Karakteristik Selat Malaka

Jawaban Bagaimana Karakteristik Selat Malaka

Berikut jawaban bagaimana karakteristik Selat Malaka. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Kerajaan Samudra Pasai: Garda Terdepan Nusantara

Samudra Pasai merupakan Kerajaan Islam yang berada di ujung utara pulau Sumatra. Sultan pertama dari Kerajaan Samudra Pasai adalah Sultan Malik al-Saleh. Beliau kemudian digantikan oleh puteranya yang bernama Sultan Muhammad yang memerintah 1297-1326. Pengganti dari Sultan Muhammad adalah Sultan Ahmad yang bergelar Malik al-Tahir. Kerajaan Samudra Pasai pada masa pemerintahan Sultan Ahmad mendapat kunjungan dari Ibnu Battuta. Beliau meninggalkan catatan-catatan yang berisi Samudra Pasai mempunyai pelabuhan yang sangat penting di jalur perdagangan Selat Malaka. Istana kesultanan Samudra Pasai disusun dan diatur secara India, beberapa pembesar kerajaan terdapat pula orangorang Persia. Patihnya mempunyai gelar Amir.

Kerajaan Aceh Darussalam: Benteng Tangguh Islam di Nusantara

Masa kejayaan dari Kerajaan Aceh tercapai pada pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1636 M). Beliau memiliki kekuatan militer yang kuat dan besar. Beliau berhasil menguasai Sumatra sampai daerah Bengkulu dan Kampar. Sultan Iskandar Muda digantikan oleh menantunya Iskandar Tani. Pada masa beliau kejayaan Aceh terus berlangsung dan bertambah jaya. Pada tahun 1641 M beliau wafat dan tanda-tanda kemunduran Aceh terjadi. Persilisihan antara kalangan keluarga kerajaan menyebabkan kelemahan yang menjadikan sebagian kekuasaan Aceh runtuh. Sebab lain dari keruntuhan Aceh adalah adanya orang Belanda yang berhasil merebut Malaka pada 1641 M kemudian menguasai perairan di Indonesia dan berusaha menjatuhkan kerajaan Aceh yang masih kuat pengaruhnya di kalangan rakyat. Usaha Belanda untuk meruntuhkan Aceh adalah dengan mengadu domba dan menghasut daerah kekuasaan Aceh yang kemudian berhasil melepaskan diri dari kekuasaan Aceh.

Baca Juga :  Jawaban diskusikan kebutuhan masing-masing anggota kelompok selama tiga hari terakhir

 

Lembar Aktivitas 9 Aktivitas Individu

Bagaimana Karakteristik Selat Malaka?

Jawaban : Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing dengan nama selat yang satu ini. Peran dari Selat Malaka sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu jalur perdagangan bagi bangsa Arab, India dan Gujarat.

Selat Malaka berada di antara Semenanjung Malaysia yakni di sekitar Singapura, Malaysia dan Thailand, dengan Pulau Sumatra (Aceh, Sumatra Utara, Riau dan Kepulauan Riau), Indonesia. Secara astronomis Selat Malaka berada di antara 95oBT – 103oBT.

Mengapa Selat Malaka menjadi ramai perdagangan dan menjadi tempat yang strategis untuk perdagangan?

Jawaban : Sebab Selat Malaka merupakan jalur laut yang menghubungkan antara China dan India. Jika dilihat dari sisi ekonomi dan strategis, bisa dikatakan jika Selat Malaka menjadi salah satu jalur pelayaran paling sibuk dan terpenting di dunia,bahkan sama pentingnya dengan jalur yang terdapat di Terusan Panama dan Terusan Suez.

Selain itu, posisi dari Selat Malaka bisa dikatakan sangat strategis, sebab selat ini menghubungkan antara Samudra Pasifik dengan Samudra Hindia. Di samping itu Selat Malaka juga menjadi penghubung antara tiga negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia yakni Indonesia, Republik Rakyat Tiongkok dan India.Tercatat ada sekitar 70 – 80 ribu kapal yang melintasi Selat Malaka setiap tahunnya atau sekitar 200 kapal setiap harinya.