Kata Berawalan ‘ber-’

Jawaban berilah imbuhan ‘ber-’ atau ‘ber-’ + ‘-an’ pada kata yang ada dalam kurung sehingga menjadi kalimat yang benar

Berikut jawaban berilah imbuhan ‘ber-’ atau ‘ber-’ + ‘-an’ pada kata yang ada dalam kurung sehingga menjadi kalimat yang benar. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Bahas Bahasa

Awalan ‘ber-’

Salah satu imbuhan di dalam bahasa Indonesia adalah awalan ‘ber-’. Fungsinya sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk oleh awalan ber- tidak membutuhkan objek, karena itu kalimat yang dihasilkannya tidak bisa dijadikan kalimat pasif.

Penulisan kata yang memiliki imbuhan ‘ber’- termasuk mudah, yaitu ‘ber-’ + kata dasar.

Namun, kalian harus berhati-hati, ada pengecualian untuk kata dasar yang diawali huruf /r/ atau yang suku kata pertamanya berakhiran /er/. Lihat contoh pada tabel di bawah ini!

Menulis

1. Kata Berawalan ‘ber-’

Kerjakan soal latihan berikut ini di buku tulis kalian!

Berilah imbuhan ‘ber-’ atau ‘ber-’ + ‘-an’ pada kata yang ada dalam kurung sehingga menjadi kalimat yang benar.

a. Capung (terbang) di udara.
b. Bibi (cermin) sambil mematut diri.
c. Bima (sekolah) di SD Tunas Mulia.
d. Adik (ajar) membaca.
e. Tuti (rambut) panjang.
f. Petani (kerja) di sawah.
g. Tina dan Tini (main) petak umpet.
h. Kerbau (rendam) di kubangan.

Jawaban:

a. Capung beterbangan di udara.
b. Bibi becermin sambil mematut diri.
c. Bima bersekolah di SD Tunas Mulia.
d. Adik belajar membaca.
e. Tuti berambut panjang.
f. Petani bekerja di sawah.
g. Tina dan Tini bermain petak umpet.
h. Kerbau berendam di kubangan.

2. Pengalaman Bepergian

Baca Juga :  Jawaban tuliskan apa contoh nyata yang kalian lakukan sehari-hari untuk a) norma ketuhanan, b) norma kemanusiaan, c) norma persatuan, d) norma kerakyatan, dan e) norma keadilan sosial

Tuliskan pengalaman kalian pergi ke suatu tempat di buku tulis. Kalian boleh menceritakan perjalanan dari rumah ke sekolah atau menceritakan pengalaman saat kalian bepergian ke kota lain atau ke suatu tempat yang berkesan.

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini dapat kalian jadikan panduan. Kendaraan apa yang kalian naiki untuk menuju ke sana? Apa yang kalian lakukan saat di dalam perjalanan? Apa saja hal menarik yang kalian temui? Hal apa saja yang tidak kalian sukai di dalam perjalanan?

Gunakan kata-kata kerja berawalan ‘ber-’ dalam tulisan kalian. Jangan lupa perhatikan pemakaian tanda baca dan huruf kapital, ya!

Jawaban : 

Contoh Pengalamanku:

Saya bersekolah di SD Integritas. Jarak dari rumah ke sekolah cukup dekat. Saya ke sekolah dengan cara berjalan kaki. Dalam perjalanan ke sekolah biasanya saya dan teman-teman saling bergandengan tangan. Kami bercerita sambil tertawa. Kami semangat dan bergembira.

Suatu hari di jalan kami pernah bertemu dengan seorang nenek yang sudah tua. Beliau sedang mencari alamat rumah cucunya. Kami bergegas membantu nenek mencari alamat tersebut. Alamat ditemukan dan nenek berterimakasih kepada kami.

Kami juga pernah mengalami peristiwa yang tidak kami sukai. Ketika kami berjalan menuju sekolah, tiba-tiba ada seekor ular berada di jalan. Kami sangat takut dan mundur beberapa langkah. Tidak lama kemudian Pak Budi lewat dan menolong kami.