Ayo Cek Pemahaman

Jawaban Ayo Cek Pemahaman Halaman 100 dan 101 IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Berikut Jawaban Ayo Cek Pemahaman Halaman 100 dan 101 IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Pertanyaan ini bisa sobat temukan pada buku IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka. Pembahasan berikut bisa sobat simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah sobat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya.

Ayo Cek Pemahaman

Logam besi murni (Fe) dihasilkan dari pengolahan tambang bijih besi yang mengandung senyawa Fe2O3. Dalam proses pengolahannya dibutuhkan zat reduktor salah satunya adalah gas CO (karbon monoksida). Sebagian besar pabrik menghasilkan gas CO dari pengolahan gas alam. Haruskah selalu bergantung pada gas alam sementara cadangan batubara Indonesia sangat melimpah. Oleh karena itu teknologi pembuatan gas CO beralih ke proses gasifikasi yang ramah lingkungan karena bahan bakunya adalah batubara dengan kandungan sulfurnya tinggi namun tidak meninggalkan zat pencemar. Ingat prinsip kimia hijau.

Seorang ilmuwan melakukan eksperimen pada skala laboratorium. Ia mereaksikan sejumlah padatan karbon (C) yang dibakar dengan 40 gram gas oksigen (O2) lalu menghasilkan 64 gram gas karbon monoksida (CO). Ternyata pada akhir reaksi masih terdapat 14 gram padatan karbon (C).

Jawablah pertanyaan berikut dengan menelaah lebih dahulu tabel tersebut.

1) Tulislah persamaan reaksi kimia setaranya.

Jawaban:

Persamaan reaksi kimia setara ditulis sebagai berikut
1 C (s) + 1 O2 (g) → 1 CO (g)

2) Uraikan hitungan Kalian untuk mencari berapakah massa mula-mula padatan karbon (C).

Jawaban:

Massa zat setelah bereaksi = massa C sisa + massa CO = 14 + 64 = 78 g
Massa zat sebelum bereaksi = massa C awal + massa O2 = ( x + 40 ) g
Hukum kekekalan massa =
78 = ( x + 40 )
x = 38 g sebagai massa C awal.

3) Hukum dasar kimia apakah yang berlaku untuk kasus soal ini? Jelaskan alasannya.

Jawaban: 

Hukum dasar kimia apakah yang berlaku untuk kasus soal tersebut adalah hukum perbandingan tetap atau hukum Proust adalah hukum yang menyatakan bahwa suatu senyawa kimia terdiri dari unsur-unsur dengan perbandingan massa yang selalu tepat sama. Dengan kata lain, setiap sampel suatu senyawa memiliki komposisi unsur-unsur yang tetap.

 

Baca Juga :  Jawaban apakah yang dimaksud dengan kembar identik

Demikian pembahasan Jawaban Ayo Cek Pemahaman Halaman 100 dan 101 IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka, semoga bermanfaat.