Rute Menuju Sekolah

Jawaban ceritakan di buku tulis rute perjalanan kalian dari rumah ke sekolah

Berikut jawaban ceritakan di buku tulis rute perjalanan kalian dari rumah ke sekolah. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Menulis

Rute Menuju Sekolah

Ceritakan di buku tulis rute perjalanan kalian dari rumah ke sekolah, dimulai dari rumah sebagai titik awal. Gunakan panduan dan pertanyaan berikut ini untuk membantu kalian menuliskannya.

1. Apakah kalian berjalan kaki atau naik kendaraan? Apakah kalian naik kendaraan umum atau diantar orang tua atau kakak? Ini akan menjadi bagian awal tulisan kalian.

2. Lalu, ceritakan tempat-tempat yang kalian lewati. Apakah rute yang kalian tempuh selalu sama ataukah kadang-kadang kalian mengambil rute yang berbeda? Mengapa kalian mengambil rute itu? Apa saja yang kalian jumpai sepanjang perjalanan? Informasi-informasi ini akan menjadi bagian tengah tulisan kalian.

3. Berapa lama waktu yang kalian perlukan untuk sampai di sekolah? Apakah biasanya kalian datang saat sekolah masih sepi ataukah saat sekolah sudah ramai? Itulah bagian akhir dari tulisan kalian, yaitu sampai di sekolah sebagai titik tujuan.

Ceritakan pengalaman kalian dengan jelas sehingga orang yang membaca dapat membayangkannya. Paragraf yang seperti ini disebut paragraf deskripsi. Kalian juga dapat menggambar rute tersebut dengan denah sederhana atau menceritakannya dalam gambar.

Jawaban : 

Contoh Cerita:

Hari ini, tepat pukul 06.00 pagi, saya dan ayah berangkat menuju ke sekolah. Kami berangkat lebih awal bukan karena lokasi sekolah jauh tetapi untuk menghindari kemacetan di jalan raya. Ayah mengantarku ke sekolah menggunakan sepeda motor.

Hari ini ayah mengambil jalur yang berbeda dari hari biasanya. Biasanya ayah menggunakan jalur jalan besar, namun kali ini memasuki jalan kampung. Jika menggunakan jalan besar pasti akan macet. Selama perjalanan ayah mengendarai motor dengan pelan dan hati-hati. Kami melewati banyak rumah penduduk, bangunan pertokoan, pasar, dan sekolah TK sepanjang jalan menuju ke sekolahku.

Baca Juga :  Jawaban Lembar Aktivitas 3 halaman 102 Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Dari rumah kami bergerak ke arah selatan menuju jalan Dahlia. Setelah berjalan sekitar 3 km berbelok ke kanan menuju jalan Mawar. Setelah melewati jalan mawar sampailah di sebuah perempatan. Sekolahku berada di seberang perempatan tersebut.

Setelah menempuh perjalanan hampir 50 menit, kami pun tiba dengan selamat di sekolah pada pukul 06.50 pagi. Ternyata sudah banyak siswa yang hadir di sekolah. Ayah hanya mengantar sampai di depan pagar saja. Setelah berpamitan dan mencium tangan ayah, saya pun masuk ke dalam sekolah dan berjalan semangat menuju kelas.