carilah air mancur bertanda Y! Jika kalian berada di X telusuri jalan yang harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y

Jawaban carilah air mancur bertanda Y! Jika kalian berada di X, telusuri jalan yang harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y

Berikut jawaban carilah air mancur bertanda Y! Jika kalian berada di X, telusuri jalan yang harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Mengamati

Amatilah denah berikut ini bersama-sama!

Carilah air mancur bertanda Y! Jika kalian berada di X, telusuri jalan yang harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y.

Deskripsikan perjalanan itu menggunakan kata-kata seperti berjalan lurus, berbelok ke kanan, menyeberang, di sebelah kiri, dan lain-lainnya. Gunakan bangunan atau pohon sebagai penanda.

Apakah ada jalan lain yang bisa kalian tempuh? Mana yang lebih dekat?

Jawaban : 

Dari X saya berjalan lurus menuju ke jalan raya. Kemudian sampai di jalan raya saya berbelok ke kiri dan berjalan sampai persimpangan jalan. Sesampainya di persimpangan jalan terdapat sebuah bangunan besar, saya berjalan lurus sampai di persimpangan jalan lagi. Saya melanjutkan berjalan lurus sampai di pertigaan jalan yang terdapat banyak pohon besar. Kemudian saya melanjutkan perjalanan dengan berbelok ke kiri dan berjalan. Di jalan tersebut masih terdapat banyak pohon besar. Kemudian saya berbelok ke kanan dan berjalan cukup panjang. Setelah itu berbelok ke kiri kembali. Air mancur berada di kiri jalan.

Baca Juga :  Jawaban Lembar Aktivitas 2 halaman 90 BAB 2 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Berdiskusi

Ada di Sana

1. Gambarlah denah sederhana sekolah kalian dan lingkungan sekitar sekolah!

2. Pikirkan dua tempat yang ada di sekolah kalian atau di lingkungan sekitar. Tempat pertama menjadi titik awal (start) dan tempat kedua menjadi titik tujuan (finis). Kalian boleh memilih ruang guru, ruang kelas empat, kantin, lapangan, atau yang lainnya. Supaya tidak lupa, kalian boleh menuliskannya.

3. Dari titik awal, pandulah salah satu teman yang mendapat giliran agar sampai ke titik tujuan yang kalian pilih. Ucapkan perintah dengan menggunakan kata-kata yang menunjukkan arah seperti kanan, kiri, depan, belakang, menghadap, membelakangi, dan lain-lain.

Contoh: Titik asalnya adalah ruang kelas empat. Berdirilah membelakangi kelas empat. Lalu, menghadaplah ke kanan dan berjalanlah sejauhdua kelas. Berbeloklah ke kiri sampai tiba di lapangan. Dari lapangan, berjalanlah lurus sampai tiba di persimpangan jalan. Berbeloklah ke kiri, lalu berjalanlah melewati tiga rumah. Titik tujuan ada di sebelah kanan.

4. Sewaktu petunjuk dibacakan, kalian yang belum mendapat giliran bisa menelusuri rute tersebut pada denah masing-masing.

5. Periksalah apakah titik tujuan hasil penelusuran kalian sudah benar. Diskusikanlah!

Jawaban : 

Contoh Hasil Gambar Denah :

Penjelasan : Titik asalnya adalah ruang kelas satu. Berdirilah membelakangi kelas satu. Lalu, menghadaplah ke kanan dan berjalanlah sejauh empat kelas. Berbeloklah ke kanan sampai tiba di lapangan upacara. Dari lapangan upacara, berjalanlah lurus sampai tiba di depan kantor. Titik tujuan ada di sebelah timur.