Keberadaan Diri dan Keluarga

Jawaban coba kalian bertanya kepada kakek, nenek, orang tua, atau kakak kalian mengenai bagaimana cerita hidup yang paling menyenangkan semasa hidupnya yang masih diingat

Berikut jawaban coba kalian bertanya kepada kakek, nenek, orang tua, atau kakak kalian mengenai bagaimana cerita hidup yang paling menyenangkan semasa hidupnya yang masih diingat. Sebelum kami uraikan contoh jawaban pada pertanyaan diatas. Kita akan ulas terlebih dahulu materi yang terkait pada pertanyaan diatas.

 

Keberadaan Diri dan Keluarga

Keluarga merupakan lingkungan pertama dan terdekat bagi sebagian besar kehidupan kita. Kalian pasti pernah merasakan waktu bersama keluarga begitu menggembirakan. Keluarga menjadi tempat untuk tumbuh dan berkembang yang disertai dengan cinta dan kasih. Kalian patut bersyukur hingga saat ini bersama keluarga. Bagi sebagian teman-teman kalian, ada juga yang belum mengetahui keluarga inti mereka.

Kalian kelak akan menjadi orang tua, kakek nenek, atau kedudukan keluarga lain yang akan diingat oleh generasi selanjutnya sebagai informasi sejarah. Artinya, kita akan menjadi sejarah bagi generasi berikutnya.

Orang tua kita mempunyai cerita hidup masing-masing. Situasi masa lalu yang dialami oleh orang tua dapat menjadi pelajaran berharga untuk kehidupan kalian saat ini. Silsilah keluarga merupakan cerminan dari sejarah. Kata sejarah berasal dari kata syajarah yang bermakna pohon. Silsilah keluarga yang kalian gambarkan sebelumnya seperti pohon yang terus tumbuh dan berkembang melalui lintasan waktu dan berbagai peristiwa. Peristiwa keluarga yang terjadi di masa lalu dapat diamati pada masa sekarang dengan melihat jejak-jejaknya, seperti kebiasaan, norma, dan benda-benda peninggalan yang dapat menjadi pedoman untuk hidup kalian saat ini.

Baca Juga :  Jawaban Aktivitas 6.3 Halaman 137 dan 138 B. Percobaan Bentuk Energi Pada Koin IPA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

 

Lembar Aktivitas 2 Aktivitas Individu

Coba kalian bertanya kepada kakek, nenek, orang tua, atau kakak kalian mengenai bagaimana cerita hidup yang paling menyenangkan semasa hidupnya yang masih diingat? Tuliskan hasilnya di bawah ini!

Jawaban : Cerita hidup kakakku salah satunya ketika dia lolos ujian SMPTN tahun lalu. Kakakku tidak menyangka bahwa ia bisa lolos SMPTN dengan beasiswa, sehingga ia tidak perlu membayar uang UKT. Kedua orang tuaku juga ikut bangga mendengar bahwa kakakku lolos SBMPTN. Lalu mamaku membelikan kami semua fried chicken dan memakan bersama. Pemberian mamaku merupakan bentuk rasa syukur karena kakakku dapat lolos SBMPTN. Kami sekeluarga menikmati fried chicken tersebut dengan suka cita.

Jelaskan kehidupan masa lalu dari kenangan orang yang kalian wawancarai mengenai kisah hidupnya, mengapa hal tersebut menjadi kisah yang menyenangkan!

Jawaban : Ada salah satu orang laki-laki, ia memiliki kisah hidup yang menyenangkan ketika ia bertemu dengan seorang perempuan. Perempuan tersebut saat ini telah menjadi kekasihnya sejak lama. Seorang laki-laki tersebut memiliki perasaan terhadap kekasihnya sejak awal. Namun mereka baru dekat ketika si perempuan telah putus dengan mantan kekasihnya. Si laki-laki ini merasa sangat senang karena dia bisa selalu ada di samping kekasihnya ketika kekasihnya rapuh.

Coba refleksikan kenangan masa lalu dari orang yang kalian tanyakan, serta tuliskan juga benda apa saja yang menjadi bukti dari kenangan tersebut!

Jawaban : Benda atau bentuk bukti dari seorang laki-laki yang saya wawancarai yaitu ia selalu mengorbankan waktu dan tenaganya untuk bisa selalu ada disamping kekasihnya. Ia selalu menyempatkan waktu meskipun hanya 1 jam untuk bertemu dengan kekasihnya ketika ia sibuk dengan pekerjaannya. Ia rela mengantarkan kekasihnya pergi kemanapun asalkan ia kekasihnya bahagia.

 

Baca Juga :  Jawaban dampak dari monopoli yang dilakukan oleh Belanda di Maluku

Pengetahuan tentang silsilah keluarga ini menggambarkan keterkaitan antara manusia, waktu, dan ruang sebagai unsur-unsur sejarah. Kalian dapat merasakan capaian kesuksesan para pendahulu (unsur manusia) pada masa lalu (unsur waktu) dalam kehidupan mereka masing-masing (unsur ruang). Peristiwa tersebut dapat mendorong kalian untuk belajar atau sukses lebih baik lagi. Melalui sejarah silsilah keluarga tersebut, kalian dapat memberikan inspirasi, renungan ataupun keinginan yang kelak kalian rencanakan dan perlu kalian wujudkan. Segala sesuatu yang terjadi pada masa lalu dapat menjadi landasan untuk bertindak di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Berdasarkan kejadian tersebut, manusia merupakan pelaku sejarah yang beraktivitas pada masa lampau. Unsur waktu menggambarkan periode berlangsungnya perjalanan kisah manusia tersebut. Unsur ruang dalam sejarah berfungsi menjelaskan lokasi atau tempat di mana aktivitas manusia pada masa lampau. Ruang ini merupakan tempat di bumi dalam bentuk perairan di darat maupun laut, daratan permukaan maupun di dalam bumi yang memengaruhi kehidupan. Berbagai makhluk hidup di bumi menjadi bagian dari ruang.