Jawaban Informatika Kelas 10 Bab 3 Bagaimana Langkah-Langkah Aktivitas Cara Membuat Video Presentasi dengan MS PowerPoint?

masbejo.com-Berikut ini Jawaban Informatika Kelas 10 Bab 3 Bagaimana Langkah-Langkah Aktivitas Cara Membuat Video Presentasi dengan MS PowerPoint?. Dalam artikel ini akan membahas kunci jawaban dari pertanyaan atau soal “Bagaimana Langkah-Langkah Aktivitas Cara Membuat Video Presentasi dengan MS PowerPoint?” Pertanyaan ini dapat kamu temukan di dalam buku Informatika SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi Halaman 61.

Pembahasan kali ini dapat kamu simak dan bisa digunakan untuk mencocokan dengan jawaban yang telah kamu kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri yaa..

Pertanyaan/Soal:

Bagaimana Langkah-Langkah Aktivitas Cara Membuat Video Presentasi dengan MS PowerPoint?

Jawaban:
Langkah-Langkah Aktivitas

1. Buatlah presentasi menggunakan PowerPoint.

2. Tampilkan tab Recording. Jika belum, dengan cara klik File Options Customize Ribbon centang check box Recording OK. Tab Recording akan muncul.

3. Klik tab Recording.

4. Klik Record Slide Show. Terdapat 2 pilihan: Record from the beginning atau Record from Current Slide.

5. Jika terdapat webcam, video dapat direkam dengan cara menekan tombol kamera kecil di bawah kanan yang muncul saat Record slide show.

6. Di bagian bawah layar, terdapat pen dan highlighting tools yang dapat digunakan untuk menandai layar (drawing) saat perekaman.

7. Untuk memulai perekaman, klik tombol Record di bagian kiri atas layar.Akan muncul countdown timer.

8. Perekaman dimulai, mulai berbicara dan menjelaskan.

9. Untuk berpindah slide, dapat digunakan panah pada keyboard atau pada layar.

10. Untuk mem-pause, klik tombol Pause.

11. Untuk menghentikan perekaman, tekan tombol Stop.

12. Jika terdapat kesalahan narasi pada salah satu slide, masuk ke slide tersebut, kemudian hapus perekaman pada slide tersebut menggunakan tombol Clear pada kanan atas, pilih Clear Recording on Current Slide. Ini akan menghapus suara, web footage, maupun drawing pada slide. Untuk mengganti rekaman pada slide tersebut, tekan Record lagi, dan lakukan perekaman.

Baca Juga :  Jawaban Informatika Kelas 10 Aktivitas TIK-K10-04 OLE (Object Linking & Embedding) – Excel dan Word

13. Jika ingin menghapus semua rekaman, tekan tombol Clear Clear Recording on All Slide. Penghapusan ini permanen.

14. Setelah selesai melakukan perekaman, tekan tombol Escape (Esc) pada papan ketik atau X pada pojok kanan atas. Pada setiap slide, terdapat recording living pada bagian kiri bawah.

15. Presentasi dapat disimpan seperti itu saja, atau diekspor menjadi video MP4. Caranya, klik Export to Video Pilih kualitas video tekan tombol Create a Video pilih di mana video akan disimpan.

 

Demikian pembahasan Jawaban Informatika Kelas 10 Bab 3 Bagaimana Langkah-Langkah Aktivitas Cara Membuat Video Presentasi dengan MS PowerPoint?. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat.

Disclaimer:

  • Kunci jawaban yang ada dalam unggahan masbejo tidak mutlak kebenarannya
  • Unggahan ini bisa kamu gunakan sebagai salah satu acuan atau bahan pembelajaran dalam mengerjakan soal bukan sebagai jawaban utama
  • Kunci jawaban dalam unggahan ini bisa saja memiliki perbedaan dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain