Zaman Sekunder atau Mesozoikum

Jawaban bagaimana sikap kalian melihat kondisi bumi pada saat ini

Berikut jawaban bagaimana sikap kalian melihat kondisi bumi pada saat ini. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Ketika awal penciptaan makhluk hidup, kondisi memengaruhi perkembangan bumi kita sudah stabil dan dapat ditempati dengan baik oleh makhluk hidup. Proses perkembangan bumi sebagai pembabakan sejarah berdasarkan ilmu geologi dibagi ke dalam empat zaman, antara lain:

Zaman Arkaekum/Arkeozoikum

Zaman Arkaekum merupakan zaman tertua yang berlangsung sekitar 2.500 juta tahun lalu. Pada zaman ini, keadaan bumi belum stabil. Suhu bumi masih sangat tinggi dan tanda-tanda kehidupan belum muncul.

Zaman Primer/Paleozoikum

Paleozoikum atau zaman hidup tua telah berlangsung sekitar 340 juta tahun lalu. Pada zaman ini, mulai ada tanda-tanda kehidupan yang ditandai dengan kemunculan makhluk hidup berupa organisme bersel satu.

Zaman Sekunder/Mesozoikum

Zaman Mesozoikum adalah zaman hidup pertengahan yang sudah berlangsung sekitar 140 juta tahun silam. Pada zaman ini muncul hewan-hewan reptil besar seperti dinosaurus, Oleh karena itu, zaman ini dikenal juga dengan zaman reptil.

Zaman Hidup Baru/Neozoikum

Pada zaman hidup baru dapat dibedakan menjadi dua zaman antara lain:
• Tersier
Zaman tersier terjadi sekitar 60 juta tahun yang lalu. Pada zaman ini dinosaurus telah punah dan mulai berkembang jenis binatang menyusui atau mamalia.
• Kuartier
Zaman kuartier mulai terdapat tanda-tanda kehidupan manusia. Pada zaman ini merupakan zaman terpenting bagi kemunculan aktivitas manusia.

Baca Juga :  Jawaban bacalah kembali teks “Batik Besurek” catat kata-kata yang belum kalian ketahui artinya di buku tulis masing-masing

 

Lembar Aktivitas 2 Aktivitas Individu

1. Bagaimana sikap kalian melihat kondisi bumi pada saat ini?

Jawaban : melihat keadaan bumi yang sekarang terlihat ada bencana banjir dan tanah longsor sikap saya adalah tidak membuang sampah pada sembarangan tempat, menanam pohon serta menjaga lingkungan agar selalu bersih.

2. Bagaimana cara untuk memecahkan masalah yang ditemukan setelah mengamati keadaan bumi ?

Jawaban : Cara memecahkan masalah yang ditemukan setelah mengamati keadaan bumi ialah dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya. 

 

Kalian sebagai manusia senantiasa berinteraksi dengan lingkungan alam. Alam merupakan sumber dari kebutuhan yang dibutuhkan oleh manusia. Alam menyediakan kebutuhan manusia seperti barang-barang tambang diantaranya logam, minyak, dan barang tambang lainnya sebagai bahan dasar untuk membuat benda-benda seperti kendaraan bermotor. Hal tersebut merupakan dampak positif sebagai hubungan antara manusia dan alam yang baik. Tetapi, interaksi antara kalian sebagai manusia dan lingkungan juga dapat menimbulkan konsekuensi berupa pencemaran lingkungan sebagai dampak negatif. Sebagai contoh, manusia mempunyai tingkah laku dan mempunyai aktivitas ekonomi yang menghasilkan emisi gas pencemaran yang terjadi di bumi. Dampak dari pencemaran lingkungan tersebut yaitu munculnya berbagai penyakit hingga kematian.

Pencarian Populer : bagaimana sikap kalian melihat kondisi bumi pada saat ini?,https://masbejo com/jawaban-bagaimana-sikap-kalian-melihat-kondisi-bumi-pada-saat-ini/