Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Tingkat Lanjut

Jawaban bagaimana seni lukis yang ada pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanju

Berikut jawaban bagaimana seni lukis yang ada pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanju. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Tingkat Lanjut

Pada era berikutnya, kehidupan manusia pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut masih bergantung kepada faktor alam. Faktor-faktor tersebut adalah kesuburan, iklim, dan terdapatnya sumber makanan (hewan dan tumbuhan). Mereka hidup dengan berburu hewan darat, menangkap ikan di sungai/laut, mencari kerang-kerangan di tepi pantai dan mengumpulkan biji-bijian, umbi-umbian, buah-buahan serta daun-daunan. Hidup berburu dan meramu makanan masih menjadi aktivitas sehari-hari. Namun, pada saat ini faktor-faktor alam menjadi sangat sulit untuk diprediksi. Tanda-tanda mereka sudah menetap dan bercocok tanam untuk menghasilkan makanan sendiri sudah tampak untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan yang tidak menentu.
Mereka sudah mulai menetap cukup lama di gua-gua (abris sous roche) dan cerukan di tepi pantai. Mereka memilih tempat tinggal yang dekat dengan sumber air. Jika kalian perhatikan, kehidupan manusia pasti dekat dengan sumber air hingga saat ini. Pertanian sudah mulai dilakukan dengan menanam padi, umbi-umbian dan kacang-kacangan. Mereka juga sudah mencoba untuk berternak dengan menjinakkan hewan. Namun, tradisi berpindah dan mengumpukan makanan masih dominan dan menjadi aktivitas keseharian mereka. Mereka yang tinggal dipantai meninggalkan jejak yaitu berupa sampah dapur berupa kulit kerang atau disebut kjokkenmoddinger. Pada masa ini manusia sudah masuk kedalam masa Mesolithikum berdasarkan arkelogis.

Alat-alat yang digunakan masih sama dengan masa sebelumnya. Alat-alat dari batu, tulang, tanduk, kulit kerang dan bambu. Alat-alat dari batu, tulang dan kulit kerang dibuat untuk serpih-bilah dan kapak genggam Sumatra. Alat-alat ini sudah lebih halus dibandingkan dengan masa sebelumnya. Bambu dapat dijadikan sebagai cungkil dan sudip sebagai alat untuk mencungkil dan membersihkan umbi-umbian.

Baca Juga :  Jawaban Identifikasi Teks Anekdot

 

Lembar Aktivitas 11 Aktivitas Individu

Bagaimana seni lukis yang ada pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut?

Jawaban : Jenis jenis kebudayaan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut diantaranya :

a.Kemahiran dalam membuat alat masih sederhana

Alat itu digunakan untuk berburu dan meramu makanan.Alat bantu yang dihasilkan dari masa ini berciri palaeolotik kemudian mesolitik.

b.Kesenian masih terbatas pada seni lukis

c.Corak kepercayaan tampak dari lukisan dan penguburan

Corak kepercayaan baru terlihat pada tingkat lanjut.Lukisan dinding gua mengungkapkan kepercayaan masyarakat praaksara akan kekuatan magis.