Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi yang bermoral

Jawaban carilah contoh aktivitas manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral

Berikut jawaban carilah contoh aktivitas manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi yang Bermoral

Manusia sebagai Makhluk Sosial

Manusia sebagai makhluk sosial dapat diartikan bahwa manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain. Manusia memiliki keterbatasan sumber daya untuk memenuhi kebutuhannya sehingga manusia saling bergantung satu dengan lainnya.

Manusia sebagai Makhluk Ekonomi yang Bermoral

Kebutuhan manusia yang tidak terbatas membuat manusia melakukan berbagai cara agar tujuan kebutuhannya dapat terpenuhi. Keinginan manusia untuk dapat memenuhi kebutuhannya merupakan perwujudan manusia sebagai makhluk ekonomi. Dalam pemenuhan kebutuhannya, manusia dibatasi oleh hak-hak orang lain sebagai perwujudan makhluk bermoral. Sebagai makhluk ekonomi yang bermoral, manusia setidaknya memiliki empat ciri-ciri sebagai berikut:
1) Melakukan tindakan rasional.
2) Fokus pemenuhan kebutuhan untuk kepentingan diri sendiri tanpa mengabaikan norma/nilai/aturan yang berlaku di masyarakat.
3) Pengambilan keputusan dalam rangka memenuhi kebutuhan sesuai dengan tujuan.
4) Sulit merasa puas.
5) Ada preferensi pribadi dalam menentukan aktivitas pemenuhan kebutuhan.

Baca Juga :  Jawaban cara manusia berburu pada masa berburu dan mengumpulkan makanan

 

Lembar Aktivitas 10 Aktivitas Kelompok

Carilah contoh aktivitas manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.

Jawaban:

Contoh aktivitas manusia Sebagai makhluk sosial:
– membantu korban bencana alam tanpa meminta imbalan
– membantu sesama dengan ramah
– menyeberangkan nenek yang sulit menyeberang jalan

Sebagai makhluk ekonomi yang bermoral:
– berdagang dengan ramah
– berjualan dengan jujur

Apa pentingnya manusia sebagai makhluk sosial?

Jawaban : Pentingnya manusia sebagai makhluk sosial karena manusia membutuhkan manusia lain. Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, manusia tidak dapat menjalankan hidupnya sendiri. Bahkan dalam memenuhi kebutuhannya, manusia memerlukan manusia lain untuk membantunya. Hal ini berlaku untuk semua manusia.

Apa pentingnya manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral?

Jawaban : Pentingnya manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral karena setiap manusia memiliki kebutuhan yang jumlahnya banyak atau tidak terbatas. Oleh karena itu, selain sebagai makhluk sosial, manusia juga merupakan makhluk ekonomi. Jadi tidak selalu tindakan ekonomi yang dilakukan manusia memiliki motif yang sama.

Bagaimana tanggapan kalian jika di lingkungan sekitar ada orang yang menjalankan kegiatan ekonomi tetapi tidak menjunjung nilai moral? Berikan solusinya.

Jawaban : Tanggapan saya terkait seseorang yang menjalankan ekonomi tanpa menerapkan nilai moral yaitu sama saja dengan calon penguasaha gagal dan tak bermakna.

Pasalnya, nilai moral sangat penting diterapkan para pelaku usaha, itu berfungsi untuk menarik simpati pembeli, mengetahui jati diri pengusaha, mampu membaca kondisi, dan mudah mengambil pelajaran (hikmah) ketika bisnis tidak berjalan sesuai harapan.

Adapun solusi yang tepat bagi pelaku kegiatan ekonomi yang tidak bermoral yaitu, para pelaku usaha diwajibkan mengenal lalu menyelami lebih dalam nilai-nilai moral dan mengambil hikmah dari kegagalan bisnis orang lain.