yang ditransfer pada jaring-jaring makanan semakin banyak atau semakin sedikit

Berikut jawaban apakah energi yang ditransfer pada jaring-jaring makanan semakin banyak atau semakin sedikit. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Topik B: Memakan dan Dimakan

Pertanyaan Esensial
1. Bagaimana transfer energi terjadi pada suatu ekosistem?
2. Apa peran tumbuhan dalam proses transfer energi di suatu ekosistem?

Jika kalian memerhatikan jaring-jaring makanan, sadarkah kalian bahwa hewan dan manusia sangat bergantung pada tumbuhan sebagai sumber energi? Ada yang bergantung secara langsung, seperti hewan herbivora dan manusia, ada pula yang secara tidak langsung, seperti hewan-hewan karnivora. Tumbuhan mendapatkan energi dari cahaya matahari. Energi yang dihasilkan pada proses fotosintesis digunakan oleh tumbuhan untuk tumbuh dan berbuah.

Sisa energi yang masih tersimpan dalam tumbuhan akan diambil oleh hewan yang memakannya. Dengan demikian, hewan tersebut akan mendapatkan energi untuk tumbuh, bergerak, dan berkembang biak. Selanjutnya, sisa energi yang masih tersimpan akan diambil lagi oleh konsumen 2, dan seterusnya.

Energi ini akan terus ditransfer antarmakhluk hidup sampai kembali lagi ke tumbuhan dalam bentuk humus di tanah. Para saintis memperkirakan setiap makhluk hidup menggunakan 90% energinya untuk beraktivitas dan menyimpan sisanya sebanyak 10% dalam tubuhnya.

Baca Juga :  Jawaban Ayo Berlatih Halaman 90 Unsur Atom IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Mari Mencoba

Memahami Proses Transfer Energi pada Jaring-jaring Makanan

Alat dan bahan:
1. toples atau wadah 3 buah;
2. batu atau manik-manik kecil 100 biji;
3. kertas label yang bisa ditempel di toples.

Langkah percobaan:

1. Buatlah rantai makanan dari produsen sampai konsumen tingkat 2. Tuliskan dalam kertas label dan tempelkan ke masing-masing toples. Anggaplah toples sebagai badan tumbuhan/hewan.

2. Masukkan semua batu dalam toples produsen. Guru kalian akan memberikan narasi mengenai transfer energi dari produsen sampai ke konsumen tingkat 2. Anggaplah batu ini sebagai energi dan ikuti petunjuk yang diberikan guru kalian.

Lakukan Bersama

Berkumpul dengan kelompok kalian dan lakukan kegiatan berikut.

1. Diskusikan mengenai hasil kegiatan yang baru dilakukan. Apakah ada perbedaan data yang kalian temukan? Jika ada, cari tahu bersama-sama apa yang membuat berbeda.

2. Setelah itu diskusikan pertanyaan berikut.

a. Siapa yang mendapatkan energi paling banyak? Urutkan dari yang paling banyak sampai paling sedikit.

Jawaban : Tumbuhan, urutannya: produsen, konsumen tingkat 1, konsumen tingkat 2.

b. Apakah energi yang ditransfer pada jaring-jaring makanan semakin banyak atau semakin sedikit? Mengapa?

Jawaban : Semakin sedikit karena sudah digunakan oleh makhluk hidup untuk kebutuhannya bertahan hidup.

c. Menurut kalian, hewan mana yang jumlahnya akan lebih banyak? Apakah ada hubungannya jumlah hewan dengan transfer energinya?

Jawaban : Konsumen tingkat 1, karena mereka merupakan konsumen pertama yang ditransfer langsung energinya dari tumbuhan.