es mangga yang ada di gelas Shinta

Jawaban berdasarkan ilmu yang sudah kalian dapatkan setelah mempelajari bab ini, berikan saran pada Shinta, apa yang harus ia lakukan!

Berikut jawaban berdasarkan ilmu yang sudah kalian dapatkan setelah mempelajari bab ini, berikan saran pada Shinta, apa yang harus ia lakukan!. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Proyek Belajar

Dalam proyek ini kalian akan diberikan kesempatan untuk memilih bahan yang akan diubah wujudnya. Setelahnya, kalian akan mencari tahu bagaimana bahan itu bisa berubah wujud. Kemudian mempresentasikan proyek kalian kepada guru serta teman-teman kalian.

Baca Juga :  Jawaban apa yang terjadi saat karet ditarik

Tujuan Proyek
Memanfaatkan konsep dasar perubahan wujud zat untuk menghadapi tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Langkah-Langkah Pengerjaan Proyek

Tahap 1: Menentukan Bahan

Sebelum menentukan bahan apa yang akan digunakan dalam proyek ini, kalian perlu menentukan terlebih dahulu perubahan wujud apa yang ingin kalian pilih: apakah padat ke cair, cair ke padat, cair ke uap, uap ke cair, padat ke gas atau gas ke padat.

Setelahnya, dengan mencari informasi dari internet/buku/eksperimen lainnya, carilah bahan-bahan yang ada di sekitar kalian yang ingin kalian ubah wujudnya. Pastikan kalian bertanya kepada orang dewasa di sekitar kalian tentang keamanan benda yang ingin kalian ubah wujudnya. Sebab tidak semua benda bisa dibakar/ dipanaskan agar wujudnya berubah.

Tahap 2: Melakukan Percobaan

1. Dalam proyek ini kalian akan mengubah wujud bahan pilihan kalian. Perhatikan contoh percobaan berikut jika kalian memilih percobaan mengenai mencair.

2. Sediakan wadah yang tahan panas, kompor/pemanas dan bahan yang dibutuhkan.

3. Jika kalian menggunakan agar-agar;
a. larutkan 1 bungkus agar-agar ke dalam 200 mL air;
b. panaskan hingga air mendidih sambil diaduk-aduk.

4. Jika kalian menggunakan coklat;
a. letakkan cokelat di atas wadah tahan panas lalu simpan
wadah itu di atas air mendidih;
b. diamkan hingga cokelat meleleh.

5. Tuangkan agar-agar atau lelehan cokelat pada cetakan. Lalu, diamkan hingga dingin.

6. Amati dan catat perubahan yang terjadi pada setiap tahapan. Jelaskan juga mengapa hal itu bisa terjadi.

7. Jika memiliki termometer, catat pada suhu berapa agar-agar mulai mendidih atau cokelat mulai mencair.

Tahap 3: Menyiapkan Presentasi

Setelah mendapatkan data-data pendukung, siapkan sebuah presentasi untuk menyampaikan hasil proyek kalian kepada teman dan guru kalian.

Baca Juga :  Jawaban apa hal menarik yang kalian temukan selama melakukan percobaan ini

 

Uji Pemahaman

1. Kalian dan Shinta ingin membuat es dari jus mangga yang baru saja ia buat. Tetapi sayangnya Shinta kebingungan bagaimana caranya. Berdasarkan ilmu yang sudah kalian dapatkan setelah mempelajari bab ini, berikan saran pada Shinta, apa yang harus ia lakukan!

Jawaban : Cara yang bisa dilakukan untuk membuat es dari jus mangga yaitu meletakkan jus mangga ke dalam cetakan es krim atau cup khusus. Setelah itu diberi tusuk atau pegangan es krim Setelah itu, masukkan atau simpan jus mangga tersebut di dalam freezer atau lemari es pendingin supaya membeku selama beberapa jam.

2. Kalian dan Shinta berhasil membuat es mangga! Kalian mengambil sepotong es mangga dan mulai menikmatinya. Tidak lama kemudian ibu Shinta memanggil dan meminta tolong Shinta untuk mengambil pakaian yang sedang dijemur. Shinta meletakkan es di dalam gelas yang ada di hadapan kalian. Beberapa menit kemudian kalian melihat es mangga yang ada di gelas Shinta berubah menjadi cair. Shinta datang dan menangis karena esnya tidak padat lagi. Menurut kalian mengapa hal itu bisa terjadi? Coba jelaskan kepada Shinta mengapa bisa terjadi hal itu.

Jawaban : Shinta meletakkan es krim yang baru saja dimakan di luar lemari pendingin, otomatis suhu lingkungannya lebih panas. Hal ini yang menyebabkan es mangga Shinta mencair.

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa penyebab es mangga Shinta mencair adalah es yang diletakkan di luar lemari pendingin beberapa saat. Karena suhu di luar lemari pendingin lebih tinggi atau panas, menyebabkan es yang beku mencair atau meleleh

3. Ah, tidak! Kapur barus yang baru saja kalian beli terinjak dan hancur menjadi berbentuk serpihan dan serbuk. Padahal kalian baru saja berjanji pada ibu kalian untuk membawakan kapur barus yang utuh. Sekarang serbuk kapur barus itu bercampur dengan pasir yang ada di tanah. Menurut kalian, apa yang harus dilakukan agar bisa memisahkan campuran kapur barus dari campuran pasir?

Jawaban : Caranya yaitu memanaskan campuran kapur barus dengan pasir yang diletakkan dalam gelas kaca. Lalu, tutup gelas kaca menggunakan kaca arloji dan diberi potongan es batu. Tujuan pemanasan campuran kapur barus yang diberi tutup kaca arloji dan potongan es batu adalah untuk menguapkan kapur barus dan mendinginkannya kembali.

Sehingga, serbuk kapur barus yang menguap akan menempel ke permukaan bawah kaca arloji dan memadat kembali karena suhu dingin dari es batu.