Prosedur Percobaan Menanam

Jawaban bantulah Ayu untuk dapat menjalankan percobaannya dalam menanam tomat, cabe dan bawang

Berikut jawaban bantulah Ayu untuk dapat menjalankan percobaannya dalam menanam tomat, cabe dan bawang. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Prosedur Percobaan

Sebagai seorang siswa, sebelum berangkat ke sekolah, kita mempersiapkan tas, buku dan alat tulis agar ketika tiba di sekolah kalian dapat mengikuti jadwal pelajaran yang disiapkan sekolah. Demikian juga dalam merancang percobaan kita perlu mempersiapkan segala alat-alat dan bahan-bahan yang diperlukan dan membuat urutan langkah-langkah yang rinci yang akan dilakukan dalam percobaan tersebut, agar tidak ada yang terlupakan. Urutan langkah-langkah ini disebut juga dengan prosedur percobaan.

Lihatlah contoh daftar alat dan bahan serta prosedur pada bagian Percobaan (Aktivitas 1.5). Kemudian berlatihlah menuliskan daftar alat dan bahan yang dibutuhkan dalam percobaan serta menuliskan prosedur percobaan melalui Aktivitas 1.10 berikut ini.

Ayo Rancang Aktivitas 1.10

Bantulah Ayu untuk dapat menjalankan percobaannya dalam menanam tomat, cabe dan bawang pada Aktivitas 1.9 dengan menuliskanlah alat-alat dan bahan yang akan ia butuhkan. Kemudian buat prosedur percobaan, berupa langkah-langkah percobaan yang harus Ayu lakukan, secara berurutan dan spesifik.

Jawaban :

Berikut alat-alat dan bahan yang akan dibutuhkan oleh Ayu untuk dapat menjalankan percobaannya dalam menanam tomat, cabe dan bawang:

1. Bibit cabai, tomat, dan bawang kualitas terbaik

2. Tanah yang subur

3. Pot

4. Kompos/pupuk

5. Sekop

Langkah-langkah percobaan yang harus Ayu lakukan:

Pertama, basahi benih cabai dan tomat dengan baik dan tabur di tanah sedalam sekitar 2-3 cm. Benih cabai dan tomat akan berkecambah dalam waktu sekitar 1 minggu. Sirami setiap hari bergantian, jaga agar tanah tetap lembab dan pastikan tidak terkena angin kencang atau sinar matahari yang terlalu kuat.

(Pastikan selalu mengenakan sarung tangan saat menangani cabai dan bijinya. Hindari menyentuh mata, wajah, dan kulit sensitif dan selalu cuci tangan setelahnya.)

Kedua, tanaman cabai dan tomat biasanya membutuhkan tanah yang lapang dengan drainase yang baik. Tambahkan sedikit kompos ke dalamnya dan aduk dengan baik. Jaga agar tanah tetap lembab tetapi jangan terlalu banyak disiram. Sebaiknya disiram setiap hari atau setiap 2 hari sekali tergantung cuaca. Pastikan ada siklus penyiraman basah-kering-basah-kering.

Benih akan berkecambah dan kita akan melihat dua daun kecil di permukaan tanah dalam waktu 7-10 hari setelah benih ditanam.

Terus siram setiap hari dan pastikan terkena sinar matahari 4-6 jam setiap hari. Setelah tanaman tingginya sekitar 8-10 inci, akan mengeluarkan tunas kecil yang akan mekar menjadi bunga putih kecil yang lucu sekitar 1-1,5 bulan setelah menanamnya.

Khusus untuk tanaman bawang, kita bisa menggunakan bawang yang sudah dipanen, cukup dengan mengiris ujung bawang, dan akan muncul tunas langsung.

Baca Juga :  Jawaban Aktivitas 1.3 Jangka Sorong IPA Kelas 10 Halaman 8 Kurikulum Merdeka