Memakan dan Dimakan

Jawaban bagaimana makhluk hidup pada suatu ekosistem mendapatkan energi

Berikut jawaban bagaimana makhluk hidup pada suatu ekosistem mendapatkan energi. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Topik A: Memakan dan Dimakan

Pertanyaan Esensial
1. Bagaimana makhluk hidup dalam satu ekosistem berkaitan satu dengan lainnya?
2. Bagaimana makhluk hidup pada suatu ekosistem mendapatkan energi?
3. Bagaimana hubungan antara tanaman dan hewan dalam satu ekosistem?

Semua makhluk hidup membutuhkan energi untuk tetap hidup. Oleh karena itu, kita membutuhkan makanan. Tanpa makanan, manusia tidak akan mendapatkan energi untuk beraktivitas. Manusia mendapatkan makanan dengan mengolah bahan-bahan makanan yang ada di alam. Lalu, bagaimana dengan hewan dan tumbuhan? Bagaimana mereka mendapatkan makanan sebagai sumber energi?

A.1 Rantai Makanan

Mari Mencoba

Proses Makhluk Hidup Mendapatkan Energi pada Suatu Ekosistem

1. Diskusikan bersama teman di sebelah kalian gambar kebun yang dikunjungi Aga, Ian, dan Banu. Tentukan makanan masing-masing makhluk hidup di ekosistem tersebut.

2. Tuliskan hasil diskusi kalian pada tabel di lembar kerja.

3. Sekarang, perhatikan tabel yang sudah kalian buat. Apakah kalian melihat ada sebuah hubungan antara satu sama lain?

4. Cobalah tulis hubungan yang kalian temukan menjadi sebuah rantai makanan seperti di bawah ini.

Baca Juga :  Jawaban apakah ide pokok cerita ini

5. Komponen apakah yang cocok ditempatkan di kotak nomor 1, 2, 3, dan 4?

Lakukan Bersama

Membuat Rantai Makanan

1. Sekarang, mari kita bermain peran. Kalian secara berkelompok boleh memilih hewan atau tumbuhan apa pun dengan syarat berikut.

a. Hewan dan tumbuhan yang kalian pilih harus bisa memiliki hubungan seperti bagan di atas. Artinya, harus bisa dimakan atau memakan pilihan teman kalian.

b. Makhluk hidup yang ditempatkan pada nomor 1 tidak memakan dari makhluk hidup yang lain. Makhluk ini hanya bisa dimakan.

2. Setelah berdiskusi, buatlah kembali rantai makanannya pada lembar kerja.

3. Bandingkan dua bagan yang sudah kalian buat. Lalu, diskusikan bersama teman sekelompok kalian hal-hal berikut.

a. Makhluk hidup apa yang berada pada nomor 1?

b. Bagaimana cara makhluk hidup pada nomor 1 mendapatkan makanannya?

c. Termasuk dalam kelompok hewan pemakan apa yang bisa ada di nomor 1?

d. Termasuk dalam kelompok hewan pemakan apa yang bisa ada di nomor 2 dan 3?

4. Setelah berdiskusi, perhatikan kembali bagan yang sudah kalian buat.

a. Siapa yang berperan sebagai produsen?

b. Siapa yang berperan sebagai konsumen tingkat 1, 2, dan 3?

5. Berilah tanda pada bagan yang kalian buat dengan perannya masing-masing.

Rantai Makanan

Dalam sebuah ekosistem, makhluk hidup bisa menjadi sumber energi untuk makhluk hidup lainnya. Sumber energi berarti sumber makanan. Apakah kalian bisa melihat hubungan antarmakhluk hidup pada gambar di bawah?

Gambar di atas merupakan contoh yang menunjukkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup. Sederhananya, kita bisa menggambarkan hubungan ini dalam bentuk rantai makanan seperti berikut.

Rumput → Kelinci → Elang

Menurut kalian, apa arti tanda panah pada rantai makanan di atas?

Baca Juga :  Jawaban bacalah dialog di bawah ini bersama rekan kalian, lengkapi bagian yang tidak lengkap dengan kalimat tanya yang tepat

Konsumen paling akhir bisa kita sebut sebagai puncak dari rantai makanan. Bagian tersebut bisa diisi dengan hewan karnivora atau omnivora. Biasanya, hewan ini tidak diburu oleh hewan lainnya untuk menjadi makanan. Umumnya, mereka mati karena waktu, bertarung dengan predator lainnya saat berburu makanan, atau diburu oleh manusia.

Ketika makhluk hidup mati, bangkainya akan membusuk dan diuraikan oleh dekomposer. Bakteri dan jamur merupakan contoh dekomposer. Hasil penguraian ini bercampur dengan tanah membentuk humus. Tanah yang mengandung humus sangat dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh dengan baik.

Keberadaan dekomposer membantu mendaur ulang proses rantai makanan agar kembali ke tumbuhan. Dengan adanya dekomposer ini, proses makan dan dimakan dalam ekosistem menjadi siklus yang terus berputar.

Mari Refleksikan

1. Bagaimana makhluk hidup pada suatu ekosistem mendapatkan energi?

Jawaban : Mahluk hidup dalam suatu ekosistem bisa mendapatkan energi dari tumbuhan atau sesama hewan. Dalam ekosistem, mahluk hidup bisa jadi sumber energi atau makanan untuk mahluk hidup lain. Nah, didalam ekosistem inilah terjadi rantai makanan.

2. Bagaimana makhluk hidup dalam satu ekosistem berkaitan satu dengan lainnya?

Jawaban : Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk dari suatu hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungan. Hubungan antar mahluk hidup yang khas disebut simbiosis. Di alam dikenal ada tiga kehidupan simbiosis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme dan simbiosis komensalisme.

3. Bagaimana hubungan antara tanaman dan hewan dalam satu ekosistem?

Jawaban : Sebagai produsen, tumbuhan menghasilkan energi dan juga oksigen bagi hewan. Sedangkan hewan selain menjadi konsumen, juga menghasilkan karbondioksida untuk melakukan proses fotosintesis bagi tumbuhan. Energi yang di hasilkan dari proses fotosintesis digunakan oleh tumbuhan untuk tumbuh dan berbuah.

4. Apa itu rantai makanan?

Jawaban : Rantai makanan adalah sebuah peristiwa makan dan dimakan antar sesama mahluk hidup yang memiliki urutan-urutan tertentu.

5. Apa saja peran makhluk hidup dalam rantai makanan?

Jawaban : Mahluk hidup didalam rantai makanan mempunyai peran masing-masing. Ada yang menjadi produsen, konsumen, dan juga ada yang menjadi pengurai.

6. Menurut kalian ada di mana posisi manusia dalam rantai makanan?

Jawaban : Manusia adalah omnivora atau pemakan tumbuhan dan daging. Selain itu, terdapat hewan yang juga omnivora. Hal ini menunjukan bahwa banyak mahluk hidup yang menenpati lebih dari satu tingkat trofik.

Belajar Lebih Lanjut

Contoh Berbagai Rantai Makanan

Baca Juga :  Jawaban apa yang terjadi jika sumber energi listrik pada alat itu dicabut

Kira-kira, di mana letak hewan omnivora pada rantai makanan? Karena mereka bisa memakan tumbuhan dan juga hewan, hewan omnivora bisa menjadi konsumen 1, 2, atau bahkan 3. Contohnya monyet yang bisa memakan buah juga serangga yang bersarang di pohon. Bisakah kalian membuat rantai makanan dari gambar berikut?

Bagaimana dengan ekosistem laut? Siapa yang berperan sebagai produsen? Pada ekosistem laut, tokoh utamanya ternyata tumbuhan yang tidak terlihat oleh mata kita, lho! Namanya fitoplankton dan jumlahnya sangat banyak di laut. Rumput laut dan lamun juga termasuk produsen di ekosistem pantai. Karena butuh sinar Matahari untuk fotosintesis, maka organisme ini hidup di permukaan air laut. Organisme ini menjadi sumber makanan bagi banyak hewan di laut.

Rantai makanan tidak selalu memiliki urutan atau proses yang panjang. Ukuran gajah dewasa yang besar membuatnya tidak memiliki predator alami. Gajah makan beraneka macam tumbuhan. Di padang rumput Afrika, gajah suka makan rumput dan pohon akasia.

Tanaman yang sudah busuk merupakan sumber makanan bagi cacing tanah. Oleh karena itu, cacing tanah juga berperan sebagai dekomposer. Pada cacing tanah, rantai makanan bisa terjadi sebagai berikut.