Menghargai Produk dan Jasa Lokal

Jawaban coba didaftar, produk dan jasa lokal apa saja yang ada di desa kalian masing-masing

Berikut jawaban coba didaftar, produk dan jasa lokal apa saja yang ada di desa kalian masing-masing. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Menghargai Produk dan Jasa Lokal

Kalian tentu sudah menandai, apa saja makanan tradisional di daerah kalian masing-masing. Juga sudah tahu, kedai atau warung mana saja yang menyediakan makanan tradisional tersebut. Tentu saja tak hanya soal makanan tradisional, kalian perlu juga mengenal produk serta jasa lokal di daerah masing-masing.

Semakin banyak produk serta jasa lokal di sekitar tempat tinggal kalian masing-masing akan membuat daerah kalian semakin maju. Produk lokal dapat berupa produk kerajinan masyarakat serta barang-barang lainnya. Sedangkan jasa lokal adalah layanan apapun yang ada di sekitar tempat tinggal masing-masing.

Kerajinan Masyarakat

Kerajinan masyarakat merupakan bentuk produk lokal. Umumnya produk kerajinan menyesuaikan dengan budaya masing-masing daerah, seperti ukiran Toraja serta patung Asmat. Kerajinan tersebut kebanyakan sebagai hiasan rumah, baik untuk dipasang di dinding maupun diletakkan di meja atau bufet.

Beberapa kerajinan berupa alat-alat rumah tangga, dan menjadi berharga karena keunikannya. Centong nasi dari batok kelapa, alas piring dari rotan, warna-warni tikar pandan, tas noken Papua, kerai bambu peneduh dari sinar mata hari, dan sebagainya.

Baca Juga :  Jawaban Pengayaan halaman 76 Revolusi Industri dan dampaknya bagi Nusantara IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Kerajinan tekstil juga menyebar di ber bagai tempat. Di setiap daerah di Indonesia hampir selalu memiliki tekstil yang khas. Seperti batik di Jawa, tenun Sumba, songket Palembang, sutra Bugis. Masih sangat banyak kerajinan kain di Indonesia.

Produk kerajinan Indonesia tidak hanya beredar di dalam negeri. Di luar negeri, kerajinan-kerajinan Indonesia juga sangat digemari oleh para pengoleksi kerajinan. Siapa tahu, di antara kerajinan yang dikoleksi orang-orang asing pun ternyata berasal dari daerah kalian.

Produk Lokal

Produk lokal mungkin saja banyak terdapat di daerah kalian masing-masing. Seperti produk yang berupa sandang atau pakaian, baik yang terkait dengan kerajinan tradisional maupun produk modern. Beragam jenis pakaian, baik untuk laki-laki, perempuan, maupun anak-anak, yang diproduksi di sekitar tempat tinggal masing-masing dapat disebut produk lokal.

Produk lokal lain yang juga disandang adalah sepatu, sabuk, topi, dompet, hingga tas. Beberapa produk memiliki model dan kualitas yang sangat bagus, hingga dapat bersaing dengan produk-produk internasional yang mahal. Beberapa produk memiliki pasar di berbagai negara. Apalagi setelah ada sistem pemasaran secara daring. Bukan tidak mungkin produk tersebut juga berasal dari daerah kalian.

Produk lokal yang juga menonjol adalah mebel. Meja, kursi, lemari, cermin, hingga jendela dan pintu khas Indonesia sangat digemari oleh para pengoleksi di berbagai negara besar di dunia. Hampir di semua negara maju terdapat orang-orang yang mengoleksi produk Indonesia, termasuk yang berupa mebel.

Jasa Lokal

Yang juga perlu diperhatikan di masing-masing daerah adalah penyedia jasa lokal. Tidak sedikit warga yang melayani jasa untuk masyarakat sekitarnya seperti jasa rias, jasa fotograi dan video, penjahit, potong rambut, memasak, cuci dan setrika, pertukangan, jasa arsitektur, hingga jasa untuk memijat.

Baca Juga :  Jawaban carilah puisi-puisi perjuangan dari Chairil Anwar

Ada juga jasa yang sangat khusus, di antaranya adalah jasa penitipan hewan peliharaan, jasa konsultasi keluarga, jasa konsultasi talenta dan pengembangan cita-cita, bahkan jasa pengelola pesta pernikahan. Jasa membuat akuarium pun ada di Indonesia dan telah menjadi juara di berbagai perlombaan kelas dunia.

 

Siswa Aktif

1. Coba didaftar, produk dan jasa lokal apa saja yang ada di kampung atau desa kalian masing-masing. Catat seluruhnya, baik berupa kerajinan, produk, maupun jasa lokal!

Jawaban : 
1.Budi Daya Pertanian Organik
Semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat membuat produk pertanian organik kini semakin banyak diminati. Ini membuat peluang usaha budi daya pertanian organik semakin menarik untuk dilakukan. Anda dapat membentuk kelompok tani yang terdiri dari beberapa orang dan memulai mengolah lahan pertanian anda. Produk pertanian tentunya tidak hanya dapat dipasarkan di pasar-pasar desa saja melainkan juga dapat didistribusikan ke daerah lainnya.

2. Membangun usaha peternakan
Sektor usaha yang bergerak dibidang peternakan memang memiliki peluang yang besar jika dilakukan di dearah pedesaan. Bagaimana tidak, banyaknya lahan yang tersedia membuat usaha ini semakin mudah untuk dilakukan. Ditambah lagi sumber pakan hewan yang banyak tersedia secara alami sehingga dapat meminimalisir biaya produksi.

3. Penyewaan alat dan penjualan produk pertanian
Banyaknya penduduk desa yang berprofesi sebagai petani membuat ide usaha ini memiliki peluang yang cukup besar untuk berkembang di daerah pedesaan. Anda juga dapat membangun usaha penjualan produk pertanian ini dalam bentuk koperasi simpan pinjam yang beranggotakan para petani di desa anda. Selain mendapatkan pendapatan, anda juga bisa mengambil peran dalam membantu masyarakat di desa anda.

2. Selanjutnya, produk atau jasa lokal apa yang paling menarik di daerah kalian masing-masing? Tuliskan selengkap-lengkapnya apa yang membuatnya menarik!

Jawaban : 
telobag, adalah plastik ramah lingkungan yang terbuat dari singkong. plastik ini berasal dari penemuan anak bangsa ( indonesia ) untuk mencegah banyaknya sampah plastik yang tidak bisa terurai walau sudah bertahun-tahun.  Namun, plastik ramah lingkungan ini jarang diketahui masyarakat sekitar karena harganya yang lumayan relatif mahal, dan kelangkaan yang terjadi. Semoga tahun-tahun kedepan telobag bisa menjadi penganti tas kresek yang sekarang masih menjadi masalah.