Jawaban Informatika Kelas 10 Aktivitas TIK-K10-04 OLE (Object Linking & Embedding) – Excel dan Word

masbejo.com-Berikut ini Jawaban Informatika Kelas 10 Aktivitas TIK-K10-04 OLE (Object Linking & Embedding) – Excel dan Word. Dalam artikel ini akan membahas kunci jawaban dari pertanyaan atau soal “Aktivitas TIK-K10-04 OLE (Object Linking & Embedding) – Excel dan Word” Pertanyaan ini dapat kamu temukan di dalam buku Informatika SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pembahasan kali ini dapat kamu simak dan bisa digunakan untuk mencocokan dengan jawaban yang telah kamu kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri yaa..

Pertanyaan/Soal:

Jelaskan Langkah-Langkah Aktivitas TIK-K10-04 OLE (Object Linking & Embedding) – Excel dan Word!

Jawaban:
Ada kalanya, kalian perlu memasukkan data yang telah dibuat pada MS Excel ke suatu laporan yang disusun dengan menggunakan MS Word. Dalam hal ini, data telah ada sehingga tinggal dimasukkan saja. Tentunya, salah satu cara yang paling cepat ialah menggunakan copy-paste biasa. Akan tetapi, dengan cara ini, data akan tersaji secara statis ialah data saat disalin sehingga jika terjadi perubahan pada data sumbernya di Excel, data pada Word tidak berubah. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan fasilitas Object Linking and Embedding (OLE).

Langkah-Langkah Aktivitas

1. Buka aplikasi Excel.

2. Buatlah tabel pada Excel secukupnya.

3. Blok tabel yang sudah dibuat, kemudian copy tabel tersebut.

4. Buka Word.

5. Lakukan klik kanan.

6. Di bawah Paste Options, seperti terlihat pada gambar berikut, terdapat beberapa pilihan paste, pilih salah satu di antara Link & Keep Source Formatting (F) atau Link & Use Destination Styles (L). Perbedaan diantara keduanya hanyalah pada format tabelnya (misalnya font), yaitu menggunakan format sumber dari Excel (untuk pilihan Link & Keep Source Formatting) atau menggunakan format pada Word (untuk pilihan Link & Use Destination Styles).

Baca Juga :  Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 37 Wawasan Keislaman Iman, Islam dan Ihsan

Selanjutnya, akan kita lakukan perubahan pada data sumber menggunakan perintah-perintah berikut ini.

7. Ubah data pada file Excel, misalnya dengan mengganti salah satu data pada tabel.

8. Perhatikan perubahannya pada Word.

 

Demikian pembahasan Jawaban Informatika Kelas 10 Aktivitas TIK-K10-04 OLE (Object Linking & Embedding) – Excel dan Word. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat.

Disclaimer:

  • Kunci jawaban yang ada dalam unggahan masbejo tidak mutlak kebenarannya
  • Unggahan ini bisa kamu gunakan sebagai salah satu acuan atau bahan pembelajaran dalam mengerjakan soal bukan sebagai jawaban utama
  • Kunci jawaban dalam unggahan ini bisa saja memiliki perbedaan dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain